500 Kemenangan Jupp Heynckes
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 500 Kemenangan Jupp Heynckes

500 Kemenangan Jupp Heynckes

Siapa yang tidak tahu klub raksasa Jerman, Bayern Munchen. Musim ini sempat terseok-seok di klasemen saat era Carlo Ancelotti sehingga tercecer dari peringkat pertama. Hal yang tabu bagi klub sebesar Bayern Munchen ini, sehingga pada akhirnya mereka mengakhiri kerjasama dengan Carlo Ancelotti.

Karena masih di tengah musim dimana sulit untuk menemukan pelatih yang sesuai untuk tim, hingga akhirnya mereka memutuskan untuk memanggil kembali sang pelatih legenda yang pernah membuat Bayern sukses meraih treble winner di tahun 2013 turun gunung. Jupp Heynckes kembali dari masa pensiunnya dan langsung melatih.

Meskipun sudah tiga tahun pensiun dari dunia persepakbolaan, kemampuannya sebagai pelatih  handal tidak pernah memudar. Hal itu dapat dilihat dari hasil positif yang dia raih dalam tiga pertandingan termasuk melawan tim kuat Borussia Dortmund dan RB Leipizig.

Korban terakhir Bayern adalah Ausburg di mana mereka sukses menang 3-0 dalam pertandingan tersebut pada akhir  pecan lalu (18/11). Kemenangan tersebut membuat rekor bagi  Jupp Heynckes yang meraih 500 kemenangan selama karirnya sebagai pemain dan pelatih di Bundesliga.

Borrusia Mönchengladbach

Image result for jupp heynckes player

source: pinterest.com

Jupp Heynckes lahir di Mönchengladbach, Jerman, 9 Mei 1945. Mengawali karir sebagai striker di Borrusia Mönchengladbach pada tahun 1963/1964. Dia sukses membawa pulang piala Bundesliga tiga kali yaitu pada tahun 1971, 1975 dan 1977. Tidak hanya itu juga Heynckes juga berhasil membantu timnya menjuarai Piala Jerman (1973) dan Piala UEFA (1975).

Sempat masuk tim nasional Jerman, Heynckes membantu Jerman menjuarai Piala Dunia 1972 dan Euro 1974. Pria bertinggi 180cm ini mengoleksi 243 gol dari 395 penampilan di semua kompetisi  klub dan Negara. Hingga saat ini, rekor tersebut hanya dapat dilampaui oleh Gerd Muller dan Klaus Fischer dan tidak lama setelah itu dia pensiun sebagai pemain sepak bola.

Karir Kepelatihan

Image result for jupp heynckes borussia mönchengladbach

source: rp-online.de

Pensiun sebagai pemain, dia memulai karir kepelatihannya sebagai pelatih Monchengladbach selama delapan musim. Tapi saat itu Heynckes masih minim prestasi. Bibit sebagai pelatih terkemuka dimulai ketika dia melatih Bayern Munchen untuk pertama kali di tahun 1987 hingga 1991, dia berhasil membawa Bayern menjuarai Bundesliga sebanyak dua kali.

Setelah itu Heynckes mulai merantau ke liga lain yaitu liga Spanyol. Dia pernah melatih Tenerife, Atletico Bilbao dan Real Madrid. Di Real Madrid, dia kembali meraih prestasi dengan menjuarai Liga Champions tahun 1998, untuk pertama kali setelah 32 tahun Real Madrid tidak menjuarai piala tersebut sebelum akhirnya dipecat karena catatan buruk di liga domestik.

Kembali ke Jerman, dia melatih sempat melatih Schalke 04 selama semusim dan meraih piala Intertoto pada tahun 2003 dan 2004, sebelum akhirnya dipecat karena kepelatihannya dianggap ketinggalan jaman. Lalu melatih klub pertamanya kembali yakni Borrusia Mönchengladbach tetapi dia gagal karena performa klub yang buruk hingga nyaris terdegradasi pada musim 2006/2007 sampai Heynckes menerima surat kaleng berisi ancaman pembunuhan dan pada akhirnya dia mengundurkan diri.

Image result for jupp heynckes bayern munich

source: espnfc.com

Sempat melatih Bayern kembali sebagai pelatih sementara hanya untuk lima laga terakhir musim 2008/2009 menggantikan Juergen Klinsmann yang dipecat. Dia melatih Bayer Leverkusen selama 2009-2011 sebelum akhirnya melatih Bayern Munchen lagi, kali ini sebagai pelatih tetap, pada tahun 2011/2012. Pada musim pertama dia gagal memberikan gelar bagi Bayern, tetapi pada tahun 2013 dia berhasil menjuarai Liga Champions, Piala Bundesliga, dan Piala Jerman. Prestasi terbaik yang pernah ia torehkan.

Pada musim 2017/2018 ini, setelah dia kembali dari masa pensiunnya, patut kita lihat apa yang bisa dia perbuat untuk Bayern Munchen di sisa musim ini. Masih banyak lagi kisah bola yang dapat kamu lihat tiap minggunya dan bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post