7 Cara Agar Terhindar Dari Diabetes
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 7 Cara Agar Terhindar Dari Diabetes

7 Cara Agar Terhindar Dari Diabetes

Indonesia kini masuk dalam fase darurat diabetes. Menurut data World Health Organization (WHO) penderita Diabetes Melitus di Indonesia sudah meningkat menjadi 442 juta jiwa. Dan berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tercatat pada tahun 2013 penderita mencapai 9,1 juta jiwa. Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah hingga puncaknya pada tahun 2030 penderita diabetes akan mencapai 21,3 juta jiwa.

Nah, yang perlu diwaspadai, saat kamu pergi ke tempat makan hits untuk mengisi medsos-mu dengan foto-foto makanan. Sebaiknya kamu jangan asal memilih makanan-makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi dan membuat gula darah kamu menjadi naik. Karena ini berpotensi banget terkena diabetes di masa mendatang. Untuk tahu bagaimana cara menghindarinya, ini tips lengkap dari Kurio agar kamu terhindar dari diabetes

1. Hindari Minuman Manis

Source: Merdeka.com

Biasakan untuk tidak memesan minuman yang terlalu manis. Biasanya minuman-minuman yang berwarna menarik dan instagramable banget itu justru mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Kalau kamu minum pun terkadang rasanya pasti terlalu manis. Jadi demi kesehatan kamu juga guys, kurangin ya minum-minuman manis

2. Ganti Kebiasaan Mengemil

Source: Sidomi.com

Ngemil itu uda menjadi suatu rutinitas, apalagi segala makanan yang menggunakan MSG seperti biskuit, gorengan, dll. Padahal cemilan-cemilan tersebut memiliki kandungan gula yang tinggi. Bukan berarti kamu harus berhenti ngemil tapi ubah cemilan kamu dengan cemilan sehat seperti buah-buahan atau sayur-sayuran karena selain baik untuk kesehatan, kadar gulanya juga rendah.

3. Sering Beraktifitas Fisik

Source: Setaranews.com

Nah guys mulai sekarang banyak-banyak deh beraktifitas. Karena jika kita diam saja, gula yang ada dalam diri kita tidak akan berfungsi maksimal karena gula sendiri berperan untuk meningkatkan energi. Kalau kamu hanya duduk diam saja ataupun maka gula itu hanya akan mengendap di tubuh. Jalan kaki atau berolahraga di meja kantor berguna loh karena terdapat penelitian hanya dengan jalan kaki saja bisa mengurangin 30% kadar gula dalam tubuh. Jadi biasakan jalan kaki dari kosan ke kantor ataupun ke kampus, jangan naik ojek online.

4. Konsumsi Makanan Sehat

 

Source: Merdeka.com

Orang-orang mengatakan kalau makan harus pake nasi. Padahal nasi, termasuk kentang dan roti tawar, merupakan jenis makanan berkarbohidrat yang paling mudah berubah menjadi glukosa. Jadi kalau kamu makan nasi, kandungan gula dalam darah kamu akan melonjak tinggi. Coba diganti dengan makanan lain seperti sereal, oatmeal ataupun roti gandum karena selain membuat kamu merasa kenyang lebih lama, mengkonsumsi biji-bijian mampu menurunkan resiko diabetes sebanyak 30%.

5. Konsumsi Kedelai

Source: Hellosehat.com

Tahu dan tempe adalah makanan paling popular di Indonesia. Ternyata kedelai ini juga bagus untuk mengontrol kadar gula dalam darah karena memiliki protein yang hampir sama ketika kamu mengkonsumsi daging. Jadi perbanyak mengkonsumsi makanan ataupun yang berbahan baku kedelai seperti susu kedelai, tahu dan tempe.

6. Berhenti Merokok/Ngevape

Image result for vape

Source: Groupon.com

Selain meningkatkan resiko gangguan jantung dan kanker. Rokok juga bisa meningkatkan kemungkinan diabetes. Begitu juga dengan vape yang memiliki berbagai macam rasa dari liquid, belum ada penilitian yang membuktikan vape lebih baik dari rokok tapi perasa dari liquid yang rata-rata manis pasti mengandung gula yang jika dikonsumsi terus-terusan dapet meningkatkan resiko diabetes.

7. Istirahat Yang Cukup 

Ini klise sih  tapi kenyataannya memang demikian. Kalau kamu kurang tidur, metabolisme kamu pasti akan terganggu sehingga bisa merangsang rasa lapar dan membuat kamu mengkonsumsi makanan lebih banyak lebih dari biasanya. Kalau kamu kebiasaan lembur, coba kamu biasakan tidur siang di kantor pada jam makan siang karena tidur siang sangat bermanfaat bagi tubuh kamu

Semoga artikel ini dapat membantu kamu agar tercegah dari penyakit diabetes. Karena benar kata orang tua jaman dahulu, sakit itu mahal. Daripada kita habiskan duit buat berobat mending buat liburan. Mencegah lebih baik dari mengobati. Masih banyak lagi tips-tips yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post