13 Bola Adidas Yang Menghiasi Piala Dunia
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 13 Bola Adidas Yang Menghiasi Piala Dunia

13 Bola Adidas Yang Menghiasi Piala Dunia

Seperti yang kiita tahu bahwa 9 November kemarin Adidas sudah meluncurkan bola yang akan dipakai untuk World Cup 2018. Diluncurkan di Moskow, Rusia, bola tersebut merupakan hasil pengembangan dari bola yang pertama kali mereka  buat yaitu Telstar di tahun 1970 dan diberi nama Telstar 18. Sesuai dengan tradisi yang biasa dilakukan Adidas, pasti ada pengembangan baru yang terdapat dalam bola.

Sejarah Adidas dalam dunia sepak bola khususunya Piala Dunia sangat panjang, dimulai pada saat FIFA menggandeng Adidas sebagai partner untuk mengembangkan spesial untuk setiap tahunnya. Berikut adalah bola kreasi kerjasama FIFA dan Adidas.

1. Telstar – Piala Dunia Meksiko 1970 –

Image result for Telstar - Mexico 1970

Source: theguardian.com

Merupakan bola sepak resmi pertama dari Adidas untuk ajang Piala Dunia. Bola dengan design Buckminster merupakan bola pertama di dunia dengan 32 panel hitam putih.

Nama Adidas Telstar sendiri terinspirasi dari satelit komunikasi pertama di dunia yang bernama satelit Telstar. Piala Dunia Meksiko juga merupakan Piala Dunia pertama yang disiarkan di televisi sehingga dengan panel hitam putih tersebut bola jadi lebih terlihat, dan hingga saat ini pola bola sepak dengan 32 panel hitam putih masih dipakai.

2. Telstar Durlast – Piala Dunia Jerman 1974 –

Image result for Telstar dURLAST BALL

Source: nytimes.com

Lanjutan dari bola sebelumnya dimana tidak membawa banyak perubahan. Tetap menekankan dengan pola 32 panel hitam putih. Untuk pertama kalinya bola di Piala Dunia dapat membawa nama dan logo.

Sedikit perubahan dalam bola yang memiliki sebutan Chile Durlast ada pada poliuretana berfungsi untuk melindungi bola dari resapan air, selain itu juga Adidas memperkenalkan bola versi semua berwarna putih yang bernama Chili.

3. Tango Durlast –  Piala Dunia Argentina 1978 –

Image result for tango durlast

Source: nytimes.com

Hampir sama dengan seri sebelumnya dimana dibuat dari kulit asli dengan lapisan anti air yang mengkilap. Tampilan bola ini lebih baru dengan hanya menambahkan 20 panel dengan triad sehingga terkesan tercipta 12 lingkaran identik.

Model Tango Durlast ini menjadi model yang sukses dan menginspirasi desain bola sepak resmi hingga lima turnamen piala dunia berikutnya. Bola ini juga tidak hanyak digunakan untuk Piala Dunia saja tetapi Piala Eropa dan Olimpiade. Terdapat versi baru bernama Tango 12 yang akan digunakan di Piala Eropa 2012.

4. Tango España – Piala Dunia Spanyol 1982 –

Image result for Tango España

Source: theguardian.com

Bola ini merupakan bola terakhir yang menggunakan bahan kulit di perhelatan Piala Dunia karena di Piala Dunia berikutnya memakai bahan sintetis. Meski bola ini memilki kelebihan yaitu meningkatnya kualitas tahan airnya, tetapi mengakibatkan bola ini tidak dapat bertahan terlalu lama dan mengakibatkan bola harus diganti beberapa kali selama beberapa permainan harus diganti.

Pada Piala Dunia Spanyol, Tango España, adalah generasi baru dari Tango dan menjadi induk dari Tango series yang akan datang seperti Tango Mundial, Tango Alicante, Tango Malaga, Tango Indoor. Variasi warnanya pun terdiri dari putih, oranye dan kuning.

5. Azteca – Piala Dunia Meksiko 1986

Image result for adidas azteca ball

Source: pinterest.com

Bola sepak resmi dalam Piala Dunia FIFA 1986 di Meksiko ini memiliki desain yang sama sekali baru karena berbahan sintetis dengan kualitas yang baik untuk permukaan lapangan yang keras dan basah. Azteca Mexico merupakan bola yang dijahit tangan, dan pertama kalinya memakai bahan sintetis dengan kualitas yang baik untuk permukaan lapangan yang keras dan basah, bukan lagi menggunakan bahan baku kulit untuk memproduksinya.

6. Etrusco Unico – Piala Dunia Italia 1990 –

Image result for Etrusco Unico

Source: pinterest.com

Bola ini akan menjadi bola resmi Piala Dunia FIFA 1990 di Italia dan Piala Eropa 1992 di Swedia karena bola sepak yang dibuat oleh adidas pada tahun 1990an ini merupakan bola pertama dengan lapisan internal busa polyurethane hitam.

Bola ini merupakan produk teknologi tinggi yang diproduksi sepenuhnya dari serat sintetis berkualitas. Tudung terendah terdiri dari tekstil diresapi dengan lateks untuk stabilitas bentuk dan ketahanan terhadap robek, lapisan neoprene membuat bola ketat terhadap air dan kulit luar yang terbuat dari lapisan polyurethane digunakan untuk ketahanan abrasi dan sifat rebound baik

7. Questra  – Piala Dunia Amerika Serikat 1994

Source: ebay.co.uk

Questra merupakan penamaan kuno yang jika diterjemahkan berarti “pencarian bintang”. Pertama kali menjadi bola resmi Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat dan Adidas mulai membuat dua turunan dari produk tersebut yaitu “Questra Europa” , bola resmi Piala Eropa 1996 di Inggris dan  “Questra Olympia” sebagai bola resmi Olimpiade 1996. Terakhir “Questra Apollo“ yang dipakai di La Liga Spanyol.

Bola ini dibuat dari lima bahan yang berbeda, yaitu lapisan luar yang tahan lama namun fleksibel karena terbuat dari polyurethane yang terinspirasi dari teknologi ruang angkasa, roket kecepatan tinggi dan “pencarian bintang” Amerika, Questra menetapkan standar kinerja baru.

8. Tricolore – Piala Dunia Perancis 1998

Image result for Adidas Tricolore

Source: complex.com

Adidas Tricolore adalah bola sepak multi-warna yang pertama. Bendera Prancis dan warna nasional (Tricolore) dan simbol tradisional bangsa Prancis dan Federasi Sepakbola Prancis “ayam jantan” menginspirasi nama dan desain bola. Dan pembuatan bola sepak pertama kalinya dibuat diluar negara Eropa, yaitu di Maroko dan Majalengka, Indonesia.

Bola ini menampilkan hi-tech lapisan busa sintaksis baru yang memiliki kompresi yang lebih baik, dan juga daya pantul lebih eksplosif sehingga membuat bola lebih lembut.

9. Fevernova – Piala Dunia Korea Selatan – Jepang 2002 –

Image result for adidas fevernova

Source: medium.com

Desain bola ini mengambil inspirasi dari desain bola sepak adidas terdahulu, Adidas Tango. Fevernova termasuk lapisan busa sintaksis halus yang memungkinkan untuk lintas terbang yang lebih tepat dan dapat diprediksi. Tampilan warna-warni revolusioner terinsipirasi dari Budaya Asia.

10. Teamgeist – Piala Dunia Jerman 2006 –

Image result for adidas teamgeist

Source: complex.com

Bola ini dulu dikritik oleh beberapa pemain karena bola yang terlalu ringan, dan bagi para penjaga gawang bola ini lebih sulit ditangkap. Padahal bola hasil kerjasama Adidas dengan Bayer ini sangat berbeda dengan bola konvesional lainnya. Biasanya bola dilapisi 32 panel, di bola ini dipangkas menjadi 14 panel berbentuk baling-baling.

Dan cara penempelan panel sudah tidak lagi dengan jahitan melainkan penempelan panas. Panas akan melunakkan permukaan serat dan membuatnya meleleh, dan membentuk ikatan. Saat serat dingin, ikatan ini akan mengeras. “Teamgeist” sendiri merupakan bahasa Jerman yang berarti “Semangat Tim” dan dirancang dengan warna tradisional dari bendera Jerman dan ditekankan dengan warna keemasan dari trofi Piala Dunia.

11. Jabulani – Piala Dunia Afriika Selatan 2010 –

Image result for adidas jabulani

Source: pinterest.com

Dalam bahasa Zulu, Jabulani berarti “Untuk Merayakan” dan sepak bola adalah olahraga yang dapat menyatukan dunia. Jabulani membuat teknologi yang inovatif yaitu delapan 3-D bulat membentuk panel-panel EVA dan TPU yang dicetak bersama-sama, secara harmonis membungkus bangkai batin. Hasilnya adalah unit energik yang dikombinasikan dengan kebulatan yang sempurna.

Bola ini memiliki tekstur futuristik dengan cengkeraman yang fantastis sehingga memberikan para pemain kontrol penuh atas bola di dalam segala kondisi cuaca. Lingkaran yang menyelubungi seluruh bola dengan cara optimal yang aerodinamis. Alur-alur yang terintegrasi memberikan karakteristik melayang yang tak tertandingi, membuat bola ini menjadi bola Adidas yang paling stabil dan paling akurat.

12. Brazuca – Piala Dunia Brazil 2014 –

Image result for adidas brazuca

Source: ebay.com

Brazuca merupakan bola resmi yang dipakai dalam pertandingan Piala Dunia FIFA 2014 di Brasil. Nama Brazuca sendiri merupakan hasil pemilihan suara nama “Brazuca” mengalahkan nama yang lain seperti Bossa Nova dan  Carnavalesca.

Bola Brazuca memiliki enam panel polyurethane yang terikat untuk menjaga bola tetap seimbang dan bulat bahkan dari hujan lebat, selain itu sisi dalam dari bola Brazuca terbuat dari karet dapat memberikan pantulan yang diinginkan.

Proses pengujian bola ini secara menyeluruh selama dua setengah tahun ini melibatkan lebih dari 600 pemain top dunia dan 30 tim di 10 negara di tiga benua, menjadikan Brazuca sebagai bola paling teruji yang pernah dilakukan oleh Adidas.

13. Telstar 18 – Piala Dunia Rusia 2018

Desain Telstar 18 terinspirasi dari Telstar pendahulunya yang hanya berwarna hitam-putih  dengan totol berwarna hitam dihiasi gradasi ke warna abu-abu dan juga logo Piala Dunia Rusia 2018 yang berwarna emas.

Teknologi terbaru dimasukkan pada Telstar 18 yang tidak hanya membuat para penggunanya nyaman ketika berman, tapi juga diberi semacam chip NFC (Near Field Communication) yang membuat penonton bisa merasakan sensasinya melalui smartphone.

Itulah beberapa bola sepak yang sudah diproduksi oleh Adidas sepanjang mereka berpartisipasi di Piala Dunia. Jadi tidak sabar untuk menantikan ajang akbar empat tahun sekali itu untuk diadakan. Masih banyak lagi rekomendasi yang dapat kamu lihat tiap minggunya dan bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post