Player Of The Week: César Azpilicueta
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Player Of The Week: César Azpilicueta

Player Of The Week: César Azpilicueta

Player Of The Week kali ini akan mengupas profil seorang pemain yang pada gameweek pekan lalu tampil gemilang. Ia adalah Cesar Azpilicueta. Pemain berkebangsaan Spanyol ini membawa Chelsea mengalahkan Manchester United dengan kontribusi assist yang dia berikan kepada Alvaro Morata.

César Azpilicueta Tanco atau yang kita kenal sebagai César Azpilicueta merupakan sosok bek tangguh yang dipunyai The Blues saat ini. Namun, jauh sebelum memperkuat Chelsea ia rupanya pernah mengarungi kerasnya La Liga Spanyol dan Ligue 1 Prancis.

SC Osasuna Academy

Pria kelahiran Pamplona, Navarre pada 28 Agustus 1989 ini merupakan salah lulusan akademi sepak bola SC Osasuna. Pada saat dia masih berada di akademi Osasuna dia bermain sebagai gelandang serang dan tidak butuh waktu lama bagi dia untuk naik ke tim senior karena kepiawaiannya dalam melepas umpan-umpan cantik serta penguasaan bola yang baik.

Azpilicueta akhirnya mendapat kesempatan debut di tim senior pada April 2007 pada saat melawan Real Madrid. Sayangnya saat itu timnya dikalahkan dengan skor 2-0.

Meskipun bermain apik tapi takdir sudah menggariskan dia sebagai bek handal di masa depan. Hal ini terjadi karena pada saat kompetisi 2007/2008 banyaknya pemain utama Osasuna yang mengalami cedera sehingga Azpilicueta bermain di posisi yang tidak pernah dia bayangkan sebelumnya, yaitu bek kanan.

Azpilicueta yang pada saat itu masih berusia 18 tahun berhasil memikat sang pelatih sehingga dia mengamankan posisi sektor bek kanan di tim utama. Musim berikutnya dia menjadi andalan di posisi tersebut dengan 36 penampilan di tim utama saat usianya yang terhitung masih muda.

Olympique Marseille

Tak butuh waktu lama bagi Azpilicueta untuk dilirik klub besar Eropa. Pada tahun 2010 dia bergabung dengan salah satu klub besar liga Perancis, Olympique Marseille. Musim pertamanya di Marseille Azpilicueta tampil sangat buruk karena dia mengalami cedera lutut parah sehingga membuat dia terlempar dari posisinya di musim pertama.

Tetapi pada musim kedua, ia mulai tampil gemilang dan konsisten baik di Liga Perancis maupun Liga Champion. Bahkan posisi utama sebagai bek kanan tim utama sudah ada di genggamannya. Puncaknya adalah ketika Olympique Marseille berhasil mencapai babak perempat final Liga Champions sebelum akhirnya diberhentikan oleh Bayern Munchen.

The Blues Chelsea

Chelsea, lantas tertarik untuk mendatangkannya. The Blues yang kala itu masih dilatih oleh Roberto Di Matteo berhasil mendatangkannya bersamaan dengan Hazard bersaudara, Oscar dan Marko Marin

Azpilicueta mendapat nomor punggung 28 dan kompatriot di Spanyol yaitu Juan Mata, Fernando Torres, dan Oriol Romeu. Kala itu Chelsea masih mempunyai bek kanan yang mempunyai kemampuan yang mumpuni yaitu Branislav Ivanović tapi tidak menyurutkan niat dia menjadi pemain tim utama Chelsea

Debutnya dimulai ketika menjadi pemain pengganti Branislav Ivanović pada saat melawan Wolverhampton. Perlahan tetapi pasti Azpilicueta, yang ketika di Chelsea dipanggil Dave karena rekan-rekannya kesulitan dalam memanggil namanya, mulai meraih posisi reguler sebagai bek kanan The Blues. Hal itu juga dipengaruhi kemampuan Branislav Ivanović yang piawai bermain sebagai bek tengah.

Bahkan disaat Chelsea dilatih oleh Rafael Benitez, pelatih yang gemar merotasi pemain, Dave menjadi pemain yang jarang diistirahatkan. Tidak lupa pada saat dilatih Roberto Di Matteo, Dave juga berperan dalam berhasilnya The Blues menjuarainya piala Liga Champions.

Di musim 2017/2018 Chelsea kedatangan pelatih baru yaitu Antonio Conte yang gemar memainkan skema 3 bek, dan di awal musim Dave diprediksi tidak akan masuk ke dalam skema itu dan digosipkan akan ditransfer ke klub lain. Banyaknya tim Eropa yang sudah bersiap untuk menggunakan jasanya seperti Barcelona. Namun semua gosip itu dimentahkan dengan perpanjangan kontrak hingga tahun 2020 di Chelsea.

Hebatnya Azpilicueta bisa beradaptasi dengan skema 3 bek Antonio Conte dan menjadi pemain kunci di Chelsea. Dia memainkan posisi bek tengah kanan dan posisi bek sayap kanan saat ini diisi oleh Victor Moses. Musim ini sudah berjalan hampir setengah musim dan Azpilicueta sudah bermain dalam 11 game dengan 5 assist dan 1 gol.

Dengan penampilan cemerlangnya kala melawan Manchester United kemarin dan dengan usianya yang masih muda kita sangat menantikan prestasi apalagi yang akan ditoreh oleh Dave baik di klub maupun tim nasional.

Nah, itu adalah player of the week minggu ini. Masih banyak lagi rekomendasi hiburan minggu ini yang dapat lihat tiap minggunya dan bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post