7 Tips Yang Harus Kamu Lakukan Saat Hamil
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 7 Tips Yang Harus Kamu Lakukan Saat Hamil

7 Tips Yang Harus Kamu Lakukan Saat Hamil

Bagi kamu yang hamil pasti banyak bertemu dengan kebingungan karena baru pertama kali mengalami hal tersebut. Biasanya setelah mengetahui dirimu sedang berbadan dua, kamu akan bertanya segala hal tentang kehamilan kepada teman yang sudah pernah hamil maupun menanyakan pengalaman orang tua.

Dengan menerima masukan dari orang-orang terdekat akan membantu kamu untuk lebih rileks dalam menjalani waktu kehamilan. Berikut ada 6 tips yang harus kamu lakukan saat hamil.

1. Berjemur Di Bawah Sinar Matahari

Sempatkan waktumu untuk bangun pagi-pagi demi berjemur di bawah sinar matahari, Sinar matahari di bawah jam 10 pagi dapat memberikan manfaat bagi tubu dan bayi kamu. Paparan sinar matahari di pagi hari mengandung vitamin D yang baik bagi kesehatan tubuh. Jadi selepas subuh sempatkan waktu luangmu selama 20 menit untuk berjemur, karena menurut penelitian sinar matahari pagi dapat menurunkan resiko autisme pada anak sejak dalam kandungan.

2. Jangan Makan Berlebihan

Ibu hamil biasanya disarankan untuk makan lebih banyak dari biasanya karena untuk mengisi perut dua insan. Tetapi makan terlalu banyak juga tidak baik karena hanya akan menimbulkan obesitas bagi para ibunya. Akan lebih baik perbanyak makan-makanan yang berprotein tinggi seperti ikan salmon karena bagus untuk pertumbuhan bayi serta perbanyak makan sayur-sayuran hijau.

3. Ajak Bicara Bayi Di Dalam Perut

Mengajak bicara bayi di dalam perut merupakan awal mula komunikasi antara ibu dan anak. Tanpa kalian sadari sang bayi pun pasti mendengar apa yang sedang kamu ceritakan. Kebiasaan ini bisa dimulai dengan menceritakan apa saja kegiatan yang kamu lakukan seharian itu. Atau bacakan dongeng anak yang dibaca lewat buku karena biasanya pada trisemester ketiga janin sudah bisa mendengar, jadi mereka bisa menghafal dan mengingat suara ibunya.

4. Jangan Stress

Hindari pikiran yang bisa membuat kamu stres atau merasa tertekan karena tanpa kamu sadari jika itu terjadi akan berpengaruh terhadap perkembangan janin kamu. Jadi sebisa mungkin kurangi kegiatan yang bisa membuat kamu stres dan perbanyak kegiatan yang bisa membuat kamu merasa rileks.

5. Perdengarkan Musik

Kalau kamu mempunyai hobi bernyanyi, boleh kamu perdengarkan suara kamu bernyanyi ke bayi yang ada dalam perut kamu. Karena jika kamu melakukan kegiatan yang kamu suka sehingga membuat kamu senang, akan berpengaruh terhadap perkembangan janin kamu karena hal tersebut bisa memproduksi hormon kebahagiaan pada bayi. Jika kamu tidak berbakat bernyanyi, bisa kamu perdengarkan lagu ataupun puisi melalui headphone ke perut kamu.

6. Berolahraga

Meskipun dalam kondisi hamil, ternyata melakukan kegiatan olahraga sangat direkomendasikan karena untuk memperlancar peredaran darah tubuh. Usahakan berolahraga 30 menit sehari dan minta saran dokter mengenai olahraga apa yang cocok untuk kamu. Beberapa pilihannya seperti berenang, senam dan juga yoga. Biasanya terdapat kelas-kelas olahraga khusus untuk ibu hamil yang suka diadakan di rumah sakit, coba saja kamu bergabung ke dalam kelompok tersebut.

7. Istirahat Yang Cukup

Bagi kamu para ibu hamil yang juga karyawan kantoran maka kamu akan disibukkan dengan kegiatan mengurusi rumah tangga sekaligus pekerjaan kantor. Masa hamil adalah saat yang tepat untuk sedikit mengurangi kegiatan tersebut agar tidak terlalui lelah.

Alasannya pada saat hamil, sangat dianjurkan untuk memperbanyak istirahat. Tubuh anda dan bayi di dalam kandungan membutuhkan energi yang banyak untuk tumbuh berkembang, maka cobalah untuk tidur lebih awal. Bisa juga pada saat di kantor, gunakan waktu makan siang untuk tidur sejenak.

Semoga beberapa tips ini dapat membantu kamu mempersiapkan kehamilan kamu dengan lebih matang. Karena pada akhirnya pada saat hamil akan ada malaikat kecil yang menunggu waktunya untuk keluar melihat muka dari kedua orang tuanya. Masih banyak lagi tips-tips yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post