Player Of The Week: Mohamed Salah
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Player Of The Week: Mohamed Salah

Player Of The Week: Mohamed Salah

Nama tim sepak bola El Mokawloon Sporting Club pasti asing terdengar diantara kamu pecinta sepak bola. El Mokawloon Sporting Club merupakan klub pertama yang dibela Mohamed Salah Ghaly atau yang lebih kita kenal sebagai Salah. Pria yang lahir pada 15 Juni 1992 ini mengawali debutnya di tim senior pada 3 Mei 2010 dan pada musim 2010 hingga 2012 dia berhasil mengunci posisi tim utama di timnya. Namun karena adanya insiden kerusuhan di Stadion Port Said yang menyebabkan 79 orang meninggal dan 1.000 orang terluka, membuat Asosiasi Sepak Bola Mesir membatalkan sisa musim 2011-2012.

Klub Swiss Super League: Basel

Usai insiden yang menyedihkan itu, salah satu klub peserta Swiss Super League yaitu Basel menunjukkan ketertarikannya. Basel yang sudah lama mengincar Salah mengundang Salah untuk trial satu minggu sehabis mereka mengadakan latih tanding dengan tim Mesir U-23 dimana dia berhasil mencetak dua gol dalam laga tersebut. Dan hasil dari ajakan tersebut berbuah manis di mana pada akhirnya Salah mendapatkan kontrak empat tahun dari tim Basel.

Debut perdananya di pertandingan resmi pada saat penyisihan awal liga Championis menghadapi klub dari Norwegia, Molde. Sempat mencetak prestasi gemilang pada saat berhasil mengalahkan Tottenham Hotspur dan melaju ke semifinal liga Champions sebelum akhirnya dihentikan oleh Chelsea. Walaupun gagal di liga Champions tapi Salah berhasil membantu Basel memenangkan gelar Swiss Super League 2012-13 Championship dan menjadi Runner Up di Piala Swiss.

Klub Premier League: Chelsea

Klub besar Liga Inggris yaitu Chelsea, mulai mengamati permainan Salah semenjak Chelsea berhasil mengalahkan Basel pada Liga Champions di semifinal 2012-2013. Dengan total tampil bermain 47 kali dan mencetak sembilan gol akhirnya pada 23 Januari tercapai kesepakatan transfer Salah dari Basel ke Chelsea dan menjadi pemain Mesir pertama yang bermain di Chelsea dengan durasi kontrak lima tahun.

Meskipun berhasil mencetak gol perdananya pada saat melawan Arsenal dengan masuk sebagai pengganti menggantikan Oscar, karirnya sempat meredup di Chelsea karena tidak bisa menjawab ekspetasi dari pelatih Chelsea pada saat itu, Jose Mourinho. Dengan berjalannya waktu Salah hanya diberikan kesempatan 19 kali pertandingan dimana hanya 6 kali menjadi starter

Klub Serie A: Fiorentina & Roma

Pada musim 2014-2015 Chelsea memutuskan untuk meminjamkan Salah ke Fiorentina sebagai bagian kesepakatan mendatangkan Juan Cuardado. Pindah ke Liga Italia merupakan awal kebangkitan dari Salah yang kala itu datang pada paruh kedua musim 2014-2015 dimana Salah berhasil mencetak enam gol dalam 16 laga dia bersama La Viola.

Pelatih Fiorentina saat itu, Vincenzo Montella, menempatkan Salah sebagai sayap kiri ataupun dalam formasi andalannya 4-3-3 dan dia berhasil menjawab kepercayaan pelatihnya tersebut. Kemampuan Salah yang memiliki dribel sangat baik sehingga mendapat julukan “Messi dari Mesir” berhasil menutup lubang akibat kepergian Juan Cuardado dan akhirnya fans La Viola mendapat pemain pujaan baru.

Kemampuannya semakin meningkat ketika Salah kembali dipinjamkan ke sesama klub liga italia yaitu Roma dan sempat mengalami bersitegang dengan Fiorentina yang tidak terima pemain yang dulu dipinjamkan ke klubnya direbut oleh Roma. Keputusan Salah pindah ke Roma berbuah manis di mana kemampuannya semakin berkembang.

Pelatih Roma kala itu, Rudi Garcia mempercayakannya dalam starting eleven bahkan berhasil menyingkirkan Adam ke bangku cadangan lalu dilego ke Inter Milan dan Juan Iturbe. pada musim 2015-2016 Salah menjadi top scorer di Roma dengan mencetak 15 gol dan pada musim berikutnya Roma mempermanenkan Salah.

The Reds Liverpool

Pelatih Liverpool saat ini, Jurgen Kloop, berhasil mengantarkan Liverpool ke Liga Champions dan pada musim 2017-2018 dia membutuhkan beberapa pemain untuk menambah kedalaman pasukan Liverpool untuk mengarungi musim ini.

Kloop pun tertarik dengan prestasi yang sudah ditoreh oleh Salah kala bermain di Roma. Keinginan dari sang pelatih itu pun mendapat lampu hijau dari sang pemain yang ingin kembali mencoba berkompetisi di Liga Inggris. Dengan modal 19 gol dari 41 penampilan bersama Roma, akhirnya Salah ditransfer ke Liverpool dan menjadi pembelian termahal Liverpool dengan harga 36,9 juta poundsterling.

Dengan durasi kontrak lima tahun dan menerima bayaran sebesar 90ribu poundsterling per pekan diharapkan Salah dapat menambah ketajaman barisan penyerang Liverpool yang sudah diisi oleh Sadio Mane, Philippe Coutinho, dan Roberto Firmino. Salah menggunakan nomor 11. Sebelumnya nomor ini digunakan oleh Firmino yang berganti nomor punggung menjadi 9.

Prestasi lain dari Salah adalah berhasil dalam mengantarkan Mesir, setelah 28 tahun absen, akhirnya mengikuti ajang bergengsi Piala Dunia 2018 dimana Mesir menjadi pemuncak klasemen sementara Grup E Zona Afrika Kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan 12 poin setelah berhasil mengalahkan Kongo 2-1.

Nah, itulah adalah player of the week minggu ini. Masih banyak lagi rekomendasi hiburan minggu ini yang dapat lihat tiap minggunya dan bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

 

Related Post