Tips Naik Haji Di Usia Muda
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Tips Naik Haji Di Usia Muda

Tips Naik Haji Di Usia Muda

Pergi ke Tanah Suci merupakan sesuatu yang diimpikan oleh semua umat muslim. Tua dan muda semua bermimpi untuk pergi naik haji. Impian untuk pergi naik haji tentu saja harus dibarengi dengan niat kita untuk menabung sedari dini. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu cermati agar bisa naik haji di usia muda.

1. Membuat perhitungan biaya

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa biaya naik haji biasanya pasti mengalami kenaikan karena beberapa alasan. Dan kita harus mulai menabung berdasarkan perhitungan tersebut. Misalkan biaya naik haji seharga Rp. 45 juta dan untuk berangkatnya diestimasikan anda harus menunggu sekitar 5 tahun dengan estimasi kenaikan biaya Rp 2juta / tahun. Maka perhitungan biaya yang harus disiapkan sebesar Rp 55 juta (Rp 45juta + ( 5 tahun x Rp 2juta).

2. Membuka Tabungan Haji

Saat ini sudah banyak bank yang menyediakan tabungan khusus haji. Tentu saja tujuannya agar mempermudah masyarakat yang ingin naik haji untuk mulai menabung. Menabung di tabungan khusus haji biasanya sangat mudah karena untuk tabungan ini tidak mempunyai bunga sehingga kamu seperti menabung di celengan rumah saja.

3. Menahan Godaan Untuk Belanja

Dengan semakin canggihnya teknologi maka makin mempermudah orang untuk berbelanja, khususnya belanja online. Banyak dari kita yang tanpa disadari karena saking mudahya berbelanja hingga membuat kita terlalu sering berbelanja online. Ada baiknya jika kamu mulai menghentikan kebiasaan berbelanja tersebut dan mulai fokus untuk menyimpan sebagian penghasilannya untuk tabungan.

4. Investasi

Untuk membantu kamu mempersiapkan diri secara finansial agar bisa naik haji tidak ada salahnya juga untuk mulai berinvestasi sejak dini. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berinvestasi, mulai dari emas, saham maupun reksadana. Biasanya khusus untuk saham maupun reksadana banyak yang menawarkan reksadana dan saham syariah sehingga kamu tidak perlu khawatir saat menginvestasikan penghasilan kamu.

5. Cari Kerja Sampingan

Untuk kamu yang masih muda, tidak ada salahnya untuk mencari kerja sampingan disamping kerjaan utama kamu. Karena dengan kamu mempunyai kerja sampingan, akan membantu kamu secara finansial untuk mendapatkan pendapatan tambahan, Mumpung masih muda dan mempunyai badan sehat, tidak ada salahnya kita lakukan hal ini.

6. Bonus Tahunan Disimpan

Jika perusahaanmu rutin memberikan bonus tiap tahunnya, boleh kamu simpan sebagian dari bonus itu untuk ditabung. Tidak ada salahnya untuk menahan diri sejenak agar kamu dapat naik haji sesuai dengan target yang kamu tentukan.

7. Mulai Memilih Agen Perjalanan.

Banyak agen-agen perjalan yang menawarkan harga yang menarik untuk membantu kamu menuju tanah suci. Tapi jangan cepat tergiur dengan harga murah yang mereka tawarkan Coba kamu tanyakan ke kerabat kamu yang sudah pernah naik haji dan juga catat apa saja agen perjalanan yang pernah mereka sambangi. Cari juga testimoni dari pelanggan-pelanggan yang sudah pernah memakai jasa mereka, apakah mereka puas dengan pelayanannya atau tidak.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk lebih giat menabung. Dengan tingginya niat kamu untuk pergi tanah suci, pasti mimpi kamu untuk pergi naik haji akan tercapai. Masih banyak lagi tips-tips yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

 

Related Post