5 Efek Kecanduan Medsos yang Harus Kamu Tahu
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 5 Efek Kecanduan Medsos yang Harus Kamu Tahu

5 Efek Kecanduan Medsos yang Harus Kamu Tahu

Seiring berkembangnya teknologi, masyarakat kini tak dapat lepas dari handphone dalam kegiatan sehari-hari. Dulu tujuan kita memakai handphone hanya untuk telepon serta mengirim pesan singkat. Sekarang seiring dengan berjalannya waktu teknologi handphone semakin canggih. Tak hanya untuk telepon dan sms tapi orang-orang juga bisa memanfaatkan handphone untuk mengirim email, foto, video dan media sosial (medsos).

Namun, karena kecanggihannya ini terkadang kita lupa diri. Orang-orang sibuk ber-medsos ketimbang berinteraksi langsung tatap muka. Padahal tanpa kamu sadari jika kamu kecanduan akan media sosial bisa berdampak buruk terhadap kehidupan kamu. Berikut ini 5 efek negatif kecanduan media sosial.

1. Tidak Dapat Mengendalikan Diri

Banyak orang yang berpendapat di media social mereka dapat dengan bebas mengekspresikan diri tanpa ada batasan. Padahal tentu ada batasan yang harus kita patuhi sehingga tidak merugikan orang banyak. Banyak orang yang kehilangan pekerjaannya hanya karena dia menuliskan hal yang tidak sopan tentang kantornya di media sosialnya

2. Tak Punya Privasi

Tren yang ada saat ini adalah orang-orang berlomba untuk memposting kegiatan mereka. Dimana pun mereka berada langsung posting di media sosial mereka. Apapun yang teman kamu lakukan pasti langsung kamu ketahui dengan melihat media sosial mereka karena akan selalu di update. Rasa selalu ingin update di media sosial terkadang membuat seseorang berpikir bahwa temannya tidak mempunyai privasi karena tidak semua hal harus selalu kamu share di media sosial.

3. Dijauhi Teman

Kalau kamu bertemu teman yang ketergantungan medsos pasti hidupnya tidak bisa lepas dari handphone. Padahal jika kamu berkumpul dengan teman-teman pasti ingin mengobrol dan bernostalgia. Dampaknys pasti temanmu yang kecanduan media sosial ini perlahan mulai dijauhi oleh teman-temannya.

4. Krisis Percaya Diri

Seorang yang kecanduan medsos cenderung mengalami krisis kepercayaan diri. Hal ini karena ia selalu melihat kehidupan teman-temannya yang serba mewah dan selalu gaul setiap saat. Turunnya kepercayaan bisa berakibat pada depresi sehingga mengganggu aktifitas keseharian kamu.

5. Tidak Produktif

Seorang pecandu media sosial terkadang menjadi pribadi yang pemalas. Hal ini disebabkan karena mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk kepo. Rasa ingin tahu akan aktivitas teman-teman lain dan public figure di media sosial tanpa disadari dapat menghabiskan waktu yang cukup lama.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk tidak ketergantungan dengan media sosial. Dengan tanpa adanya media sosial kamu dapat lebih produktif dalam melakukan suatu pekerjaan dan dapat bersosialisasi dengan banyak orang. Masih banyak lagi tips-tips yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

 

Related Post