Lomba Yang Sering Kamu Ikuti saat 17an
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Lomba Yang Sering Kamu Ikuti saat 17an

Lomba Yang Sering Kamu Ikuti saat 17an

Mendekati hari raya kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus nanti, pasti sekeliling kamu mulai sibuk menyiapkan acara pada hari tersebut. Biasanya ada beberapa macam lomba yang sering diselenggarakan di lingkungan kamu.  Tentunya saat kamu kecil pasti pernah mengikuti beberapa lomba tersebut. Meski terkesan sederhana, dari perlombaan ini kita dapat belajar soal ketangkasan, fokus, hingga strategi kerjasama tim.

Berikut lomba yang sering kamu lihat atau ikuti saat 17an:

1. Lomba Makan Kerupuk

Image result for lomba makan kerupuk

Lomba yang selalu diadakan baik di sekolahan maupun di lingkungan tempat kamu tinggal. Cara mainnya terdapat beberapa kerupuk putih yang digantung di atas tali rafia. Kamu harus memakan kerupuk tersebut tanpa menggunakan bantuan tangan, jadi hanya boleh menggunakan mulut. Siapa yang paling cepat menghabiskannya menjadi pemenang lomba tersebut.

2. Lomba Pindahin Kelereng Menggunakan Sendok

Lomba yang untuk beberapa orang agak sulit dimana terdapat satu toples berisi banyak kelereng. Cara bermainnya adalah kamu harus memindahkan kelereng satu per satu dari satu sisi ke sisi lain dengan menggunakan sendok. Jadi kamu harus meletakkan kelereng tersebut diatas sendok yang sudah kamu gigit dan tidak diperbolehkan menggunakan tangan sama sekali.

3. Lomba Panjat Pinang

Lomba ini menjadi ajang yang pas untuk melatih kerjasama kamu dengan teman-teman. Lomba ini juga terbilang cukup sulit karena jika tidak ada kerjasama tim yang baik akan sulit untuk memenangkan lomba ini.

Cara bermainnya terdapat satu tiang tinggi yang sudah dilumuri oleh oli. Tantangannya adalah bagaimana cara kamu memanjat ke atas tiang tersebut untuk mengambil hadiah yang tersedia di ujung tiang tersebut. Menjadi sulit karena untuk memanjat tiang tersebut tidak mempunyai pijakan sehingga membuat para peserta harus berkorban menjadi pijakan temannya untuk naik ke puncak.

4. Lomba Tarik Tambang

Nah! Untuk lomba satu ini selain memerlukan kerjasama kelompok juga harus fisik yang kuat. Cara memainkannya terdapat dua kelompok dan satu tambang panjang yang sudah ditandai sebagai alat lomba. Tugas dari kedua kelompok ini adalah saling menarik tali tersebut agar salah satu kelompok tersebut sudah tidak bisa memegang tali untuk ditarik dan kalah.

Biasanya taktik paling umum dari lomba ini adalah dengan menempatkan teman kamu yang memiliki badan yang besar di paling ujung tali dengan harapan agar tim lawan tidak bisa menarik tali karena tertahan oleh teman kamu yang besar ini.

5. Lomba Memasukkan Pensil Ke Botol

Lomba ini membutuhkan kecepatan kamu dan tidak boleh panik. Sebelum lomba seutas tali akan diikatkan ke pinggang kamu dan di ujung tali tersebut terdapat pensil panjang. Tugas kamu adalah pada saat lomba dimulai, kamu harus berlari ke sisi berlawanan dimana sudah ditaruh botol kosong dan kamu harus memasukkan pensil panjang yang menggantung di tali tersebut ke dalam botol tanpa menggunakan bantuan tangan.

6. Lomba Balap Bakiak

Lomba ini membutuhkan kekompakan karena jika tim kamu tidak kompak, efeknya kamu akan terjatuh bersama-sama dengan kelompok kamu. Cara bermainnya satu kelompok yang terdiri dari 3 orang (bisa lebih) memakai bakiak panjang secara bersamaan. Saat lomba dimulai, kamu bersama kelompokmu  harus melangkah bersama dengan menggunakan bakiak tersebut. Kebayang dong bagaimana sulitnya?

7. Lomba Gigit Koin

Dulu saat kita kecil pasti sangat senang mengikuti lomba ini karena dapat menambah uang jajan kamu. Lomba ini biasanya menggunakan buah seperti melon, semangka, terong ataupun jeruk bali yang sudah ditancapkan duit koin di sekitarnya.

Sebelum lomba dimulai, buah tersebut akan dilumuri oleh coklat, bubuk kopi, minyak sayur atau bahkan oli agar menjadi licin dan berbau sehingga akan sulit untuk mengambil koinnya. Cara mengambil koinnya sendiri tidak boleh menggunakan tangan, jadi harus menggunakan mulut atau gigi. Jadi kebayang dong bagaimana berantakannya muka kamu sehabis ikut lomba ini karena coklat ataupun oli?

8. Sepakbola Sarung

Sepak bola yang biasa sudah sering dimainkan sehari-hari jadi bukanlah sebuah keanehan kalau kita main sepak bola. Tapi kalau kita memainkan sepak bola dengan menggunakan sarung pasti lumayan sulit, karena keterbatasan ruang gerak kaki kamu jadi tidak bebas untuk berlari. Pertandingan sepak bola dengan menggunakan sarung pasti sering kita temui pada acara 17an karena sering dimainkan di lingkungan tempat tinggal kamu.

9. Lomba Balap Karung

Konsepnya sama dengan balap lari, tetapi untuk yang kali ini kamu tidak harus lari tapi dengan menggunakan karung kamu harus finish di garis terakhir secepatnya. Kalau kaki kamu menggunakan karung beras sangat tidak memungkinkan untuk berlari jadi biasanya peserta harus lompat-lompat dengan menggunakan karung tersebut untuk sampai di garis finish.

Selain lomba-lomba di atas pasti masih banyak lagi ragam lomba 17an yang sering dimainkan di daerah kamu karena biasanya masing-masing daerah mempunyai ciri khas lomba sendiri untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia. Jadi tidak ada salahnya kamu bisa berpartisipasi dalam lomba tersebut yang tinggal beberapa hari lagi..Masih banyak lagi fakta-fakta yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post