Hiburan Minggu Ini: Film Para Pahlawan Nasional
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Hiburan Minggu Ini: Film Para Pahlawan Nasional

Hiburan Minggu Ini: Film Para Pahlawan Nasional

Menyambut hari raya kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus nanti, tidak ada salahnya buat kita untuk menonton film-film mengenai sosok yang dianggap sebagai pahlawan. Sosok pahlawan tidak selalu digambarkan sebagai orang yang berjuang dalam medan perang, tetapi menggambarkan bagaimana perjuangan seseorang dalam memperjuangkan hak dari setiap masyarakt. Berikut beberapa film mengenai tokoh pahlawan nasional.

1. Kartini (7.8/10 IMDb)

Film yang dibuat pada 21 April 2017 ini bertepatan dengan hari ulang tahun Raden Ajeng Kartini. Dian Sastrowardoyo terpilih sebagai sosok yang berperan sebagai Ibu Raden Ajeng Kartini. Kartini sendiri merupakan figur yang dengan teguh memperjuangkan hak-hak perempuan.

Kisah berawal ketika Kartini dilarang untuk bersekolah oleh ayahnya karena akan segera dinikahkan. Namun kondisi ini tidak memutuskan harapan Kartini untuk berkembang dan memperjuangkan hak nya sebagai perempuan.

“Habis Gelap Terbitlah Terang” merupakan judul buku yang beriisi kumpulan surat-surat yang Kartini kirimkan kepada teman-temannya di Eropa. RA. Kartini selalu meyakini bahwa para kaum perempuan meskipun berada pada tingkat ekonomi rendah, tetap mempunyai hak yang sama dalam meraih tingkat pendidikan yang sama dengan kaum pria.

2. Sokola Rimba (7.8/10 IMDb)

Film ini sangat menginspirasi banyak orang akan kehidupan suku-suku yang ada di Indonesia yang belum pernah terekspos di masyarakat. Film ini bercerita tentang sosok Butet Manurung. Butet merupakan wanita yang rela meninggalkan kehidupan kota untuk mengajar baca-tulis dan menghitung anak-anak Orang Rimba di pedalaman Jambi.

Hingga saat ini Butet Manurung masih tetap mengajar di suku pedalaman. Banyaknya pihak yang mau memanfaatkan ketidakmampuan para Orang Rimba terhadap kemampuan baca tulis dan menghitung, menjadi alasan utama Butet untuk terus mengajar di pedalaman, agar mereka tidak lagi bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Soekarno (7.2/10 IMDb)

Film ini berkisah tentang perjuangan Soekarno dalam memperjuangkan kemerdakaan Indonesia. Soekarno yang merupakan presiden pertama dari negara Indonesia berjuang habis-habisan dalam melawan para penjajah. Mulai dari dipenjara hingga diasingkan. Soekarno dapat menjadi inspireasi buat kamu para generasi muda tentang bagaimana kerasnya perjuangan para founding fathers dalam kemerdekaan Indonesia.

4. Soegija (7.2/10 IMDb)

Mungkin banyak yang tidak tahu mengenai sosok tokoh pahlawan nasional satu ini. MGR Albertus Soegijapranata yang memiliki panggilan Soegija merupakan Uskup Agung pertama di Indonesia. Soegija merupakan seorang biarawan sekaligus seorang pengajar di Kolese Xaverius Muntilan yang mengajar bahasa jawa dan agama.

Pada masa penjajahan oleh Jepang, Seogija menghadap ke penguasa Jepang agar membiarkan Rumah Sakit St. Carolus untuk terus beroperasi. Dan pada saat presiden Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, Soegija juga berperan dalam membantu rakyat Semarang pada saat ada kerusuhan dan meminta bantuan kepada pemerintah untuk mengirmkan perwakilannya untuk menyelesaikan konflik tersebut. Film yang disutradarai oleh Garin Nugroho ini patut kamu tonton.

5. Sang Pencerah (6.9/10 IMDb)

Muhammad Darwisy merupakan nama kecil dari KH. Ahmad Dahlan, seorang tokoh pendiri organisasi islam Muhammadiyah. Saat masa penjajahan bangsa Belanda, Ahmad Dahlan menyemangati para pemuda islam untuk terus berjuang demi kemerdekaan dan juga mempelopori wanita Indonesia untuk mengecap pendidikan setara dengan kaum pria.

Film Sang Pencerah dibintangi oleh Lukman Sardi, Zaskia A. Mecca, dan Giring Nidji. Film ini dapat menjadi tontonan yang bisa kamu nikmati pada akhir pekan nanti.

Itulah beberapa film nasional yang menceritakan mengenai pahlawan nasional kita . Dengan kita menonton film mengenai pahlawan nasional, berarti kamu turut serta dalam melestarikan sejarah Indonesia yang kelak bisa kamu ceritakan kepada anak-anak kamu. “Jas Merah” Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah merupakan semboyan yang dikumandangkan oleh presiden pertama kita Soekarno yang harus selalu kita jaga. Masih banyak lagi fakta-fakta mengenai para pahlawan kita yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber informasi terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

 

Related Post