Rindu Ya! Permainan Tradisional Ini Sering Kita Mainkan Saat Kecil
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Rindu Ya! Permainan Tradisional Ini Sering Kita Mainkan Saat Kecil

Rindu Ya! Permainan Tradisional Ini Sering Kita Mainkan Saat Kecil

Masa anak-anak merupakan saat dimana kerjaan kamu hanya bermain. Masa dimana kita berkumpul dengan anak-anak yang lain untuk bermain bersama hingga sore hari. Dan ada waktu dimana kamu pasti dimarahi oleh ibu kamu karena bermain tanpa tahu waktu. Berikut beberapa permainan tradisional yang suka kamu mainkan saat kecil.

1. Petak Umpet

Permainan ini biasanya dimainkan oleh 4-5 orang lebih. Untuk memulai permainan ini biasanya kita menentukan terlebih dahulu dimana tempat yang akan menjadi markasnya, lalu salah satu dari kita bertugas untuk mencari teman-temannya yang bersembunyi. Yang menjaga harus menutup mata dan berhitung sampai hitungan 100 untuk memberikan waktu teman-teman lain bersembunyi.

Cara menentukan pemenangnya adalah siapa yang paling cepat menyentuh markas terlebih dahulu maka dialah pemenangnya. Jadi jika yang jaga markas sedang keliling untuk mencari temannya yang bersembunyi, kita yang sedang bersembunyi dapat keluar dari persembunyian kita lalu langsung secepatnya lari ke markas sehingga kita dinyatakan menang.

2. Lompat Tali 

Cewek-cewek biasanya paling hobi main lompat tali. Lompat tali adalah permainan melompati tali yang talinya dibuat oleh kita sendiri. Cara membuatnya adalah dengan mengaitkan karet gelang satu per satu sehingga menjadi untaian tali panjang. Cara mainnya pun cukup mudah dimana 2 orang bertugas untuk memutar karetnya bersamaan dan sisanya harus melompati tali tersebut.

Permainan ini juga terkadang menerapkan sistem level dimana level awal cukup mudah. Awalnya tali diputar dengan ketinggian yang rendah sehingga teman-temannya dapat melompati tali dengan mudah, untuk level selanjutnya tali diputar makin tinggi, jadi banyak teman kita yang gagal untuk melompatinya.

3. Galaksin

Permainan ini serunya dimainkan di tempat yang luas dan beramai-ramai. Cara memainkannya beberapa teman kita akan bertugas untuk menjaga area mereka untuk tidak kita masuki, tetapi teman kita hanya bisa bergerak ke kiri dan kanan dan kita dinyatakan kalah jika teman kita berhasil menyentuh kita.

4.Petak Jongkok

Beberapa dari kita pasti pernah memainkan permainan ini. Cara bermainnya dengan salah satu dari kita akan bertugas sebagai polisi yang bertugas menangkap penjahat. Kita boleh mengejar teman kita dan menangkapnya, tetapi jika mereka jongkok kita tidak boleh menyentuh ataupun menangkapnya. Yang berperan sebagai penjahat pun tidak boleh terlalu lama untuk jongkok, maksimal 20 detik lalu harus kabur dari kejaran si polisi.

5. Layangan

Kebanyakan anak cowo pasti hobi untuk bermain ini. Selain karena seru, permainan ini juga menambah kreatifitas kita untuk merancang bentuk dan model dari layangan. Biasanya dimainkan di tanah lapang sehingga layangan kita dapat terbang tinggi.

6. Congklak

Biasa dimainkan berdua dengan teman kita. Dalam permainan tersebut menggunakan papan congklak dan umumnya dimainkan dengan menggunakan cangkang kerang sebagai biji congklak, jika tidak ada dapat digantikan dengan kelereng, biji-bijian dari buah maupun batu kerikil.

Pada awal permainan 16 lubang yang terdiri dari 14 lubang kecil dan 2 lubang besar, yang terdapat di papan congklak diisi dengan tujuh biji. Biasanya pemain menentukan giliran pertama dengan suit, lalu memilih lubang yang bijinya akan diambil semua lalu diletakkan satu per-satu di sebelah kanan dan seterusnya hingga biji habis. Bila habis di lubang kecil di sisi kita, maka kita berhenti dan mengambil seluruh biji di sisi seberangnya. Tapi kalau kita berhenti di lobang kosong sisi lawan kita maka kita harus berhenti dan tidak mendapatkan apa-apa. Pemenang dari permainan ini adalah yang mendapatkan biji terbanyak.

Itulah beberapa contoh permainan tradisional yang dilakukan pada saat kamu kecil. Dengan mengingat permainan tradisional ini kamu bisa bernostalgia akan kenangan kecil kamu dan bisa juga mengajarkan permainan ini ke anak-anak kamu sehingga mereka tidak bergantung dengan permainan menggunakan teknologi. Masih banyak lagi fakta-fakta yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post