5 Kegiatan yang Rutin Dilakukan di Bulan Agustus
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 5 Kegiatan yang Rutin Dilakukan di Bulan Agustus

5 Kegiatan yang Rutin Dilakukan di Bulan Agustus

Setiap bulan Agustus masyarakat Indonesia disibukkan dengan kegiatan rutin dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus selalu kita rayakan sebagai wujud penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa dan negara. Lantas, apa saja sih kegiatan rutin di bulan Agustus yang umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia, yuk kita simak.

1. Memasang Bendera di Depan Rumah

Kebiasaan yang selalu kita lakukan menjelang hari kemerdekaan Indonesia adalah memasang bendera merah putih di depan rumah. Hal itu sebagai wujud rasa nasionalisme kita dalam mengibarkan bendera merah putih. Biasanya kita mulai memasang bendera tujuh hari sebelum tanggal 17 Agustus.

2. Mengadakan Kerja Bakti dengan Tetangga

Tanggal 17 Agustus merupakan hari libur nasional. Biasanya banyak warga yang mengadakan kerja bakti dengan tujuan agar menjaga kebersihan di area tempat tinggal mereka sekaligus sebagai ajang silaturahmi dengan para tetangga.

3. Lomba 17-an

Kurang lengkap rasanya jika 17 Agustus tidak diikuti dengan berbagai macam lomba yang selalu diadakan tiap tahun. Beragam lomba seperti panjat pinang, tarik tambang, dan makan kerupuk pasti ada di setiap lomba 17-an. Dan biasanya peserta yang ikut juga terdiri dari berbagai macam usia.

4. Pawai Kostum

Biasanya sering diadakan di sekolah-sekolah dimana para muridnya diminta untuk memakai kostum pahlawan nasional untuk dilombakan di sekolahnya. Selain melatih anak-anak kita untuk memahami siapa saja pahlawan nasional kita, pawai kostum ini juga sebagai ajang untuk para orang tua murid untuk berpartisipasi di kegiatan sekolah.

5. Upacara 

Mengadakan upacara di lapangan merupakan sebuah tradisi yang selalu dilakukan saat 17 Agustus. Upacara merupakan sebuah wujud penghargaan dan penghormatan kita untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk membuat Indonesia merdeka dari negara penjajah,

Itulah beberapa kebiasaan yang dilakukan pada saat menjelang ataupu pada saat hari 17 Agustus yang merupakan hari kemerdekaan Indonesia. Masih banyak lagi fakta-fakta yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post