Hiburan Minggu Ini: Drama Seri “13 Reasons Why”
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Hiburan Minggu Ini: Drama Seri “13 Reasons Why”

Hiburan Minggu Ini: Drama Seri “13 Reasons Why”

Jika kamu penggemar drama seri pasti kamu tahu serial drama terbaru yang saat ini sedang digandrungi banyak anak muda. Yes, serial tersebut adalah “13 Reasons Why”. Film yang tayang di Netflix ini diadaptasi dari novel karangan Jay Asher berjudul “TH1RTEEN R3EASONS WHY”. Novel ini meraih banyak penghargaan salah satunya dari Teen Book Review dengan raihan lima bintang.

Film ini membuat penasaran banyak orang karena adanya keterlibatan Selena Gomez. Pelantun “Killing With Kindness” ini mulanya mengupload teaser “13 Reason Why” di akun instagramnya sehingga banyak orang menduga ini adalah seri televisi dimana Selena ikut berperan. Tetapi kenyataannya meskipun Selena sempat ditawari sebagai pemeran utama, tapi pada akhirnya dia berperan sebagai produser eksekutif dari serial tersebut bekerja sama dengan Brian Yorkey. Nah, lantas apa saja yang membuat serial ini menarik untuk kita ditonton? Mari kita simak.

1. Cermin Kehidupan Remaja Saat Ini.

“13 Reason Why” bercerita tentang seorang siswi SMA bernama Hannah Bakker yang melakukan bunuh diri tanpa diketahui alasannya. Orang tuanya berusaha keras mencari tahu alasan putrinya bunuh diri. Namun, Hannah ternyata tanpa sepengetahuan orang tuanya, mengirimkan 13 kaset kepada orang terdekat mengenai alasannya bunuh diri. Alasannya adalah beragam mulai dari bullying, narkoba, persahabatan hingga masalah percintaan khas anak SMA.

Serial ini agaknya menggambarkan problema kehidupan masa SMA yang sudah ada sejak dahulu kala yang sering dianggap tabu untuk diceritakan. Sehingga banyak kritikus film yang mengapresiasi serial ini sebagai gambaran realitas nyata kehidupan remaja SMA dewasa ini.

2. Tonton Bersama Orang Tua

Jika kamu ingin menonton serial ini, ada baiknya mengajak orang tua untuk nonton bersama. Karena serial ini mempunyai 2 efek:

Efek pertama, Menonton serial ini para remaja akan belajar bahwa bunuh diri bukan merupakan jalan keluar dalam melewati tekanan di dalam sekolah. Nah, dengan lebih sering mengobrol dengan orang tua mengenai kegiatan sekolah kamu dan menjadikan orang tua kamu adalah teman berbagi cerita dapat mencari jalan keluar dari setiap masalah.

Efek kedua, yang ditakutkan setelah menonton ini menjadi pendorong buat diri kamu untuk melakukan hal yang negatif karena stres dengan keadaan sekolah. Disini peran orang tua adalah untuk membimbing kamu dan mengajarkan bahwa apa yang ada dalam serial itu sangat buruk dan jangan melakukan hal tersebut.

Orang tua pun bisa mengambil hikmah dari serial ini, bahwa dunia sekolah bukan sekedar kita pergi sekolah, belajar lalu pulang. Tetapi ada polemik tersendiri dalam kehidupan para pelajar dan sebagai orang tua harus bisa melihat kondisi anaknya, menanyakan keadaannya, mendekatkan diri dan peduli terhadap dunia anaknya sehingga hal dalam film tersebut tidak perlu terjadi.

3. Pentingnya Peran Guru di Sekolah

Dalam film ini kebanyakan mengambil tempat syuting di sekolah, karena yang ingin ditekankan dalam film ini mengenai dunia remaja SMA. Disini kita juga bisa menilai betapa pentingnya peran guru terhadap para muridnya

Para pelajar pasti menghabiskan waktu paling banyak di sekolah, dimana mereka pergi sekolah pada pagi hari lalu pulang pada sore hari. Atau bahkan malam hari jika ada pelajaran tambahan. Guru tidak hanya digambarkan sebagai orang yang mengajarkan pengetahuan kepada para muridnya, tapi berperan juga sebagai pengganti orang tua dimana para orang tua mereka hanya dapat melihat anaknya pada pagi hari ketika sedang sarapan dan malam hari setelah mereka pulang bekerja.

Guru juga memiliki tanggung jawab terhadap perkembangan para muridnya sehingga diharapkan dari film ini bahwa guru harus mulai peduli dengan lingkungan muridnya, peduli dengan cara pergaulan mereka dan memposisikan sebagai teman curhat saat di sekolah.

4. Banyak Pujian, Banyak Kritikan

Hadirnya “13 Reasons Why” mendapatkan banyak pujian adari para pengamat film. IMDb yang merupakan online database film terpercaya memberikan nilai 9,1 untuk serial ini. Akan tetapi tidak sedikit juga yang mengecam penayangan serial ini karena merekam adegan bunuh diri yang dilakukan oleh Hanna Bakker. Sehingga sebagian orang melihat serial tv ini tidak pantas ditonton oleh remaja. Bahkan salah satu lembaga di Australia yang bergerak di bidang kesehatan mental memberikan peringatan bahwa “13 Reasons Why” merupakan konten berbahaya.

5. Bikin Gemes

Buat kamu yang suka dengan serial tv pasti kadang-kadang seolah tersedot ke dalam kehidupan serial tersebut. Mungkin beberapa dari kamu suka serial “How I Met Your Mother” dimana seorang ayah menceritakan bagaimana proses dia sampai bisa menikahi istrinya dan membutuhkan waktu 9 tahun dengan mengikuti season serial mereka sampai tahu endingnya. Padahal itu mungkin cuma membutuhkan waktu 2-3 jam untuk mendengarkan ayah kamu bercerita.

Sama dengan serial ini dimana Hannah menceritakan 13 alasan dia bunuh diri di dalam 7 kaset dimana Clay dan teman-temanya menghabiskan waktu hingga seri ke 13 untuk mendengar kaset tersebut hingga habis. Padahal dalam kenyataannya kita mungkin membutuhkan waktu 1-2 hari saja untuk mendengar kaset tersebut.

Tapi memang efek greget seperti itu yang menjadi tujuan film ini, dimana saat kita menonton satu seri dari serial ini, akan semakin penasaran untuk kisah selanjutnya.

6. Para Artis Memerankan Karakter Dengan Baik

Peran Hannah Bakker dimainkan sangat apik oleh Katherine Langford. Karakter Hannah Bakker yang sedang mengalami krisis remaja wanita dimana emosinya sangat labil, merasa kesepian tergambarkan lewat akting Katherine Langford ini. Jangan lupakan juga Clay Jensen yang diperankan Dylan Minnette. Seorang remaja nerd yang jatuh cinta kepada Hannah Bakker dan merasa sangat bersalah dalam bunuh dirinya Hannah Bakker karena dia adalah sosok yang paling dekat dengan Hannah tetapi tidak dapat mencegah Hannah untuk bunuh diri.

7. Para Pendukung Di Balik Layar Yang Tidak Main-Main

Selain Selena Gomez dan Brian Yorkey, ternyata para crew dibalik layar dari serial televisi ini juga tidak main-main. Mereka merekrut beberapa talenta untuk membuat serial ini menjadi keren. Salah satunya adalah Oscar-winning documentarian, Jessica Yu dan arthouse stylist Gregg Araki sehingga membuat film ini menjadi sangat menyentuh padahal diperankan oleh para tokoh yang masih muda

Nah, semoga serial “13 Reasons Why ini” dapat menemani akhir pekanmu dan kamu dapat belajar dari serial ini akan berartinya sebuah keluarga. Masih banyak lagi rekomendasi hiburan minggu ini yang dapat lihat tiap minggunya dan bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post