6 Barang yang Pasti Diperiksa Sebelum Boarding Pesawat
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 6 Barang yang Pasti Diperiksa Sebelum Boarding Pesawat

6 Barang yang Pasti Diperiksa Sebelum Boarding Pesawat

Buat kamu yang hobi traveling pasti sering menggunakan transportasi udara yaitu pesawat terbang. Biasanya kamu akan bergerilya untuk mencari tiket murah agar bisa liburan lebih hemat. Nah biasanya sebelum berangkat jika kamu sudah di bandara akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh petugas bandara. Tujuannya agar kamu semua bisa berpergian dengan aman dan selamat. Pemeriksaan ini biasanya dimulai dari pintu masuk, koper, barang bawaan yang ada di tubuhmu akan diperiksa dengan menggunakan X – Ray. Lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa barang yang diperiksa sebelum kamu menunggu boarding pesawat.

1. Jaket

Saat kamu selesai check in dan akan memasuki ruang tunggu boarding pesawat, pasti kamu langsung diminta untuk melepas jaket, karena ditakutkan kamu menyimpan barang yang dilarang untuk masuk ke dalam pesawat.

2. Ikat Pinggang

Biasanya bagi para pria, melepas ikat pinggang saat akan diperiksa merupakan hal yang sedikit merepotkan. Tetapi maksud dari melepas pinggang ini adalah agar kamu bisa melewati metal detector yang sensitif dengan benda yang terbuat dari logam.

3. Topi

Kalau kamu memakai topi biasanya petugas akan meminta kamu untuk melepasnya. Tujuannya agar wajahmu bisa terekam dengan CCTV sehingga wajah kamu bisa didata dan dikenali.

4. Barang yang Terbuat dari Logam

Jika kamu membawa handphone, jam tangan atau bahkan kunci rumah biasanya petugas akan meminta kamu untuk mengeluarkan barang-barang tersebut dan menaruhnya di dalam sebuah tempat untuk diperiksa ke dalam X-Ray

5. Cairan & Aerosol

Biasanya jika kamu membawa cairan seperti gel rambut, parfum dan sebagainya, dianjurkan untuk disimpan ke dalam koper untuk ditaruh dalam bagasi pesawat. Jika kamu tidak sengaja membawa cairan tersebut pada saat pemeriksaan, biasanya petugas akan meminta cairan tersebut untuk diperiksa atau bahkan disita.

6. Barang Elektronik

Petugas biasanya akan meminta barang elektronik seperti laptop, handphone, tablet untuk dikeluarkan dari tas untuk ditaruh di satu tempat untuk diperiksa di dalam mesin X-Ray.

Keenam barang yang disebutkan di atas sudah diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: SKEP/ 2765/ XII/ 2010 tentang “Tata Cara Pemeriksaan Keamanan Penumpang, Personel Pesawat Udara Dan Barang Bawaan Yang Diangkut Dengan Pesawat Udara Dan Orang Perseorangan” Pasal 23 huruf b .Semoga tips diatas dapat membantu kamu agar tidak menggangu kegiatan traveling. Masih banyak lagi tips-tips yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post