Tips Menghemat Pengeluaran Setelah Lebaran
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Tips Menghemat Pengeluaran Setelah Lebaran

Tips Menghemat Pengeluaran Setelah Lebaran

Hari raya Idul Fitri biasa dimanfaatkan orang-orang untuk berkumpul dan sekaligus bersilaturahmi bersama keluarga di kampung. Di momen ini pula secara tidak sadar kita mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Pengeluaran ini misalnya untuk makan bersama keluarga diluar, memberi ‘angpao’ keponakan hingga transportasi selama mudik.

Konsekuensinya setelah hari raya biasanya kita mulai kebingungan untuk menjalani hidup sebulan ke depan karena uang yang tersisa tinggal sedikit. Nah untuk mengatasi hal ini simak beberapa tips dari Kurio bagaimana menghemat pengeluaran kita setelah lebaran.

1. Biasakan Memilah Pengeluaran

Ketika kamu menerima THR dari kantor yang biasanya berbarengan dengan gaji kamu bulan itu, biasakan kamu membagi uang yang kamu dapat. Pilah mana yang mau kamu pakai pada saat Idul Fitri dan mana yang kamu pakai untuk hidup kamu sehari-hari. Agar lebih mudah kamu buat presentase di setiap pengeluaran kamu, misalkan dari gaji 40% untuk hidup sehari-hari, 50% untuk kebutuhan lebaran, 5% untuk beli baju baru, 5% untuk zakat. Jadi setelah idul fitri kamu tidak kerepotan karena uang sudah habis terpakai saat lebaran.

2. Kurangi kebiasaan nongkrong

Weekend adalah saat yang tepat buat kamu untuk berkumpul dengan teman-teman setelah 5 hari stress bekerja di kantor. Tetapi karena kamu sudah mengeluarkan banyak biaya pada saat lebaran sebaiknya kamu mengurangi kebiasaan nongkrong terlebih dahulu. Biasanya kamu nongkrong 6 kali dalam sebulan sekarang kamu coba hanya 2 kali dulu agar kamu tidak banyak keluar biaya lagi.

3. Pakai Transportasi Umum

Jika biasanya kamu pergi ke kantor menggunakan kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil, untuk sekarang coba kamu pakai transportasi umum. Selain menggunakan kendaraan pribadi lebih mahal karena kamu harus membayar biaya parkir hariannya dan juga isi bensin, dengan menggunakan transportasi umum berarti kamu berperan dalam mengurangi kemacetan.

4. Bawa Makanan Dari Rumah

Jika kamu sedang mengetatkan ikat pinggang agar pengeluaran kamu tetap terjaga, akan lebih baik kalau kamu bawa makanan dari rumah. Kita bisa lebih hemat dibanding kamu makan diluar, dalam hal kebersihan pun lebih terjaga.

5. Cari Kerja Sampingan

Untuk menambah penghasilan selain dari gaji kantor, kamu juga bisa mulai cari kerja sampingan secara freelance. Bisa juga mencoba untuk berjualan online shop, selain tidak mengeluarkan biaya yang banyak dari segi penghasilan pun bisa membantu menambah penghasilan kamu.

6. Jual Barang-Barang Tidak Terpakai

Jika kamu dirumah mempunyai barang-barang yang tidak terpakai tapi masih dalam keadaan bagus, coba kamu jual. Caranya dengan garage sale di rumah kamu atau melalui online. Sekarang banyak e-commerce yang menjual barang-barang bekas, jadi kamu bisa coba buka akun di situs tersebut dan mulai berjualan disana.

Semoga beberapa tips tersebut dapat berguna agar dapat menghemat pengeluaran kamu setelah lebaran. Dengan kamu dapat menghemat pengeluaran setelah lebaran, kamu dapat menjalani hidup dengan lebih tenang tanpa memikirkan pesoalan. Masih banyak lagi tips-tips yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post

  • Leni Xia

    Semoga bermanfaat.. duh kemarin gara2 banyak ponakan jadi abis nih duit THR kemarin 🙁
    Dominoqq