10 Cobaan yang Bisa Bikin Puasa Kamu Batal
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio 10 Cobaan yang Bisa Bikin Puasa Kamu Batal

10 Cobaan yang Bisa Bikin Puasa Kamu Batal

Di bulan puasa ini kita diajarkan untuk tidak hanya menahan haus dan lapar tetapi juga menahan nafsu dan amarah. Biasanya tanpa kita sadari di sekitar kita banyak faktor yang dapat mengganggu kita dalam berpuasa sebulan penuh. Nah, Berikut ini adalah 10 cobaan yang bisa bikin kamu batal puasa. Simak yuk!

1. Bergosip Dengan Teman

Biasanya puasa erat hubungannya dengan berkumpul bersama teman-teman, untuk sekedar berbuka puasa ataupun keperluan yang lainnya. Dan terkadang saat berkumpul kita sering kali terpancing untuk bergosip tentang seseorang yang suka kamu usili atau orang yang tidak kamu suka. Padahal membicarakan keburukan seseorang merupakan perbuatan yang haram dilakukan pada saat bulan puasa lho.. Jadi alangkah lebih baik jika kamu menjaga ucapan pada saat berpuasa.

2. Melihat Teman Kamu Makan & Minum

Saat bulan puasa datang pasti kamu mempunyai teman yang tidak berpuasa, mungkin dikarenakan sedang berhalangan atau beragama lain. Biasanya pada saat makan siang kamu akan berbaur dengan mereka untuk sekedar mengobrol sambil menemani mereka makan. Nah, jika kamu tipe orang yang gampang tergoda untuk ikut makan akan lebih baik kalau kamu tidak ikutan saat mereka makan siang karena hanya akan membuat kamu tergoda untuk membatalkan puasa.

3. Berkata Kasar

Tinggal di Jakarta yang merupakan identik dengan kemacetan pasti secara tidak sadar menimbulkan stress ketika kamu terjebak macet dan membuat kamu jadi gampang emosi. Dan sekalinya tersulut emosi bisa memancing kamu untuk berkata kasar padahal di bulan puasa kamu dianjurkan untuk menahan amarah dan tidak berkata kasar. Jadi sebaiknya kamu jaga kata-kata selama bulan puasa dan jika kamu tidak ingin terjebak dalam kemacetan, lebih baik kamu pulang di jam setelah orang berbuka puasa karena jalanan cenderung sepi setelah orang berbuka puasa.

4. Cuaca yang Panas

Yang berat pada saat bulan berpuasa bukan menahan lapar tapi bagaimana kita dapat menahan dahaga. Apalagi biasanya bulan puasa bertepatan dengan musim panas dengan terik matahari yang menyinari saat siang hari. Kondisi ini tentu saja dapat membuat seseorang mengeluarkan keringat berlebihan dan dapat mengakibatkan dehidrasi sehingga mau tidak mau kamu harus minum untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Untuk menghindari ini terjadi akan lebih baik jika kamu mengurangi melakukan kegiatan di luar kantor untuk menjaga badan kamu tetap fit pada saat berpuasa.

5. Pikiran Kotor

Terkadang kita harus bisa menjaga mata yang dapat menimbulkan nafsu birahi. Biasanya para kaum lelaki saking terpesonanya memandang seseorang bias menimbulkan pikiran yang tidak-tidak. Karena puasa bukan hanya menahan haus dan lapar tetapi juga menahan atau mengendalikan hawa nafsu. Maka hindari berpikiran kotor ya.

6. Komen di Media Sosial

Seiring dengan majunya perkembangan media sosial sekarang ini membuat orang cenderung menghabiskan waktu dengan memainkan media sosial. Padahal terkadang banyak posting-posting dalam media sosial yang dapat memancing kita untuk berkomentar buruk. Jadi lebih baik di bulan puasa ini kamu mulai mengurangi berselancar di media sosial.

7. Bullying

Maraknya kasus bullying masih terjadi hingga saat ini terkadang meresahkan. Banyak orang yang melakukan bullying hanya karena ikut-ikut padahal sebenarnya mereka tidak mengerti siapa yang mereka bully. Oleh karena itu lebih baik kamu memperbanyak kegiatan positif.

8. Menghambur-hamburkan Uang

Lebaran identik dengan THR bagi para pegawai kantor dan biasanya orang yang mendapatkan THR cenderung menghaburkan uang untuk membeli barang-barang mahal. Padahal maksud dan tujuan pemberian THR oleh kantor kepada pegawainya, selain bentuk apresiasi kantor terhadap para pegawainya, karena perusahaan berkeinginan pegawainya dapat merayakan lebaran dengan keluarganya. Jadi lebih baik jika kamu tabung THR kamu tabung dan menyumbang sebagian untuk orang-orang yang membutuhkan.

9. Merokok

Pada saat menjalankan ibadah puasa kamu yang mempunyai kebiasaan merokok juga dianjurkan untuk tidak merokok pada saat berpuasa. Dan biasanya bagi kamu yang merokok lebih mudah tergoda untuk membatalkan puasa kamu ketika melihat teman kamu sedang merokok, jadi akan lebih baik jika kamu menjauhi ajakan untuk menemani teman kamu merokok terlebih dahulu selama bulan puasa.

10. Ajakan Teman Untuk Berbuka

Biasanya banyak dari kita yang memiliki teman yang jahil karena sering menggoda kamu untuk membatalkan puasa walaupun dengan maksud bercanda. Lebih baik kamu alihkan pembicaraannya saat teman kamu menggoda untuk membatalkan puasa agar dia tidak terus menjahili kamu untuk membatalkan puasa.

Semoga beberapa contoh sederhana tersebut dapat membantu kamu menjalani ibadah puasa . Dengan kamu mengetahui contoh-contoh tersebut semoga dapat mencegah kamu untuk membatalkan puasa. Masih banyak lagi tips-tips yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post