Tips Rumah Aman Saat Mudik Lebaran
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Tips Rumah Aman Saat Mudik Lebaran

Tips Rumah Aman Saat Mudik Lebaran

Lebaran merupakan hari yang dinantikan umat muslim untuk merayakan kemenangan setelah sebulan berpuasa. Momen ini biasanya dimanfaatkan untuk pulang kampung bertemu dengan sanak saudara dan saling bersilaturahmi. Kondisi ini mengakibatkan rumah kamu kosong sementara waktu. Berikut tips bagaimana menjaga rumah tetap aman saat ditinggal mudik.

1. Nyalakan Lampu Taman

Biasanya kita bisa mengetahui apakah suatu rumah itu kosong atau tidak dari lampu rumah. Lampu rumah yang tidak menyala dan gelap dalam waktu lama bisa menjadi tanda rumah tersebut sedang tidak ada penghuninya dan membuat pencuri tertarik untuk menyatroni rumah tersebut. Jadi untuk berjaga-jaga, lebih baik nyalakan lampu taman untuk menimbulkan kesan ada orang di rumah, sehingga pencuri akan berpikir dua kali untuk melakukan aksinya.

2. Pasang CCTV

Untuk lebih menjaga keamanan rumah, kamu bisa memasang CCTV agar bisa memantau keadaan rumah meskipun sedang berada di luar kota. Saat ini, ada banyak ragam CCTV yang bisa terkoneksi langsung dengan handphone kamu melalui aplikasi. Bahkan smartphone kamu yang sudah tidak terpakai dapat kamu jadikan CCTV dengan cara ini. Usahakan kamu memasang CCTV kamu di tempat yang dapat menjangkau seluruh bagian dari rumah. Selain itu, biasanya CCTV juga dipasang di halaman depan rumah sehingga kamu dapat memantau siapa saja yang lewat di depan rumah.

3. Taruh Kendaraan Di Dalam Rumah

Jika kamu terbiasa memarkir kendaraan kamu di luar rumah, saat mudik buatlah pengecualian dan pastikan kamu memarkir kendaraan kamu di dalam rumah. Kendaraan yang terparkir di luar pagar rumah akan membuat pencuri terpancing untuk mencurinya.

4. Matikan Semua Barang Elektronik Dalam Rumah

Pastikan kamu sudah mematikan semua benda elektronik di dalam rumah. Biasanya barang-barang elektronik dalam rumah seperti kulkas, rice cooker, dispenser, televisi hampir 24 jam dalam keadaan menyala jika kamu berada di rumah sehingga pastikan semua barang tersebut dalam keadaan mati. Cabut semua colokan sehingga mencegah timbul korselet listrik yang dapat mengakibatkan kebakaran dalam rumah.

5. Masukkan Semua Barang Berharga Di Tempat Yang Aman

Kalau kamu mempunyai barang berharga yang kamu tinggal di rumah, pastikan kamu menaruhnya di tempat yang aman dan hanya kamu yang mempunyai kuncinya. Akan lebih bagus jika kamu mempunyai brankas di dalam rumah sehingga lebih aman menaruh di dalam brankas tersebut.

6. Pastikan Semua Terkunci

Sebelum kamu pergi mudik, ada baiknya kamu memeriksa kembali keadaan rumah apakah semuanya sudah terkunci dengan baik. Periksa juga ventilasi dalam rumah apakah sudah tertutup sehingga dapat mencegah orang lain masuk ke dalam rumah, lalu periksa kondisi gembok pintu dan pagar rumah apakah masih bagus atau tidak sehingga dapat menjamin pintu dan pagar terkunci dengan benar.

7. Kordinasi Dengan Keamanan Sekitar Rumah

Untuk kamu yang tinggal dalam perumahan, bisa juga berkoordinasi dengan petugas keamanan perumahan agar saat mereka berkeliling mengecek keamanan perumahan, rumah kamu dapat lebih sering diawasi karena dalam keadaan tidak ada penghuni.

Semoga beberapa tips sederhana tersebut dapat berguna disaat kamu mudik . Dengan meninggalkan rumah dalam keadaan aman, kamu dapat bersilaturahmi dengan sanak saudara dengan lebih nyaman tanpa merasa was-was akan kondisi rumah. Masih banyak lagi tips-tips yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post