Berolahraga Saat Puasa? Cek Fakta dan Tips Berikut Ini!
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Berolahraga Saat Puasa? Cek Fakta dan Tips Berikut Ini!

Berolahraga Saat Puasa? Cek Fakta dan Tips Berikut Ini!

Apakah kamu termasuk orang yang suka berolahraga saat puasa? cek fakta dan tips berikut ini yuk!

Bulan puasa cenderung membuat kita mengurangi kegiatan beraktivitas, terutama kegiatan berolahraga. Saat berpuasa, tubuh kita harus menahan haus dan lapar sehingga membuat kita tidak memiliki tenaga yang cukup untuk banyak beraktivitas.

Namun apakah betul puasa membuat kita tidak bisa berolahraga? Sebetulnya tidak ada jawaban boleh maupun tidak, namun semuanya tergantung pada diri kita masing-masing.

Nah, kita coba cek yuk beberapa fakta dan tips yang bisa kamu pahami supaya kamu tidak lagi galau apakah harus berolahraga atau tidak selama bulan puasa.

Sesuaikan Kondisi Tubuh

Yup, keputusan untuk berolahraga atau tidak semua tergantung pada kondisi tubuhmu saat itu, apakah sedang fit atau tidak. Lalu bagaimana cara kita mengetahui tubuh kita sedang fit atau tidak? Menurut Dr Joseph Mercola, seorang aktivis Kesehatan yang populer menyebutkan bahwa bisa dilihat dari ketika kamu bangun dipagi hari, tentunya setelah kamu sahur ya. Jika saat bangun tubuh kamu terasa fresh dan penuh tenaga, kamu bisa langsung melanjutkan untuk berolahraga ringan maksimal 30 menit saja.

Mengapa berolahraga ringan? Ketika kamu puasa, sangat dianjurkan untuk tidak berolahraga secara berlebihan karena akan cepat menguras tenaga dan membuatmu lemas sepanjang hari. Dr Mercola juga menyebutkan bahwa berolahraga ringan saat berpuasa dapat membantu kelancaran sistem peredaran darah dan pencernaan.

Baca juga: Menu Tepat Untuk Sahur dan Buka Puasa

Kapan Saat yang Tepat untuk Berolahraga?

Jika kamu ingin berolahraga saat puasa, bisa kamu sesuaikan dengan jadwal harian kamu. Namun menurut Sally al Awar, seorang praktisi diet dari Abu Dhabi menganjurkan untuk melakukan olahraga ringan sebelum mahgrib seperti berjalan kaki dan kemudian dilanjutkan dengan olahraga yang cukup berat seperti latihan cardio setelah berbuka puasa.

Jenis Olahraga yang Cocok Saat Berpuasa

Saat menjalankan puasa, tidak semua jenis olahraga bisa kamu lakukan terutama berolahraga berat. Jenis olahraga ringan yang dianjurkan saat berpuasa adalah jenis yang bisa membantu melancarkan peredaran darah dan pernafasan hingga  meningkatkan stamina, seperti berjalan kaki atau joging ringan, bersepeda.

Ada pula jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan saat puasa guna membuat tubuh tetap fleksibel dan terbentuk, seperti body streching dan bermain core sit-up dan push up di matras hingga yoga. Jangan lupa juga untuk meminum banyak air mineral baik sebelum sahur maupun sesudah mahgrib, agar staminamu tetap terjaga ya.

Jadi berolahraga saat berpuasa tidak menjadi halangan lagi dong biar tubuh tetap fit walau kamu sedang berpuasa? Tapi pastikan dulu ya hal-hal diatas sudah kamu pahami terlebih dahulu. Yuk, kita cek lagi informasi-informasi berguna seputar puasa di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post