Tips Puasa Anti Lemas
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Tips Puasa Anti Lemas

Tips Puasa Anti Lemas

Menyambut bulan puasa yang tidak lama lagi, tidak ada salahnya mengintip beberapa tips puasa anti lemas agar puasa kita bisa menjadi maksimal. Bulan puasa cenderung membuat tubuh kita menjadi lemas dikarenakan tubuh kita yang sudah terbiasa menerima asupan energi dari makanan tiga kali sehari. Sedangkan pada saat bulan puasa, kita hanya dapat mendapatkan asupan pada saat maghrib hingga imsak. Apalagi padatnya kegiatan sehari-hari kita dari pagi hingga sore hari membuat tubuh kita menjadi lemas dan tidak fit.

Oleh karena itu, agar tubuh kita tetap fit berikut beberapa tips puasa anti lemas yang dapat kamu ikuti supaya tetap memliki tubuh yang bugar saat menjalankan ibadah puasa.

1.Hindari Konsumsi Gula Berlebihan

Menurut riset dari UCLA University, mengkonsumsi gula berlebihan dapat memberikan beberapa faktor yang tidak baik saat kamu berpuasa seperti; menyebabkan kelelahan berlebihan, berkurangnya motivasi untuk bekerja, menurunnya kinerja saat bekerja, serta meningkatnya resiko terkena diabetes. Sangat dianjurkan pada saat berbuka puasa untuk mengkonsumsi makanan manis yang tergolong sehat seperti kismis, kurma ataupun coklat jenis dark chocolate.

2. Hindari Makanan Junk Food

Menurut hasil studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical pada tahun 2011, manusia yang sudah terbiasa hidup sehat kemudian memakan junk food selama lima hari berturut-turut dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi, menurunnya kecepatan dalam bekerja dan membuat mood menjadi tidak baik. Melihat hal tersebut mungkin sebaiknya kita bisa mengganti junk food dengan makanan yang lebih sehat seperti sayur-sayuran dan juga buah-buahan.

Baca juga: Menu Tepat Untuk Sahur dan Buka Puasa

3. Minum Air Putih yang Cukup

Sebuah penelitian dari University of Illinois mengatakan dengan meningkatkan jumlah konsumsi air putih sebanyak 1% dapat memberikan beberapa dampak yang baik bagi tubuh seperti; berkurangnya jumlah kalori, gula dan kolesterol yang ada dalam tubuh kita. Oleh karena itu pastikan kita mengkonsumsi air mineral yang cukup pada saat sahur maupun saat berbuka puasa.

4. Istirahat yang Cukup

Waktu istirahat kita saat bulan puasa pasti berkurang dikarenakan harus melaksanakan kegiatan sahur. Menurut Harvard Medical School, berkurangnya waktu istirahat dapat menyebabkan obesitas, kemungkinan terkena diabetes, menurunnya sistem kekebalan tubuh hingga meningkatnya nafsu makan. Oleh karena itu biasakan untuk istirahat yang cukup saat bulan puasa.

5. Mengkonsumsi Madu dan Kurma

Sejak dahulu, madu dan kurma sudah terpercaya khasiatnya sebagai suplemen alami untuk tubuh. Terlebih pada saat bulan puasa seperti ini, banyak yang menganjurkan untuk mengkonsumsi kedua makanan ini. Madu sendiri berkhasiat sebagai makanan yang dapat memberikan stamina serta meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit. Sedangkan kurma berkhasiat untuk mengurangi tekananan darah tinggi, mengurangi tingkat risiko stroke, membantu melindungi dari penyakit kanker paru-paru dan rongga mulut.

Semoga beberapa tips sederhana tersebut dapat kamu terapkan saat kamu berpuasa nanti ya. Dengan badan yang fit, semoga puasa kamu jadi lebih bermanfaat dan juga metabolisme tubuh kita tetap terjaga. Masih banyak lagi tips-tips yang bisa kamu ikuti dari beragam sumber terpercaya di aplikasi Kurio.

Di Kurio, tersedia banyak informasi terbaru dan terpercaya dari berbagai sumber yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Lewat kurasi manual tim kurator yang dipadu dengan mesin yang terus disempurnakan, Kurio menjamin jika semua informasi yang didapatkan di Kurio adalah informasi yang terpercaya dan jauh dari unsur pornografi. JIka kamu belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download Kurio di sini sekarang, gratis!

Related Post