Mengapa Begitu Sulit Mengartikan 'Clickbait'?
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Stories Mengapa Begitu Sulit Mengartikan ‘Clickbait’?

Mengapa Begitu Sulit Mengartikan ‘Clickbait’?

aplikasi baca berita

“Mendefinisikan clickbait sama sulitnya dengan mendefinisikan pornografi. Anda baru bisa memutuskan saat melihatnya langsung.” Demikian kata Ricardo Bilton, seorang wartawan Amerika. “Jika Anda bertanya kepada sepuluh orang tentang bagaimana mengartikan Clickbait, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan sepuluh jawaban yang berbeda,” tambahnya.

Belum ada kata sepakat untuk menentukan apakah sebuah judul berita masuk ke dalam kategori clickbait atau bukan. Barangkali sama rumitnya dengan mencari padanan kata clickbait dalam Bahasa Indonesia. Masih terdapat silang pendapat hingga kini, dan entah hingga kapan.

Fenomena clickbait memang marak kita jumpai akhir-akhir ini. Judul-judul berita atau artikel yang begitu bombastis berseliweran di internet, dan kadang sulit bagi kita menahan diri untuk tidak tergoda. Namun benarkah clickbait baru muncul pada era internet belakangan ini?

Konon, fenomena serupa clickbait telah lazim digunakan di media eletronik sejak iklan televisi diperkenalkan.

Dahulu, para penyiar acara gosip di stasiun televisi Amerika akan berkata, “Pemirsa, apa yang akan Anda lihat sesaat lagi sungguh di luar nalar manusia normal.” Hening sejenak, “penasaran? Jangan ke mana-mana, kami segera kembali!” Disusul dengan tampilnya sederet iklan. Maka penonton yang termakan rayuan sang pembawa acara akan rela menyaksikan iklan demi iklan untuk menunggu hal “di luar nalar” yang dijanjikan.

Dalam kasus televisi di atas tujuannya jelas, agar penonton bertahan di stasiun televisi tersebut dan melahap semua tayangan iklan. Hal yang diidam-idamkan semua pemasang iklan. Namun ketika sang pembawa acara kembali tanpa menghadirkan hal “di luar nalar” yang telah dijanjikan, apakah penonton kecewa? Bisa jadi. Tapi kekecewaan penonton bukan lagi hal penting bagi pemilik stasiun televisi, terlebih bagi pemasang iklan.

Mari kembali pada fenomena clickbait di internet. Ilustrasi di atas barangkali cukup membuat Anda mengerti tentang mengapa ada judul artikel yang sengaja dibuat bombastis, mengandung frasa menyentak, seperti “Heboh!”, “Terkuak!”, “Menggemparkan!”, atau “Enggak nyangka!”. Pembaca akan terpancing untuk melakukan klik, yang berarti menambah jumlah kunjungan di laman web, yang berarti pula semakin banyak pasang mata yang menyaksikan iklan yang menyertai. Berakhir dengan pundi-pundi rupiah yang semakin menumpuk.

Anda bisa saja kecewa bahkan marah ketika mendapati konten atau berita sama sekali tak berkorelasi dengan judul yang memancing. Tapi sekali lagi, pemilik konten tak akan ambil pusing. Klik tetaplah klik, iklan yang Anda saksikan tak pernah membedakan antara pengunjung yang puas dengan yang mencak-mencak. Nilainya akan sama saja. Jika Anda kemudian bersumpah untuk tidak akan kembali lagi pun, tak menjadi soal. Akan ada jutaan orang lain yang bakal tertipu di kemudian hari, sama dengan Anda.

Bagaimana cara kita menghindari rayuan judul clickbait?

Salah satu cara jitu adalah dengan mengonsumsi berita atau artikel dari platform yang terpercaya dan kredibel, seperti Kurio. Sebab di aplikasi Kurio Anda akan mendapatkan pengalaman memilih judul artikel yang “waras”, dihadirkan langsung dari media yang bertanggung jawab, serta tampilan antarmuka yang nyaman memudahkan Anda menikmati bacaan hingga kalimat terakhir.

Hal tersebut tentu saja tidak datang dengan sendirinya. Kurio menghadirkan pengalaman terbaik dalam konsumsi berita berkat perpaduan yang serasi antara sistem pemilihan konten oleh algoritme mesin dan kurasi manual oleh tim kurator yang handal dan berpengalaman. Dengan menggunakan aplikasi baca berita Kurio, Anda tak perlu terlibat dalam perdebatan mengenai apa arti kata clickbait, sebab Anda akan terhindar darinya.

Pastikan aplikasi Kurio hadir di ponsel Anda sekarang juga. Kurio bisa Anda peroleh secara gratis di Google Play Store atau Apple App Store. Install Kurio sekarang juga dan jadilah insan yang #SelaluLebihTahu.

aplikasi baca berita

Related Post