Melek Digital, Apakah Kamu Salah Satunya?
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Stories Melek Digital, Apakah Kamu Salah Satunya?

Melek Digital, Apakah Kamu Salah Satunya?

aplikasi baca berita

Melek menggunakan internet atau melek dunia digital bukan sekadar update dengan perkembangan teknologi digital atau selalu eksis di media sosial. Tapi, bagaimana kamu bisa dengan bijak memanfaatkan fungsi dari internet dan media sosial.

Ibarat dua mata pisau yang berbeda, jika digunakan dengan baik dan bijak, internet dan media sosial dapat memberikan manfaat yang besar bagi penggunanya. Namun, jika digunakan untuk hal yang buruk, efek yang ditimbulkannya pun akan lebih besar.

Untuk mulai mengedukasi pengguna internet di Indonesia, pemerintah lewat Kemeninfo (Kementrian Komunikasi dan Informatika) sedang berusaha untuk mengedukasi masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan internet dan media sosial lewat literasi digital.

Literasi digital berarti kegiatan edukasi kepada masyarakat sebagai pengguna internet dan penegak hukum mengenai internet dan dampak-dampak yang bisa ditimbulkan saat pengguna melakukan transaksi elektronik.

Saat ini, belum banyak orang yang belum paham pentingnya bijak menggunakan internet dan media sosial. Beberapa kasus yang terjadi belakangan ini, bisa menjadi bukti bahwa, ceroboh dalam menggunakan media sosial memiliki dampak buruk yang besar. Ambil contoh status Facebook oleh Eko Prasetia baru-baru ini. Eko mengunggah foto sejumlah pewarta foto yang tengah duduk di trotoar kala meliput sidang kasus dugaan penodaan agama Ahok dengan status yang memfitah. Dalam waktu yang singkat, postingan ini dibagikan ribuan kali oleh orang lain.

Kasus lainnya adalah dua orang yang dijerat oleh UU ITE oleh Polda Metro Jaya karena dianggap menyebarkan status yang berunsur SARA di media sosial soal kasus dugaan makar, Desember lalu. Contoh kasus diatas merupakan satu dari banyak kejadian bagaimana banyak orang yang masih lalai dan bijak dalam menggunakan internet.

“Sekali ditulis (status, tweet, atau konten lainnya), bisa saja ada seseorang yang meng-capture konten (tersebut). Sementara, proses untuk men-deposting itu tidak mudah. Makanya perlu literasi digital,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemeninfo, Semuel Abrijani Pangerapan seperti yang dikutip dari liputan6.com.

Persebaran informasi yang massif dan cepat lewat media sosial dan internet, membuat pesan yang ingin disampaikan irreversible. Meski sudah dihapus atau dihilangkan, namun efeknya tidak dapat terelakkan.

Menghadapi perkembangan teknologi dan media yang pesat perlu juga dibarengi dengan kemampuan para penggunanya untuk mulai bijak menggunakan internet.

Hal paling sederhana yang bisa dilakukan untuk menjadi pribadi yang melek digital adalah dengan mencari informasi, pengetahuan, serta ilmu yang bermanfaat dan terpercaya. Kurio, sebuah aplikasi baca berita selalu berusaha untuk menjadi sumber informasi para penggunanya untuk tetap update. Baik itu mengenai informasi terbaru hingga informasi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan para pembacanya.

Pastikan aplikasi Kurio hadir di ponsel Anda sekarang juga. Kurio bisa diperoleh secara gratis di Google Play Store atau Apple App Store. Install Kurio sekarang juga dan jadilah pengguna internet yang bijak.

aplikasi baca berita

Related Post