Sudahkah Kita Membaca dan Menyebarkan Informasi yang Benar?
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Stories Sudahkah Kita Membaca dan Menyebarkan Informasi yang Benar?

Sudahkah Kita Membaca dan Menyebarkan Informasi yang Benar?

aplikasi baca berita

Internet setiap hari memberikan kita banyak sekali berita-berita yang belum kita ketahui dan tanpa kita sadari, kita sering sekali melupakan bahwa kita harus menyaring apa pun berita-berita yang kita dapatkan dari internet. Mendapatkan asupan informasi yang begitu banyak, penting bagi kita untuk bisa memilah berita-berita tersebut supaya kita tidak terjebak menyebarkan berita palsu atau yang biasa kita sebut Hoax kepada orang lain.

Semakin mudahnya akses internet dan kemajuan teknologi juga menjadi faktor mudahnya kita mendapatkan berbagai berita yang ada di internet. Beragam berita yang ada terdapat berita positif hingga berita yang tidak terbukti kebenarannya, oleh karena itu kita perlu secara pintar menyaring berita-berita yang kita baca terlebih dahulu baru kita sebarkan.

Berikut ada beberapa langkah yang bisa kamu terapkan agar kamu tidak mudah terprovokasi dengan berlimpahnya informasi yang kamu dapatkan:

1.Cek beberapa sumber

Google kini sudah menjadi wadah bagi kita semua untuk memudahkan segala pekerjaan kita, jadi tidak ada salahnya kita memanfaatkan google untuk membantu kita mencari kebenaran dari sebuah berita yang kita dapatkan. Cukup dengan mencari beberapa sumber seputar berita yang kita dapatkan, baca dan bandingan kebenaran dari berita tersebut.

Jangan pernah terpacu hanya pada sumber yang kita baca, lalu kita dengan cepat menyebarkan berita tersebut melalui beragam chanel yang kita punyai. Semakin banyak sumber yang kita baca, semakin pintar juga kamu bisa membedakan berita yang benar dan berita hoax.

2. Kenali situs palsu

Perkembangan teknologi yang semakin maju sekarang ini membuat banyak sekali situs-situs baru yang tidak dikenali bermunculan, oleh karena itu kita harus secara pintar bisa menyingkirkan beberapa situs yang palsu tersebut.

Lalu bagaimana kita bisa mengetahui bahwa situs tersebut palsu? Caranya, kamu harus mencari tahu sejarah, profil, hingga kamu googling terlebih dahulu situs tersebut, temukan bukti yang menguatkan bahwa situs tersebut memang mempunyai tujuan hanya untuk memberitakan berita yang positif dan netral serta mengikuti kode etik pers.

3. Berhenti membaca dari situs palsu

Setelah kita bisa mengenali situs-situs palsu yang selalu memberitakan berita palsu, langkah selanjutnya adalah kita perlu untuk berhenti membaca dari situs tersebut. Bagaimana caranya? Simpel, jika kamu pernah menemukan sebuah berita dari situs yang tidak dikenali, jangan pernah kamu membagikan berita tersebut ke orang-orang yang kamu kenal sehingga situs tersebut tidak menjadi go viral.

4. Sebarkan informasi yang benar

Perlu diingat bahwa menyebarkan suatu berita atau informasi apa pun sama saja dengan kamu sedang membangun pencitraan kamu. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu menjadi lebih mawas diri dalam memilih berita yang ingin kamu sebarkan. Kamu harus lebih pintar untuk memilih berita mana yang menurut kamu penting dan mana yang tidak penting untuk disebarkan ke orang-orang yang kamu kenal.

Mulai sekarang kita harus bisa bersikap kritis terhadap berita atau informasi apa pun yang kita terima, kita harus mempunyai rasa skeptis atau rasa ingin tahu. Pengendalian penyebaran berita tidaklah mudah bahkan bisa membahayakan jika berita tersebut adalah hoax, bahkan kamu bisa dikenakan pasal UU ITE jika menyebarkan berita yang tidak terbukti kebenarannya.

Perbanyak kegiatan membaca kamu, bahkan perbesar juga rasa ingin tahu kamu agar kamu bisa dengan mudahnya bisa membedakan mana berita asli dan berita hoax. Sekarang ini cara untuk memenuhi rasa ingin tahumu melalui membaca sudah semakin mudah, karena sudah ada aplikasi yang memudahkanmu seperti Kurio.

Beragam sumber terpercaya dalam topik yang kamu minati dan sudah terkurasi bisa kamu baca hanya dalam satu aplikasi, sehingga kamu bisa dengan mudahnya mendapatkan informasi dan kamu bisa dengan cepat membedakannya sebelum menyebarkannya. Jadi, seiring berkembangnya teknologi, kamu juga harus menjadi pribadi yang pintar juga dalam pemanfaatannya terutama dalam menyebarkan suatu informasi.

Pastikan aplikasi baca berita Kurio hadir di ponsel Anda sekarang juga. Kurio bisa diperoleh secara gratis di Google Play Store atau Apple App Store. Install Kurio sekarang juga. #BacaYangBenar #SebarYangBenar

Related Post