Trik Untuk Menjaga Smartphone Tidak Cepat Rusak
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Trik Untuk Menjaga Smartphone Tidak Cepat Rusak

Trik Untuk Menjaga Smartphone Tidak Cepat Rusak

blogpost-20161118-article01-01Memiliki banyak fitur canggih, rangka bodi yang kuat banting, bukan jaminan jika smartphone kamu tidak akan cepat rusak. Sekuat apapun smartphone yang kamu miliki, tetap harus ada beberapa hal yang kamu lakukan untuk menjaga performa dan ketahanan smartphone kamu.

Meski saat ini telah bayak smartphone yang selain memiliki fitur canggih, mereka pun memiliki daya tahan yang kuat. Namun bukan berarti kamu bisa menggunakan smartphone tersebut seenaknya. Secanggih apapun smartphone yang kamu miliki, jika tidak hati-hati masalah seperti batre cepat habis, aplikasi sulit dibuka, atau suhu smartphone cepat panas pasti akan terjadi.

Ingin smartphone awet? Sebaiknya hindari beberapa hal ini:

Menggunakan Smartphone Ketika Sedang Mengisi Baterai

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para pengguna smartphone adalah tetap menggunakan smartphone mereka ketika sedang mengisi baterai. Jika hal ini sering dilakukan dalam jangka waktu yang lama, maka akan sangat mungkin jika baterai smartphone yang kamu miliki akan cepat rusak.

Dalam keadaan mengisi, suhu smartphone lebih panas dari biasanya dan penggunaan smartphone aktif ketika sedang mengisi baterai akan membuat suhu lebih panas lagi dan cepat rusak.

Membuka Banyak Aplikasi Sekaligus

Kebanyakan aplikasi yang tersedia di smartphone sudah dirancang sedemikian rupa agar tidak membuat smartphone kamu bekerja dengan berat. Namum apabila tidak digunakan secara bersamaan bisa mengakibatkan smartphone menjadi lelet atau lambat. Sebaiknya, biasakan untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan agar tidak membuat smartphone bekerja dengan berat.

blogpost-20161001-banner01

Baca juga: Bahaya Bermain Ponsel Saat Buang Air Besar

Irit Kuota Smartphone, Ini Rahasianya!

Tanda-Tanda Kecanduan Smartphone. Apakah Kamu Salah Satunya?

Tidak Mematikan Fitur Bluetooth atau WiFi

Koneksi WiFi atau Bluetooth sebaiknya hanya dinyalakan atau ketika dibutuhkan saja. Jika tidak berada dalam jangkauan, kedua fitur ini akan aktif mencari koneksi yang tersedia, otomatis hal ini akan menambah beban kerja smartphone. Dalam jangka panjang, apabila hal ini dibiarkan terus dapat memengaruhi kemampuan kedua fitur ini.

Tidak Pernah Mematikan Koneksi

Meskipun dirancang untuk dapat terus aktif 24 jam, namun sama seperti gadget atau barang elektronik lainnya, smartphone memiliki batas usia dan kemampuan. Agar kinerja perangkat smartphone tetap optimal dan tahan lama, ada baiknya jika secara berkala mematikan smartphone apabila sedang tidak digunakan. Menggunakan sleep mode ketika sedang tidur adalah hal yang bisa kamu lakukan juga.

Membiarkan Smartphone Kotor

Selain memerhatikan beberapa hal di atas, hal utama yang perlu diperhatikan adalah kebersihan smartphone. Debu yang lama menempel memiliki efek yang buruk pada smartphone dalam jangka waktu yang lama. Debu dan kotoran nano dapat menempel pada komponen smartphone di dalam dan menyebabkan kinerja smartphone terganggu. Hal ini jika tidak diperhatikan dapat membuat umur smartphone menjadi lebih pendek.

Baca juga: Selalu Lelah? Mungkin Ini Masalahnya!

Ingin Terus Sehat? Pantau Terus Bagian Tubuh Ini!

Mendengkur? Hilangkan Dengan Cara Ini

blogpost-20161001-banner02

Related Post