Tanda-Tanda Kecanduan Smartphone. Apakah Kamu Salah Satunya?
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Tanda-Tanda Kecanduan Smartphone. Apakah Kamu Salah Satunya?

Tanda-Tanda Kecanduan Smartphone. Apakah Kamu Salah Satunya?

blogpost-20161028-002-article

Kehadiran smartphone memang banyak membawa kemudahan dan hal positif bagi manusia. Selain memudahkan kita untuk berkomunikasi, mencari informasi dan menambah pengetahuan pun bisa dilakukan dengan mudah, cepat, lengkap, dan praktis.

Namun, bukan berarti smartphone tidak membwa hal yang buruk bagi manusia. Intensitas penggunaan yang tinggi memiliki dampak buruk bagi manusia. Isitlah ini bisa disebut sebagai kecanduan smartphone. Lebih sering menghabiskan waktu di smartphone dibandingkan mengobrol tatap muka atau keluar bertemu orang adalah salah satu tanda jika seseorang mulai kecanduan smartphone. Kira-kira apa lagi tandanya? Dan apakah kamu salah satunya? Simak ciri-ciri orang yang mulai kecanduan dengan smartphone kamu di bawah ini!

Pemakaian Berlebih

Menurut sebuah survey, rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu lebih dari tiga jam sehari dalam menggunakan smartphone. Angka ini menunjukkan jika intensitas waktu yang dihabiskan dalam menggunakan smartphone cukup tinggi dalam waktu sehari. Berkomunikasi, media sosial, atau mencari informasi yang bisa dilakukan dalam smartphone, memang kegiatan yang paling sering dilakukan, namun sebaiknya kamu kurangi intensitas penggunaannya.

Kehilangan Fokus

Jika kamu merasa sering kehilangan fokus karena smartphone, bisa jadi kamu sudah kecanduan smartphone. Tidak fokus ketika mengerjakan sesuatu atau mengobrol dengan orang lain karena ada balasan obrolan dalam smartphone atau notifikasi di smartphone seringkali terjadi pada orang. Bisa jadi kamu berhenti membaca artikel ini ketika ada notifikasi masuk.

blogpost-20161021-03

Baca juga: Mendengkur? Hilangkan Dengan Cara Ini

Masih Muda Sudah Beruban? Ini Cara Alami Untuk Mengatasinya

Makanan dan Minuman Yang Sebaiknya Dihindari di Malam Hari

Gelisah

Pernahkah kamu merasa gelisah ketika tidak ada sinyal atau baterai smartphone kamu hampir habis? Tanda-tanda ini salah satu tanda kamu kecanduan dengan smartphone kamu. Tidak bisa kehilangan koneksi dengan teman-teman, atau takut ketinggalan informasi yang penting (fear of missing out) adalah ciri orang yang sudah tidak bisa lepas dari smartphonenya.

Phantom Vibration Syndrome

Phantom Vibration Syndrome merupakan sebuah fenomena yang seringkali dirasakan oleh banyak orang yang menggunakan smatphone. Phantom Vibration Syndrome ini merupakan sindrom saat kamu merasa jika smartphone kamu bergetar atau berbunyi padahal tidak. Biasanya syndrome ini muncul ketika smartphone yang kamu miliki tidak berada di dalam genggaman tangan. Seperti di saku celana, dalam tas, atau di atas meja. Syndrome ini muncul pada diri seseorang karena ketergantungan dirinya dengan gadget yang ia miliki.

Baca juga: Bahaya Bermain Ponsel Saat Buang Air Besar

Irit Kuota Smartphone, Ini Rahasianya!

Cara Cuci Celana Jeans Yang Benar!

blogpost-20161021-02

Related Post