Ingin Terus Sehat? Pantau Terus Bagian Tubuh Ini!
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Ingin Terus Sehat? Pantau Terus Bagian Tubuh Ini!

Ingin Terus Sehat? Pantau Terus Bagian Tubuh Ini!

blogpost-20161028-001-article

Tubuh yang sehat adalah ketika semua organ tubuh berjalan dan berkerja dengan normal. Namun, saat ini masih banyak orang yang beranggapan jika dirinya tidak sakit atau tidak merasakan hal yang aneh dalam tubuhnya berarti ia sehat.

Banyak gangguan dalam tubuh yang tidak memiliki efek langsung pada tubuh. Misal, tidak mengontrol konsumsi makana sehari-hari bisa mengakibatkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, terlalu banyak mengonsumsi gula mampu menyebabkan diabet di kemudian hari.

Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebelum jatuh sakit, sebaiknya kamu peiksakan badan secara rutin agar bisa menjaga tubuh tetap bugar dan panjang umur. Selain harus menjaga pola makan, tidur, dan rutin berolahraga, salah satu cara yang kamu harus lakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan rutin memeriksakan beberapa anggota badan yang rawan terkena penyakit dan memiliki peran vital dalam tubuh. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini!

Body Max Index (BMI)

Body Max Index (BMI) merupakan cara untuk mengukur kadar lemak di dalam tubuh. Rumus sederhana untuk menghitung BMI adalah dengan membagi berat badan (kg) dengan tinggi badan (m). BMI = kg/m2. Angka yang normal bagi manusia yang berusia 18-65 tahun berada di kisaran 18.5 sampai 24.9. Jika melebihi batas normal dapat dikatakan jika kandungan lemak di tubuh kamu terlalu banyak.

Selain untuk mengukur kadar lemak dalam tubuh, BMI juga dapat dipakai untuk mencegah timbulnya penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, penyempitan pembuluh darah, stroke, beberapa penyakit kanker, hingga diabetes. Sebaiknya secara rutin untuk terus memeriksa dan mengontrol BMI secara rutin dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga.

Baca juga: Mendengkur? Hilangkan Dengan Cara Ini

Masih Muda Sudah Beruban? Ini Cara Alami Untuk Mengatasinya

Makanan dan Minuman Yang Sebaiknya Dihindari di Malam Hari

Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa berakibat fatal bagi tubuh. Serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal merupakan penyakit yang paling sering muncul jika kamu gagal mengontrol tekanan darah kamu. Selain konsumsi makanan yang kurang dikontrol, tingkat stress dalam kegiatan kamu sehari-hari pun memiliki peran yang penting dalam mengatur tekanan darah di dalam tubuh. Memeriksa tekanan darah sebaiknya dilakukan minimal setahun sekali.

Kadar Kolesterol

Banyak orang yang masih belum menyadari pentingnya menjaga kadar kolesterol di dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyebab utama serangan jantung. Kebanyakan orang memiliki kadar kolesterol yang tinggi karena tidak bisa mengatur pola hidupnya. Mulai dari makanan, istirahat, hingga kurang olahraga. Sebaiknya periksakan kadar kolesterol di dalam tubuh kamu secara rutin minimal setahun sekali.

blogpost-20161021-03

Mata

Seiring bertambahnya usia, kemampuan mata pasti akan berkurang. Menurut beberapa pendapat ahli, memeriksakan kondisi mata sebaiknya dilakukan minimal dua tahun sekali. Rutin memeriksakan mata, selain untuk memeriksa kemampuan mata, hal ini juga penting dilakukan untuk memeriksakan tanda-tanda diabetes atau glukoma.

Kulit

Memeriksa kondisi kulit adalah untuk mencegah datangnya melanoma. Melanoma merupakan penyakit yang menyebabkan kanker kulit. Banyak ciri kemunculan melanoma pada tubuh, seperti tahi lalat membesar, berubah warna, atau mengeluarkan darah.

Baca juga: Bahaya Bermain Ponsel Saat Buang Air Besar

Irit Kuota Smartphone, Ini Rahasianya!

Cara Cuci Celana Jeans Yang Benar!

blogpost-20161021-02

Related Post