Irit Kuota Smartphone, Ini Rahasianya!
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Inside Kurio, Kurio Tips Irit Kuota Smartphone, Ini Rahasianya!

Irit Kuota Smartphone, Ini Rahasianya!

blogpost-20161021-04

Tiap hari bahkan setiap jamnya kamu pasti terhubung dengan internet lewat smartphone. Baik itu untuk berkomunikasi, cari informasi, update media sosial, atau isi waktu luang bermain game. Sebagaian besar kegiatan yang kamu lakukan ini pastinya akan memakan data internet yang kamu punya. Tidak semua orang memiliki paket data yang besar atau bisa mengandalkan unlimited wi-fi yang ada di rumah atau tempat umum. Maka, dengan batas paket data yang kamu punya, kamu harus pintar-pintar mengatur pemakaian paket data internet kamu.

Ingin tau caranya bagaimana? Ini rahasianya!

Monitor Penggunaan

Baik smartphone kamu berbasis Andriod atau iOS, kamu bisa memantau berapa banyak data yang sudah kamu pakai. Di sana kamu juga bisa melihat berapa banyak data yang telah dihabiskan oleh aplikasi yang sering kamu pakai di smartphone. Jika kamu merasa ada aplikasi yang memakan data banyak, sebaiknya kurangi pemakaian aplikasi tersebut atau hapus dari smartphone.

Aktifkan Data Saver

Jika kamu sering browsing menggunakan browser Chrome di smartphone, ada baiknya jika kamu mengaktifkan fitur data saver yang tersedia. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengalaman browsing kamu akan lebih nyaman. Selain penggunakan data semakin kecil, untuk membuka halaman sebuah website juga tidak akan terlalu lama.

blogpost-20161021-03

Baca juga: Bahaya Buang Air Sambil Bermain Smartphone

Tipe Pengguna Smartphone Seperti Apa Kamu?

Lima Game Paling Sukses Sepanjang Sejarah

Koneksi Kecepatan Rendah

Smartphone kamu memiliki koneksi 4G? Koneksi dengan kecepatan 4G atau LTE sangat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan kecepatan internet yang tinggi. Namun, jika kamu ingin hemat data, sebaiknya alihkan koneksi internet smartphone ke 3G atau 2G. Meski memiliki kecepatan yang lebih pelan, namun hal ini bisa membuat kamu lebih irit lagi.

Batasi Penggunaan Data Background

Kebanyakan aplikasi akan terus menyedot kuota atau data internet smartphone meski sedang tidak dibuka. Untuk menghindari penggunaan data yang boros, kamu dapat mematikan fitur data background setiap aplikasi yang ada di smartphone.

Matikan Fitur Auto Update

Fitur auto update adalah fitur yang otomatis meng-update versi terbaru dari setiap aplikasi yang kamu miliki. Aplikasi seperti game dan sosial media seringkali mengeluarkan update terbaru mereka dengan size hingga ratusan MB. Sebaiknya, update atau install sebuah aplikasi kamu lakukan ketika kamu sedang terhubung dengan koneksi wi-fi sehingga tidak memakan kuota paket data yang kamu miliki.

Baca Juga: Mendengkur? Hilangkan Dengan Cara Ini!

Masih Muda Sudah Beruban? Ini Cara Alami Untuk Mengatasinya

Ini Cara Cuci Celana Jeans Yang Benar!

blogpost-20161021-02

Related Post