Mendengkur? Hilangkan Dengan Cara Ini
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Mendengkur? Hilangkan Dengan Cara Ini

Mendengkur? Hilangkan Dengan Cara Ini

blogpost-20161014-article002

Mendengkur selain bisa menganggu orang lain, jika dibiarkan ternyata bisa membahayakan diri sendiri. Banyak faktor yang menyebabkan kamu tidur mendengkur, diantaranya: obesitas, minuman keras, mengonsumsi obat tidur, posisi tidur tertentu, merokok, atau kelainan pada hidung dan tenggorokan. Terutama pada anak-anak, mendengkur bisa disebabkan oleh amandel yang membesar.

Gangguan tidur ini erat kaitannya dengan beberapa penyakit kronis seperti stroke, tekanan darah tinggi, obesitas, dan penyakit jantung. Mendengkur merupakan tanda-tanda dari penyakit sleep apnea atau gangguan tidur. Penyakit ini akan menyebabkan kualitas tidur sehingga kamu bisa merasa lelah atau sakit kepala di pagi harinya.

Agar tidak mendengkur lagi ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah dengan beberapa cara yang bisa kamu lakukan segera seperti:

blogpost20161007-03

Baca juga: Ini Cara Cuci Celana Jeans Yang Benar!

Atur Posisi Tidur

Posisi tidur sangat memengaruhi apakah kamu mendengkur atau tidak. Menurut sebuah penelitian, tidur dengan posisi terlentang membuat Anda untuk mendengkur. Hal itu terjadi karena tidur dengan bertumpu pada punggung bisa membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak pada mulut menutupi dinding tenggorokan sehingga menyebabkan getaran suara saat tidur. Untuk mengantisipasinya, cobalah tidur dengan posisi menyamping.

Mandi Air Hangat

Lelah atau kurang istirahat merupakan salah satu pemicu tidur mendengkur. Aliran oksigen di dalam tubuh akan terganggu apabila kamu terlalu lelah, hal ini yang menyebabkan tidur mendengkur. Untuk mengatasi hal ini, setelah beraktivitas seharian, sebaiknnya mandi dengan menggunakan air hangat. Mandi dengan air hangat mampu membuat badan lebih rikelks dan juga akan melancarkan peredaran oksigen di dalam tubuh.

Baca juga: Bahaya Bermain Ponsel Saat Buang Air Besar

Air Putih

Kekurangan air putih dapat membuat lendir yang berada di saluran pernafasan menjadi kental. Hal ini mampu menghambat aliran oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Kekurangan oksigen merupakan kasus paling umum yang menyebabkan seseorang mendengkur ketika tidur. Sebaiknya biasakan minum air putih yang banyak sebelum tidur untuk melancarkan peredaran oksigen di dalam tubuh

Berhenti Merokok

Bagian tubuh yang paling merasakan efek buruk dari rokok adalah saluran pernapasan. Merokok dapat menimbulkan iritasi pada selapur lendir saluran pernapasan, yang kemudian akan menimbulkan pembengkakan pada bagian tersebut dan meningkatkan produksi lendir. Produksi lendir yang berlebihan akan menyumbat saluran pernapasan, dan pada akhirnya menimbulkan suara dengkuran.

blogpost20161007-01

Related Post