Bahaya Bermain Ponsel Saat Buang Air Besar
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Bahaya Bermain Ponsel Saat Buang Air Besar

Bahaya Bermain Ponsel Saat Buang Air Besar

blogpost20161007-article-002

Salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan rasa bosan ketika buang air besar adalah dengan bermain ponsel. Baik itu membaca berita, bermain game, atau chatting bersama teman. Dengan adanya aktivitas lain di ponsel kamu, kegiatan buang air besar bukan lagi kegiatan yang membosankan.

Namun ternyata hal ini tidak disarankan. Selain bermain ponsel ketika buang air besar bisa menyebabkan ponsel kamu terjatuh ke dalam air, risiko ponsel kamu tertinggal di kamar mandi sangat besar. Hal ini lebih sangat berbahaya jika kamu berada di toilet umum.

Dari segi kesehatan, bermain ponsel ketika buang air besar pun tidak disarankan oleh para dokter. Professor mikrobiologi Charles Gerba, Ph.D. dan Kelly Reynolds, Ph.D., dokter kesehatan lingkungan, menurutkan jika kamar mandi selalu dipenuhi oleh kuman, patogen dan bakteri dari dalam usus yang terbawa oleh feses atau kotoran manusia.

” Ketika Anda menyiram toilet, air yang mengandung kotoran manusia dan air kencing akan menciprat sekitar 6 kaki atau 182 cm ke segala arah.

” Dan jangkauannya akan meningkat dengan setiap siraman. Jadi jika itu adalah kamar mandi umum, ada banyak kotoran yang menutupi setiap bagian dalam kamar mandi. Terutama di bagian tisu toilet, karena tepat berada di sebelah toilet,” jelas Reynolds.

blogpost20161007-03

Berterbarnya kuman di mana-mana membuat apapun yang disentuh di kamar mandi mulai dari gagang pintu, tuas penyiram toilet, sampai gulungan tisu toilet merupakan tempat yang banyak disinggahi oleh kuman.

Kuman yang menempel pada benda-benda tersebut bisa berpindah ke ponsel melalui tangan. Bahayanya, ponsel yang kamu gunakan bisa mentransfer kuman ke wajah ketika kamu melakukan telepon.

Kuman memang banyak bersarang di kamar mandi atau toilet, kamu masih sangat mungkin bisa bersarang ke bagian tubuh kamu. Tapi dengan menggunakan ponsel, kemungkinan untuk kuman bersarang di tangan bahkan wajah akan lebih besar lagi.

blogpost20161007-01

Related Post