6 Jenis Minuman Kopi Beserta Kalorinya Yang Perlu Diketahui
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips 6 Jenis Minuman Kopi Beserta Kalorinya Yang Perlu Diketahui

6 Jenis Minuman Kopi Beserta Kalorinya Yang Perlu Diketahui

blogpost-20160921-article

Bagi para penikmat kopi, mungkin selama ini kamu tidak menyadari jumlah kandungan kalori yang terdapat dalam setiap jenis minuman kopi yang kalian pesan. Dari jenis Espresso, Cappuccino, Latte, Mocha, Americano dan Macchiato sebetulnya mengandung jumlah kalori yang berbeda-beda. Jadi, dari keenam jenis minuman kopi tersebut manakah yang mempunyai jumlah kalori terendah?

Berikut beberapa penjelasan kandungan dalam keenam minuman kopi tersebut yang bisa kamu ketahui:

Espresso

Minuman ini adalah jenis minuman yang memiliki kandungan kafein yang sangat kuat, karena jenis minuman kopi ini disajikan tanpa susu dan campuran apa pun. Dalam satu shot espresso terdapat 80 hingga 100mg kafein, tidak mengandung protein dan mengandung lima kalori.

Jenis minuman espresso ini memang tidak memiliki nilai nutrisi yang berarti. Namun bagi kamu yang sedang diet, jenis ini adalah minuman kopi yang tepat bagi kamu karena mengandung rendah kalori.

blogpost-20160921-banner-01

Cappuccino

Cappuccino adalah espresso yang ditambahkan dengan susu, baik susu full cream atau pun susu low fat dan kemudian di aduk. Dalam segelas cappuccino ini terdapat enam gram protein yang didapat dari susu, dan 150 kalori jika menggunakan susu full cream dan 95 kalori jika menggunakan susu low fat.

Baca juga : Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Minum Kopi

Latte

Segelas latte terbuat dari espresso yang ditambahkan dengan steamed milk yang lebih banyak dibandingkan cappuccino. Dalam segelas latte terdapat enam gram protein dan 225 kalori dengan susu full cream dan 135 kalori dengan susu low fat.

Mocha

Kopi mocha atau yang biasa sering kita kenal dengan minuman frapuccino adalah jenis minuman epresso yang ditambahkan dengan steamed milk, sirup coklat dan whipped cream. Kopi mocha adalah jenis minuman kopi yang mengandung paling banyak kalori yang 10 gram nya adalah lemak jenuh dan 80 mg nya adalah kafein dan total kalori yang dipunya oleh segelas mocha ini adalah sekitar 310 kalori.

Meminum segelas kopi mocha sama dengan memakan satu bar coklat karena mengandung lebih banyak lemak yang terdapat dari krim tersebut.

blogpost-20160906-banner-03

Americano

Jenis minuman Americano adalah epresso yang ditambahkan dengan air panas kemudian diatasnya ditambahkan cream. Biasanya Americano mengandung kafein dua kali lipat dari espresso yaitu sebanyak 120 hingga 160 gram. Dalam segelas Americano mengandung 90 kalori yang didapatkan dari cream tersebut.

Macchiato

Macchiato adalah minuman kopi yang terdiri dari dua shot epresso dan dituangkan dalam steamed milk. Biasanya dalam segelas macchiato terdapat empat gram susu, 80 gram kafein dan 90 kalori. Macchiato ini memiliki kafein yang cukup kuat hampir sama dengan satu shot espresso, hanya saja macchiato ini memiliki kandungan lain yaitu susu untuk para penikmat kopi yang tidak suka dengan rasa pahit dari espresso.

Baca juga : Suka Kopi? Hindari Mencampurnya Dengan 5 Bahan Ini

Jadi, minuman kopi apa yang menjadi favoritmu? Setelah mengetahui jenis-jenis minuman kopi yang biasa kamu pesan dan kadar kalori yang dipunyai, kini kamu bisa lebih menyesuaikannya sesuai kebutuhanmu. Terutama bagi kamu yang memperdulikan kadar kalori dalam segelas kopi.

Untuk mengetahui tips-tips berguna bagi kesehatan lainnya, coba kunjungi topik Health dalam aplikasi Kurio kamu. Jika belum punya aplikasinya, kamu bisa mendownloadnya di sini, gratis!

blogpost-20160921-banner-02

Related Post