Memakan Makanan Kedaluwarsa? Ini Dampaknya!
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Memakan Makanan Kedaluwarsa? Ini Dampaknya!

Memakan Makanan Kedaluwarsa? Ini Dampaknya!

blogpost-20160906-article

Makanan yang mempunyai masa kadaluarsa kini semakin banyak dan mudah kamu temui setiap harinya. Apakah kamu pernah terlintas berpikir apa yang terjadi pada tubuhmu jika kamu mengkonsumsi makanan yang sudah kedaluwarsa? Mungkin saja kamu secara sadar maupun tidak kamu mengetahui tanggal kedaluwarsa tersebut dan tidak memperdulikannya sehingga kamu secara sengaja maupun tidak mengkonsumsi makanan kedaluwarsa tersebut.

Berikut beberapa fakta seputar makanan kedaluwarsa yang perlu kamu ketahui dan pahami.

Apa arti sebenarnya dari tanggal kedaluwarsa?

Di setiap bahan makanan dan makanan instan yang kamu beli pasti memiliki tanggal kedaluwarsa. Dari tanggal diproduksi, dijual, lebih baik digunakan sebelum hingga tanggal kedaluwarsa. Mungkin banyak orang yang belum mengerti apa arti sebenarnya bahkan apa perbedaan dari ‘lebih baik digunakan sebelum’ dan ‘tanggal kedaluwarsa’, berikut penjelasan singkat dari kedua tanda tersebut.

Tanda ‘lebih baik digunakan sebelum’ berarti bahwa makanan tersebut mempunyai kualitas yang bagus jika digunakan sebelum tanggal yang tertera. Namun, bukan berarti makanan tersebut sudah tidak baik jika dikonsumsi beberapa hari setelah tanggal tersebut.

Tanda ‘tanggal kedaluwarsa’ berarti makanan tersebut sudah tidak bisa dikonsumsi setelah tanggal yang tertera dan bahkan sudah  tidak memiliki kualitas yang selayaknya untuk dikonsumsi.

blogpost-20160906-banner-01

Baca juga : Panduan Makanan Sesuai Golongan Darah

Jenis makanan yang tidak boleh dimakan setelah kedaluwarsa

Tanpa kamu ketahui, sebetulnya ada beberapa jenis makanan yang tidak baik bagi kesehatanmu jika sudah lewat tanggal kedaluwarsanya. Berikut beberapa jenis makanan tersebut:

Telur; mengkonsumsi telur yang sudah lewat dari lima minggu dari tanggal dijual tidaklah dianjurkan, karena bakteri akan mulai bermunculan dan menempel di dalam kulit telur tersebut.

Cream cheese; bakteri listeria biasanya akan mulai bermunculan dalam cream cheese setelah 4 minggu.

Ayam mentah; ayam mentah yang sudah dipotong dan dibiarkan terbuka begitu saja setelah lima hari biasanya sudah memiliki kualitas yang menurun, oleh karena itu dianjurkan untuk menyimpan ayam mentah tersebut dalam kulkas jika sudah dipotong.

Buah Beri; sebaiknya dimakan ketika masih segar, karena ketika buah beri sudah tidak segar maka justru akan tumbuh parasit yang bisa menyebabkan diare. Buah beri jika tidak dimasukan ke dalam kulkas bisa bertahan sekitar 1- 2 hari dari tanggal produksi dan bertahan sekitar 5- 7 hari dari tanggal produksi.

Makanan kaleng; pada dasarnya semua makanan yang dalam kaleng sudah dipastikan tidak mempunyai kualitas yang baik lagi jika dikonsumsi lewat tanggal kedaluwarsanya. Biasanya makanan kaleng yang tidak memakai bahan pengawet hanya bisa bertahan 18 bulan.

blogpost-20160906-banner-02

Baca juga : Suka Kopi? Hindari Mencampurnya Dengan 5 Bahan Ini!

Dampak yang ditimbulkan jika memakan makanan kedaluwarsa

Dampak jika kita telah memakan makanan kedaluwarsa baik secara disengaja atau pun tidak, semua tergantung dari jenis makanan apa yang kita makan. Namun secara pada umumnya dampak yang pasti muncul adalah keracunan makanan. Dari keracunan makanan tersebut tidaklah baik bagi kesehatan tubuh kita karena bisa mengurangi imun dan merusak metabolisme tubuh kita.

Beberapa gejala yang ditimbulkan setelah memakan makanan kedaluwarsa seperti muntah, diare, perut melilit, demam dan kehilangan nafsu makan.

Salah satu cara yang mudah jika kita sudah keracunan makanan adalah dengan meningkatkan imun tubuh kita supaya bakteri yang sudah masuk dalam tubuh kita melalui makanan kedaluwarsa tersebut tidak bertambah banyak. Oleh karena itu, ada baiknya bagi kita untuk mulai mencermati segala jenis makanan yang akan kita konsumsi.

Untuk mengetahui tips-tips berguna bagi kesehatan lainnya, coba kunjungi topik Health dalam aplikasi Kurio kamu. Jika belum punya aplikasinya, kamu bisa mendownloadnya di sini, gratis!

blogpost-20160906-banner-03

Related Post