Indonesia Tekuk Malaysia
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Curators' Desk, Lunch Break Indonesia Tekuk Malaysia

Indonesia Tekuk Malaysia

blogpost-20160907-article

Satu tahun absen dalam laga internasional akibat hukuman yang didapat dari FIFA, Pasukan Garuda melakoni laga perdananya tahun ini dengan menjamu musuh bebuyutannya tim Malaysia. Pertandingan persahabatan yang diselenggarakan di Stadion Manahan, Solo, (6/9), pasukan asuhan Alfred Riedl berhasil membekuk tim harimau Malaysia dengan skor yang telak 3-0. Tiga gol Indonesia dilesakkan oleh striker andalan Merah Putih, Irfan Bachdim serta dua gol dari Boaz Salosa. Dari pertandingan ini, berikut lima kisah menarik yang terjadi.

Persiapan Kualifikasi AFF

Pertandingan persahabatan antara Indonesia dan Malaysia ini merupakan laga pemanasan bagi kedua tim sebelum melakoni laga kualifikasi Piala AFF 2016  yang akan digelar di Filipina dan Myanmar pada November mendatang. Meski lama tidak melakoni laga dibawah naungan pelatih Alfred Riedl, namun pasukan Merah Putih mampu menunjukkan semangat dan kerjasama yang apik. Hasil tersebut tentunya menjadi kado manis bagi Indonesia yang baru saja tampil di pentas internasional setelah absen setahun akibat terjerat sanksi FIFA.

Baca juga: Aliran Sesat Aa Gatot

Berita Terhangat Minggu Ini

blogpost-20160907-banner-01

Debut 8 Pemain Timnas

Ada yang tidak biasa dari susunan pemain yang disiapkan oleh pelatih Alfred Riedl untuk menghadapi Malaysia. Munculnya nama-nama baru dalam skuad Merah Putih banyak mengundang komentar dari para penggemar sepakbola tanah air. Dari 22 pemain yang disiapkan, Alfred Riedl memanggil 8 pemain muda untuk melakoni debutnya bersama Timnas Indonesia.  Ke-8 pemain itu adalah Rudolof Yanto Basna, Abdul Rahman, Abduh Lestaluhu, Irsyad Maulana, Bayu Pradana, Lerby Eliandry, Ichsan Kurniawan, dan Indra Kahfi Ardhiyasa.

Alfred Riedl Kritik Permainan Malaysia

Kemenangan Indonesia pada laga persahabatan melayan Malaysia tidak sepenuhnya membuat pelatih Indonesia Alfred Riedl puas. Laga yang berakhir dengan kemenangan telak Indoensia 3-0 menurut sang pelatih terlalu banyak permainan nakal dan kasar yang diterima anak asuhnya dari tim lawan. Dua pemain terbaik andalan Indonesia, Andik Vermansyah dan Irfan Bachdim menjadi sasaran permainan kasar pemain Malaysia. Bahkan Bahkan, Irfan sempat menerima tekel brutal dari kiper Malaysia, Khairul Fahmi yang menyebabkan dirinya tidak bisa melanjutkan laga tersebut.

“Saya sedikit bingung dengan permainan Malaysia yang sangat kasar di uji coba ini. Mereka melakukan tindakan kasar terhadap Andik sebanyak empat hingga lima kali,” keluh Riedl usai laga.

Baca juga: Makanan Kedaluwarsa? Ini Bahayanya!

Suka Kopi? Hindari Mencampurnya Dengan 5 Bahan Ini!

blogpost-20160907-banner-02Hanya Latihan 70 Menit

Kemenangan laga persahabatan Malaysia memiliki banyak arti positif bagi Timnas Indonesia. Selain laga ini merupakan laga perdana Merah Putih setelah terkena sanksi FIFA, persiapan pasukan arahan pelatih Alfred Riedl ini pun bisa dibilang sangat minim. “Pemain kita bermain sangat bagus dengan total waktu latihan yang hanya 70 menit,” ungkap Alfred.

Alfred Riedl merinci, setiba di Solo pada 4 September 2016, penggawa timnas Indonesia hanya berlatih selama 30 menit. Ia memberlakukan latihan singkat lantaran mempertimbangkan kondisi fisik beberapa pemain yang kelelahan setelah bermain di liga. Sedangkan pada 5 September 2016 tim hanya berlatih selama 40 menit.

Tim Malaysia Dikritik Warga

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) langsung menjadi bulan-bulanan netizen Negeri Jiran ketika timnas Malaysia dikalahkan oleh Indonesia dengan skor telak 0-3 di Stadion Manahan, Solo pada Selasa 6 September malam WIB. Kekalahan Malaysia terasa sangat menyesakkan ketika Indonesia baru kembali saja ke pentas internasional setelah dihukum FIFA selama setahun terakhir. Lebih parah lagi, mereka kalah 0-3 hanya dalam 21 menit.

Kekalahan ini membuat FAM dihujat habis-habisan oleh netizen Malaysia. Mereka kecewa dengan penampilan tim asuhan Ong Kim Swee yang terlihat kurang bertenaga di lapangan.

blogpost-20160907-banner-03

Related Post