5 Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bayi
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Inside Kurio, Kurio Tips 5 Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bayi

5 Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bayi

blogpost-20160905-articleSemua orang tua selalu ingin memberi yang terbaik bagi anaknya. Termasuk asupan gizi dan makanan. Gizi yang baik sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan sang buah hati. Untuk itu, orang tua harus mengawasi terus setiap makanan dan minuman yang mereka berikan kepada sang bayi. Selain memberikan ASI secara intensif, ada beberapa jenis makanan yang baik juga untuk dikonsumsi oleh bayi.

Namun, sebaiknya kamu menghindari beberapa jenis makanan ini untuk sang bayi. Selain karena banyak makanan yang tidak memiliki nutrisi yang baik bagi bayi, zat yang terkandung dalam makanan ini pun mampu menghambat bahkan merusak proses pertumbuhan sang bayi.

Baca juga: Tanda-tanda anak sudah siap sekolah

Soda

Minuman bersoda sebaiknya dihindari oleh siapa pun, tidak hanya bayi namun kamu pun sebaiknya mengurangi konsumsi minuman bersoda. Minuman bersoda tidak memiliki kandungan gizi atau vitamin yang bermanfaat bagi bayi serta memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Selain tidak memberikan nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi, minuman bersoda pun mampu menghambat bahkan merusak pertumbuhan gigi sang bayi.

blogpost-20160905-banner01Sari Buah/Jus

Kandungan vitamin, gizi, dan serat yang terkandung dalam buah-buahan baik untuk tubuh. Baik bayi maupun orang dewasa. Namun sari buah atau jus buah bukan minuman yang baik diberikan kepada bayi. Buah yang telah diolah menjadi jus atau menjadi sari buah hilang kandungan sertanya serta biasaya mengandung banyak gula.

Gula sebaiknya dihindari bagi makanan atau minuman bayi karena gula mempercepat proses pencernaan. Hal ini menyebabkan tubuh tidak memiliki waktu yang cukup lama untuk mengolah dan nyererap nutrisi. Akibatnya, bayi beresiko terkena diare.

Kerupuk

Meskipun kerupuk umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, tetapi camilan ini tidak memiliki gizi sama sekali. Kerupuk memiliki banyak kandungan garam dan minyak yang  mampu menggangu sistem pencernaan bayi. Terlalu banyak garam dalam jangka waktu yang lama pun dapat merusak kerja ginjal bayi. Selain itu, tekstur kerupuk yang terlalu keras bagi bayi mampu menghambat pertumbuhan gigi sang bayi.

blogpost-20160905-banner02

Baca juga: Menyiapkan anak agar siap sekolah

Makanan Olahan

Makanan olahan dan makanan instan seperti mi, sosis, dan nugget merupakan beberapa contoh makanan yang harus dihindari oleh bayi. Jenis makanan seperti ini tidak memiliki gizi yang baik serta mengandung MSG yang mampu merusak pencernaan dan pertumbuhan bayi.

Makanan Manis

Makanan manis seperti kue atau hidangan penutup kadang memiliki tampilan dan aroma yang menggoda bagi bayi. Namun kamu harus menghindari untuk memberikan jenis makanan ini bagi buah hatimu. Pewarna buatan, perasa buatan, hingga gula yang terkandung tidak memberikan nutrisi dan gizi yang baik bagi bayi. Jika ingin memberikan makan penutup bagi bayi sebaiknya berikan dia hidangan penutup berupa irisan buah.

Selain lima makanan dan minuman di atas masih banyak lagi jenis makanan dan minuman yang tidak baik dikonsumsi oleh bayi. Makanan terbaik yang bisa diberikan kepada bayi adalah ASI.

Suka dengan artikel ini? Masih banyak artikel menarik lainnya seputar parenting di Kurio. Jika belum memiliki aplikasinya, kamu bisa mendapatkannya di sini!

blogpost-20160905-banner03

Related Post