5 Tips Meningkatkan Daya Ingat
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips 5 Tips Meningkatkan Daya Ingat

5 Tips Meningkatkan Daya Ingat

blogpost-20160825-article

Apakah kamu pernah bertemu dengan orang yang mempunyai daya ingat yang kuat hingga hal sekecil apa pun? Kamu mungkin terkadang iri dengan orang tersebut karena daya ingat otaknya sangatlah detail. Tanpa kamu sadari, kamu sebetulnya bisa menjadi serupa dengan orang tersebut karena daya ingat kamu bisa ditingkatkan.

Sebetulnya untuk memaksimalkan otakmu untuk daya ingat yang bagus kamu cukup untuk menjaganya tetap aktif dan terus mengasahnya. Berikut beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk mempunyai daya ingat yang baik hingga memudahkan otakmu untuk mempelakari hal-hal baru dengan mudah.

Berolahraga

Berolahraga bukan hanya baik untuk tubuhmu, namun juga baik otakmu. Olahraga dapat membantu memperlancar peredaran darah, oksigen hingga nutrisi ke seluruh tubuhmu. Ketika nutrisi tidak dapat mencapai otak, maka otakmu akan berhenti bekerja. Untuk menghindari hal ini terjadi, maka pastikanlah kamu bergerak setiap hari walaupun hanya sekedar berjalan santai. Hal sesimpel berjalan saja sudah dapat mempertajam otakmu hingga memperkuat tubuhmu.

Baca Juga : 5 Tips Sederhana Untuk Hidup Yang Lebih Sehat

Tidur malam yang cukup

Tidur selama 7 hingga 8 jam sehari secara rutin setiap hari dapat meningkatkan kinerja memori di otakmu. Mengapa begitu? Karena dalam tidur, otakmu mengingat kembali memori dan informasi yang sudah kamu dapatkan sebelumnya sehingga memori tersebut dapat tersimpan dengan baik dan dapat dengan mudahnya diingat ketika kamu dalam keadaan sadar.

Dengarkan musik

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa jenis musik tertentu dapat memudahkanmu untuk mengingat kembali sebuah memori. Informasi yang kamu dapatkan ketika sedang mendengarkan musik tertentu bisa mempermudahmu mengingat sesuatu ketika kamu mendengarkan musik tersebut kembali. Lagu dan musik bisa menjadi pemicu untuk mengingat memori yang sudah tersimpan.

Baca Juga : Kenapa Harus Mendengarkan Musik

Membaca, mengerjakan puzzle atau bermain kartu

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas seperti mengerjakan puzzle, bermain kartu dan membaca setiap harinya tidak hanya sekedar membuat otakmu aktif namun juga dapat membuatmu menghindari memory loss. Jadi cobalah untuk mulai rajin membaca baik buku hingga membaca artikel-artikel ringan dan bermain game yang mengasah otakmu sehingga kamu dapat meningkatkan daya ingatmu.

blogpost-20160825-banner

Sarapan dan pastikan mengandung telur

Menurut Larry McCleary, M.D., penulis dari buku The Brain Trust Program, telur adalah tipe sarapan yang tepat karena mengandung vitamin B yang dapat membakar gula, mengandung antioksidan  yang melindungi tubuhmu hingga mengandung omega-3  yang bisa memperlancar semua nutrisi tubuhmu. Dengan nutrisi yang lancar diseluruh tubuhmu terutama nutrisi otak terpenuhi maka daya ingatmu juga dapat meningkat. Mempunyai sarapan yang sehat setiap pagi menunjukan bahwa dapat meningkatkan seluruh  kegiatanmu setiap harinya.

Baca Juga : Panduan Makanan Sesuai Golongan Darah

Jadi, kebiasaan mana yang sudah kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingatmu? Tidak ada salahnya kamu membiasakan diri untuk melakukan hal-hal sederhana di atas untuk meningkatkan daya ingat otakmu, selain otak, tubuhmu juga dipastikan bisa menjadi lebih sehat setiap harinya.

Untuk mengetahui tips-tips berguna bagi kesehatan lainnya, coba kunjungi topik Health dalam aplikasi Kurio kamu. Jika belum punya aplikasinya, kamu bisa mendownloadnya di sini, gratis!

Related Post