Siapakah Sosok Pahlawan Kemerdekaan Yang Sesuai Kepribadianmu?
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Siapakah Sosok Pahlawan Kemerdekaan Yang Sesuai Kepribadianmu?

Siapakah Sosok Pahlawan Kemerdekaan Yang Sesuai Kepribadianmu?

blogpost-20160815-article

Kemerdekaan negara Indonesia pada tanggal  17 Agustus 1945 tidak akan terjadi apabila para pahlawan kemerdekaan kita tidak berjuang hingga titik darah terakhir untuk merebut Indonesia dari para penjajah. Pemikiran dan aksi para pahlawan ini pun memberi inspirasi tersendiri bagi generasi muda kini.

Masing-masing pahlawan kemerdekaan ini memiliki sifat dan ciri khas yang berbeda-beda, namun baik untuk kita contoh. Dari sifat dan kepribadian mereka yang berbeda-beda, kita kenalan yuk sama beberapa pahlawan kemerdekaan Indonesia yang mungkin saja semangatnya sama seperti kepribadianmu.

Jendral Sudirman

Jendaral Besar Sudirman merupakan salah satu tokoh besar yang dilahirkan oleh suatu revolusi dan tercatat sebagai Panglima sekaligus Jendral pertama dan termuda di Indonesia. Sudirman beserta sekelompok kecil tentara dan dokter pribadinya melakukan perjalanan ke arah selatan dan memulai perlawanan gerilya selama tujuh bulan dengan berpindah-pindah dari satu hutan ke hutan lainnya untuk melakukan perlawanan kepada Belanda. Jendral yang mempunyai jiwa sosial serta kecerdasan yang tinggi akhirnya harus meninggal pada usia yang relatif muda pada umur 34 tahun.

Baca Juga : Sifat Yang Selalu Dimiliki Oleh Orang Sukses

Sifat dan kepribadian yang dimiliki oleh Jendral Sudirman ini mencerminkan sosok pribadi yang cerdas, kreatif serta penuh taktik. Tidak hanya cerdik, namun juga mempunyai jiwa sosial yang tinggi artinya tidak hanya pintar, tipe ini juga masih memikirkan keadaan sosial sekitarnya.

Cut Nyak Dien

Perempuan Berhati Baja – itulah sebutan yang dikenal untuk perempuan asal Aceh ini. Perempuan yang gigih tidak kenal kompromi melawan kaum imperialis ini merupakan salah satu perempuan berhati baja yang di usia lanjutnya masih berjuang melawan pasukan Belanda sampai akhirnya ditangkap dan dibuang. Walaupun kedua suaminya telah gugur di medan perang, Cut Nyak Dien tetap berjuang sendirian di pedalaman Meulaboh bersama pasukan kecilnya.

Sifat dan kepribadian yang dimiliki oleh Cut Nyak Dien ini adalah sosok pribadi yang pantang menyerah, gigih dan terus berjuang. Dalam kesehariannya sosok seperti ini bisa menjadi pejuang yang akan terus berusaha sampai tujuannya tercapai.

blogpost-20160815-banner

Pangeran Diponegoro

Pangeran Diponegoro terkenal karena memimpin Perang Diponegoro melawan pemerintah Hindia – Belanda dan dicatat sebagai perang dengan korban paling besar dalam sejarah Indonesia. Hatinya yang bersih menuntunnya menjadi seorang yang harus tampil di depan guna membela keluarga, kerajaan, rakyat dan bangsanya dari penjajahan Belanda. Kesederhanaan dan kerendahan hatinya membuat dirinya menolak keinginan ayahnya, Sultan Hamengku Buwono III untuk mengangkatnya menjadi raja dan memutuskan untuk menjadi pejuang bagi kerajaan dan negaranya. Pangeran Diponegoro dikenal dengan sebutan Pejuang Berhati Bersih.

Sifat dan kepribadian yang dimiliki oleh Pangeran Diponegoro ini menunjukan sebuah sosok pribadi yang sederhana dan rendah hati dalam kesehariannya namun dapat juga berubah menjadi sangat tegas saat ada sesuatu yang menurutnya tidak sesuai dengan arahan. Kepribadiannya yang tidak mudah ditebak ini bisa menjadi seorang sosok yang terkadang dibutuhkan oleh masyarakat.

Pattimura

Perlawanan sejati ditunjukkan oleh Pahlawan Nasional dari Maluku yang bernama Kapitan Pattimura. Perlawanannya terhadap penjajahan Belanda dapat dilihat dari keteguhannya yang tidak mau berkompromi dengan Belanda. Beberapa kali pemerintah Belanda membujuk beliau agar mau bekerjasama sebagai syarat melepaskannya dari hukuman gantung. Beliau memilih gugur di tiang gantung sebagai Putra Kesuma Bangsa daripada hidup bebas sebagai penghianat.

Baca Juga : Pentingnya Rasa Ingin Tahu

Sifat dan kepribadian yang dimiliki oleh Pattimura ini menunjukan sesosok pribadi yang sangat setia dalam menjalankan sesuatu. Pribadi ini adalah tipe orang memegang kukuh pendiriannya dan tidak mudah dihasut.

Soekarno

Bung Karno – Presiden pertama republik Indonesia menjadi proklamator pertama yang berani dengan gagahnya mengejek Amerika Serikat dan negara kapitalis lainnya. Pemimpin revolusi ini juga berhasil menggelorakan semangat revolusi bagi bangsanya serta untuk menjaga keutuhan NKRI. Presiden pertama RI itu pun dikenal sebagai orator ulung yang mampu berpidato secara berapi-api tentang revolusi nasional dan imperialisme. Ia juga amat dipercaya pada kekuatan massa dan kekuatan rakyat.

Sifat dan kepribadiaan yang dimiliki oleh Soekarno ini menunjukkan seorang sosok pribadi yang pintar berbicara dan meyakinkan orang. Selain pintar berbicara atau berpidato, sosok ini juga menjadi seorang motivator bagi orang-orang disekitarnya.

Baca Juga : Lanjutkan Kemerdekaan Indonesia Dengan Cara Ini

Para pahlawan kemerdekaan yang digambarkan diatas memiliki ciri khas kepribaadiannya masing-masing dan mungkin saja kamu memiliki salah satu sifat yang sama dengan mereka. Jadi, pahlawan kemerdekaan yang mana yang sesuai dengan kepribadianmu?

Walaupun kita sebagai generasi muda, tidak ada salahnya kita mengenal pribadi para sosok-sosok pahlawan kemerdekaan Indonesia yang mempunyai ciri khas yang berbeda-beda. Bahkan sebetulnya mungkin kita sudah mempunyai sifat dan kepribadian yang sama dengan mereka, namun apakah kita sudah memiliki rasa nasionalis yang cukup untuk membangun Indonesia?

Suka dengan artikel ini? Masih banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca di Kurio. Jika belum memiliki Kurio, kamu bisa mendapatkannya di sini!

Related Post