Lanjutkan Kemerdekaan Indonesia Melalui Cara Ini
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Inside Kurio, Kurio Tips Lanjutkan Kemerdekaan Indonesia Melalui Cara Ini

Lanjutkan Kemerdekaan Indonesia Melalui Cara Ini

blogpost-20160812-article

Hari kemerdekaan Indonesia yang dirayakan tanggal 17 Agustus setiap tahunnya menjadi momen yang bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia. Tidak dipungkiri setiap individu warga Indonesia pasti merayakan hari kemerdekaan tersebut dengan berbagai cara, dikarenakan untuk mengenang perjalanan dan perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari para penjajah.

Memang banyak cara yang dilakukan rakyat Indonesia untuk memperingati hari bersejarah tersebut, namun apakah setiap individu sudah memaknai arti dari kemerdekaan itu sendiri? Walaupun negara kita sudah merdeka, namun apakah diri kamu pribadi sudah merdeka? Arti merdeka sendiri mempunyai banyak arti tapi setiap kemerdekaan mempunyai tujuan yang baik bagi kehidupan kita.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan para milenials di zaman sekarang untuk terus melanjutkan semangat kemerdekaan Indonesia. Perjuangan para pahlawan tersebut harus dimaknai dan dilanjutkan oleh generasi muda.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para generasi muda untuk melanjutkan kemerdekaan Indonesia.

Menghargai produk dalam negeri

Seperti yang kita ketahui, kini banyak anak muda generasi sekarang merasa lebih bangga saat menggunakan produk dari brand-brand ternama di dunia. Tanpa kita sadari hal tersebut sebetulnya hanya mematikan pertumbuhan brand-brand lokal yang beberapa diantaranya juga memiliki kualitas produk yang tidak kalah dengan brand luar.

Padahal saat ini banyak sekali brand asli Indonesia yang bermunculan dalam berbagai bidang seperti fashion, food & beverage, service dan masih banyak lainnya. Brand-brand Indonesia ini pun tidak hanya dikenal di dalam negeri namun juga telah mendunia, oleh karena itu tidak ada salahnya kita mulai menghargai hasil produk dalam negeri dengan menggunakan dan mengenalkannya kepada orang-orang.

Baca Juga: Tipe Pembaca Seperti Apakah Kamu?

Mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia

Indonesia terkenal dengan ragam budaya yang berbeda-beda dari Sabang sampai Merauke dan masing-masing budaya tersebut mempunyai ciri khas yang cukup unik dan turun temurun. Kita sebagai generasi penerus ada baiknya untuk bisa melestarikan budaya tersebut dan bahkan memperkenalkannya ke banyak orang agar orang tahu bahwa Indonesia telah merdeka dan mempunyai beragam budaya yang unik.

Pengenalan budaya Indonesia kepada masyarakat dunia juga bisa menjadi salah satu wujud melanjutkan kemerdekaan Indonesia. Budaya memang menjadi bagian penting dan tidak bisa dilepaskan dari nama suatu bangsa. Bahkan budaya bisa dikatakan sebagai hal yang dapat menjadi representasi dari bangsa dan negara yang bersangkutan.

blogpost-20160812-banner

Banyak Baca dan Belajar

Tidak hanya sekedar menghargai produk dalam negri sendiri ataupun memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia. Melanjutkan semangat kemerdekaan yang sudah ada bisa dengan cara yang mudah dan sederhana seperti banyak membaca dan mau belajar. Mengapa harus membaca dan belajar?

Dengan memperluas wawasan kita melalui membaca, sedikit demi sedikit kita memperkaya ilmu dan pengetahuan yang kita punya sehingga kita bisa menjadi lebih pintar untuk bertindak dan tidak mudah dipengaruhi oleh pihak yang mungkin akan merugikan kita sendiri bahkan negara Indonesia. Semakin kita banyak membaca dan mau belajar, kita bisa meningkatkan daya pikir dan IQ kita sehingga dengan wawasan dan ilmu pengetahuan yang kita punya mampu membantu negara ini agar semakin berkembang.

Baca Juga: 6 Keuntungan Yang Bisa Kamu Dapatkan Dengan Membaca

Melalui semangat 45 yang terus melekat di tubuh kita, sudah saatnya kita bangkit untuk meluruskan nalar kita dengan memulai kebiasaan sederhana membaca dan menyebarkan berita yang benar. Dengan menyebarkan informasi dan berita yang benar, kita tidak akan mudah terprovokasi oleh isu-isu yang beredar dengan tujuan untuk merusak moral negara Indonesia.

Saatnya kita sebagai generasi milenial yang mempunyai banyak sekali potensi untuk mulai kebiasaan #SebarYangBenar dan #JadiLebihIndonesia sehingga kita mampu membantu negara ini untuk berkembang .

Baca Juga: Tips Menghindari Berita Hoax

Suka dengan artikel ini? Masih banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca di Kurio. Jika belum memiliki Kurio, kamu bisa mendapatkannya di sini!

Related Post