Suka Kopi? Hindari Mencampurnya Dengan 5 Bahan Ini!
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Suka Kopi? Hindari Mencampurnya Dengan 5 Bahan Ini!

Suka Kopi? Hindari Mencampurnya Dengan 5 Bahan Ini!

blogpost-20160811-articleSiapa yang tidk suka minum kopi? Sebagai salah satu minuman paling banyak diminum oleh orang dewasa di seluruh dunia, kopi merupakan minuman yang terbaik untuk dinikmati kapan pun dan di mana pun. Selain mampu memberikan tenaga dan meningkatkan konsentrasi, ternyata kopi memiliki banyak manfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan.

Sayangnya, manfaat kopi yang sangat besar bagi tubuh bisa hilang ketika kamu mengonsumsi kopi dengan mencampurkannya dengan bahan lain. Alih-alih untuk menikmati kehangatan kopi dan mendapatkan khasiatnya, bahan ini bisa mengurangi khasiat kopi dan bahkan jika dikonsumsi berlebihan bisa mendatangkan penyakit.

Baca juga: Manfaat rutin minum kopi setiap hari

Krimer non-susu

Krimer non-susu atau yang lebih dikenal dengan sebutan non-dairy creamer atau creamer merupakan campuran yang umum ditambahkan kepada secangkir kopi. Krimer ini biasanya mengandung banyak lemak yang mampu menyebabkan penyumbatan arteri yang bisa berkahir kepada serangan jantung. Krimer ini pun jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan diabetes.

Jika kamu kopimu dengan krimer, sebaiknya cari krimer organik yang biasanya terbuat dari santan kelapa sebagai bahan baku utamanya.

Penambah Rasa Buatan

Kini banyak kopi yang ditambahkan perasa lainnya seperti vanilla, caramel, hazelnut, atau yang lainnya. Meskipun tidak ada yang salah dengan menambahkan penambah rasa ini, namun yang perlu diperhatikan adalah proses pembuatan penambah rasa tersebut. Kebanyakan penambah rasa yang ditemui terbuat dari gula tebu dan pewarna buatan. Dua kandungan tersebut sangat beresiko terhadap tubuh karena memiliki kadar gula yang cukup tinggi.

Alternatif untuk mencampurkan kopi dengan penambah rasa adalah memilih yang alami seperti bubuk vanili murni, peppermint, atau ekstrak kacang (almond & hazelnut). Bahan alami ini meskipun beberapa ada yang manis namun memiliki kadar gula yang sangat rendah dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Pemanis Buatan

Tentu, pemanis buatan yang banyak ada di pasaran mengandung nol kalori dadn tidak menyebabkan lonjakan gula darah segera seperti gula meja.

Tetapi, beberapa studi menghubungkan gula buatan yang dibuat di dalam laboratorium ini bisa menyebabkan metabolisme glukosa terganggu, dapat menyebabkan kecanduan dan meningkatkan risiko Anda terhadap diabetes.

Mereka juga dapat mengacaukan flora bakteri di usus kita, yang memainkan peran besar dalam menjaga berbagai fungsi tubuh. Beberapa ahli percaya ekstrak daun stevia kemungkinan alternatif yang lebih aman.

blogpost-20160811-bannerBaca juga: Kapan waktu yang tepat untuk minum kopi?

Gula Tebu

Banyak orang yang suka minum kopi mereka dengna menambahkan gula. Tidak ada yang salah dengan kebiasaan ini, namun yang perlu diperhatikan adalah jumlah gula yang ditambahkannya. Batas normal gula pada setiap cangkir kopi adalah dua sendok teh dan sebaiknya tidak lebih banyak dari tiga cangkir seharinya.

Untuk mengganti gula pada kopimu, kamu bisa menggunakan kayu manis. Selain memiliki peran yang sama seperti gula, kayu manis pun mampu mengurangi lonjakan gula darah.

Susu Tanpa Lemak

Susu tanpa lemak merupakan minuman yang sehat, namun menurut sebuah penelitian menyebutkan jika tidak selamanya lemak buruk untuk tubuh. Penelitian lain membuktikan jika orang yang mengonsumsi susu full cream akan lebih sedikit mengonsumsi karbohidrat.

Sebenarnya tidak ada yang salah jika kamu mencampurkan kopimu dengan susu tanpa lemak, namun jika kamu mencampurkan kopi dengan susu full cream, kamu bisa mengurangi konsumsi karbohidrat kamu.

Meski banyak orang suka dengan kopi, namun setiap orang memiliki lidah dan selera yang berbeda. Tidak ada cara menyajikan kopi yang salah atau benar. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jumlah kopi yang dikonsumsi serta campuran yang ditambahkannya. Secara garis besar, sebaiknya hindari jumlah bahan campuran kopi yang berlebihan dan tidak alami.

Suka dengan artikel ini? Masih banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu baca di Kurio. Jika belum memiliki Kurio, kamu bisa mendapatkannya di sini!

Related Post