Waspada! Ini Tanda Awal Munculnya Penyakit Jantung
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Waspada! Ini Tanda Awal Munculnya Penyakit Jantung

Waspada! Ini Tanda Awal Munculnya Penyakit Jantung

blogpost-20160805-articleSerangan jantung bisa terjadi kapan pun dan di mana pun. Jika tidak ditangani dengan cepat dan benar, maka akibatnya akan sangat fatal. Setiap orang memiliki resiko untuk terkena penyakit jantung. Kini, tidak hanya orang tua saja, namun banyak juga ditemukan kasus serangan jantung yang terjadi di anak muda. Ada baiknya, kamu memeriksakan terus kondisi kesehatan badan sebelum terlambat. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang akan membahayakan dan sulit ditangani apabila terlambat. Sebelum terjadi, kamu harus tau gejala-gejalanya terlebih dahulu. Apa saja?

Baca juga: Cara untuk periksa kesehatan jantung sendiri

Dada Sakit dan Sesak

Sakit pada bagian dada dan sesak nafas tidak selamanya merupakan indikator penyakit jantung. Namun, hal ini merupakan gejala yang paling umum terjadi ketika seseorang mengalami penyakit jantung. Menurut pengakuan orang-orang yang pernah mengalaminya, sakit pada bagian dada terasa seperti ditindih oleh benda yang sangat berat. Apabila gejala ini mulai sering terjadi, segera periksakan kondisi kesehatan kamu.

Nyeri di Sekitar Tangan

Nyeri atau mucul rasa tidak nyaman di sekitar badan tanpa alasan yang jelas jangan kamu anggap remeh. Gejala ini sering dialami oleh orang yang mengalami penyakit jantung. Biasanya, rasa nyeri ini pertama muncul di bagian tangan kiri dan menjalar ke bawah. Namun, rasa nyeri ini pun bisa muncul juga di sekitar bahu, punggung, rahang, sampai ke tenggorokan dan gigi. Tidak ada salahnya jika kamu secara rutin memeriksakan kondisi kesehatan badan.

Gangguan Pencernaan, Mual, dan Muntah-Muntah

Gejala seperti mual, muntah, dan gangguan pencernaan lainnya bisa jadi tanda seseorang mengalami penyakit jantung. Namun, hal ini lebih sering terjadi kepada orang yang tua. Biasanya, pencernaan orang tua lebih mudah bermasalah dan mudah terserang penyakit. Namun, tidak menutup kemungkinan juga kalau gejala ini muncul kepada orang yang masih muda juga.

Baca juga: Cegah Penyakit Jantung Berdasarkan Usiamu

blogpost-20160805-bannerMudah Lelah

Wajar apabila tubuh merasa lelah setelah melakukan kegiatan atau aktivitas yang berat. Namun apabila kamu merasakan sering mudah lelah meskipun tidak aktif berkegiatan maka perlu diwaspadai. Salah satu tanda jika jantung kamu bermasalah adalah mudah lelah meskipun tidak banyak bergerak. Cepat lelah ini disebabkan oleh masalah pada jantung yang membuat kerja jantung semakin berat dari biasanya.

Berkeringat

Logikanya, semakin banyak tubuh mengeluarkan keringat maka semakin baik. Namun, tidak dalam kasus ini. Banyak berkeringat yang baik adalah berkeringat ketika tubuh kamu aktif bergerak. Apabila kamu sangat mudah berkeringat, keringat dingin, dan jumlahnya berlebihan, kamu harus waspada.

Keringat muncul ketika badan tidak aktif bisa disebabkan oleh saluran pembuluh darah yang tersumbat. Hal ini membuat jantung bekerja ekstra keras untuk bisa mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Gejala-gejala tersebut merupakan penyakit yang umum terjadi pada setiap orang. Tetapi ada baiknya jika kamu harus tetap waspada dan tidak menganggap remeh penyakit atau gangguan yang terjadi pada badan.

Menjaga kesehatan badan adalah hal yang harus dilakukan, untuk menghindari penyakit jantung atau penyakit lainnya harus dilakukan sejak muda. Sebelum penyakit jantung menyerang kamu atau orang-orang terdekat kamu, ada baiknya untuk mulai mencegah datangnya penyakit jantung. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Suka dengan artikel kesehatan ini? Masih banyak artikel kesehatan atau berita yang update dan terpercaya lainnya di Kurio. Jika kamu belum memiliki Kurio, klik di sini untuk mendapatkannya!

Related Post