Keuntungan Belajar Bahasa Asing
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Keuntungan Belajar Bahasa Asing

Keuntungan Belajar Bahasa Asing

blogpost-20160804-articleSekarang dunia sudah tidak lagi mengenal batas antara ruang dan waktu. Kehadiran beberapa teknologi seperti telepon, pesawat terbang, sampai internet membuat semua orang di dunia bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan mudah dan tanpa gangguan.

Menghadapi situasi seperti ini, hal utama yang harus bisa dikuasai oleh kamu adalah kemampuan untuk berbahasa asing. Selain fasih berbahasa Indonesia, kamu pun dituntut untuk mengerti, paham, atau fasih dalam menggunakan bahasa asing. Salah satunya adalah bahasa Inggris. Salah satu bahasa yang paling banyak digunakan oleh manusia di dunia.

Memiliki kemampuan untuk berbahasa asing punya banyak keuntungan bagi kamu. Selain memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan orang asing, belajar bahasa pun ternyata memiliki keuntungan yang sangat besar bagi diri kamu sendiri. Diantaranya:

Baca juga: Lima Bahasa Asing Yang Bisa Banyak Mendatangkan Keuntungan

Memori Otak dan Berfikir

Belajar bahasa asing berarti kamu melatih otak kamu untuk mengenal suatu struktur bahasa, aturan, etimologi, dan kosakata yang benar-benar baru. Dengan terus melatih otak untuk menguasai struktur bahasa yang rumit, juga untuk menambah dan mengingat kosakata yang rumit akan meningkatkan kemampuan memori otak serta membuat otak untuk berfikir lebih cepat.

Kemampuan Untuk Multi-task

Multi-task atau mengerjakan beberapa hal sekaligus bukan hal yang mudah dilaksanakan bagi oang yang tidak terbiasa. Namun, hal ini tidak akan jadi masalah bagi orang-orang yang memiliki kemampuan berbahasa asing.

Kebiasaan untuk mengubah dari bahasa ibu ke bahasa asing dengan cepat melatih otak untuk berfikir dengan cepat. Hal ini bukan pekerjaan mudah bagi otak manusia dan apabila dilatih terus menerus, seseorang bisa menjadi orang yang ahli mengerjakan beberapa hal sekaligus dengan kesalahan yang minim.

blogpost-20160804-bannerMeningkatkan Bahasa Ibu

Belajar bahasa yang baru menuntut kamu untuk mengetahui kosakata, grammar, konstruksi kalimat, bahasa tutur, bahasa tulis, dan masih banyak lagi. Sambil berusaha untuk menguasai beberapa aspek utama dari bahasa asing ini kamu akan meningkatkan kemampuan kamu dalam berbahasa asli kamu.

Saat kamu belajar, otak akan terus bekerja untuk mengolah, menerjemahkan, dan menyimpan informasi-informasi baru ini ke dalam otak. Jadi secara tidak langsung belajar bahasa asing akan meningkatkan kemampuan bahasa asli kamu.

Baca juga: Tanda-Tanda Jika Kamu Berada Pada Perkerjaan Yang Tepat

Kemampuan Untuk Mengambil Keputusan

Menurut sebuah penelitian dari University of Chicago, kemampuan untuk mengambil keputusan bukan hal yang menyulitkan bagi orang yang memiliki kemampuan berbahasa asing. Hal ini disebabkan karena orang yang belajar bahasa asing terbiasa untuk melihat dan menilai proporsi bahasa, kosakata, sampai makna yang terkandung dalam bahasa tersebut untuk diolah oleh otak dan direspon. Kegiatan ini nantinya akan bermanfaat bagi kemampuan untuk mengambil keputusan.

Peluang Karir Lebih Besar

Kini tidak ada batas raung untuk membangun karir dan bekerja. Maka dari itu orang-orang dengan kemampuan bahasa asing memiliki kemampuan lebih besar untuk bisa sukses dan berkembang. Saat ini, banyak perusahaan yang mencari calon karyawan yang menguasai bahasa asing, selain bahasa Inggris. Dari penjelasan di atas pun terbukti jika orang yang memiliki kemampuan berbahasa asing memiliki banyak hal positif yang sangat membantu dalam perkembangan karirnya.

 

Related Post