Cara Memeriksa Kesehatan Jantung Sendiri
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Cara Memeriksa Kesehatan Jantung Sendiri

Cara Memeriksa Kesehatan Jantung Sendiri

blogpost-20160801-article

Seiring berkembangnya zaman, tanpa kita sadari gaya hidup kita sehari-hari juga mengikuti perkembangan zaman tersebut. Gaya hidup yang tidak sehat pun kita jalani seperti merokok, mengonsumsi fast food, memakan makanan penuh lemak dan meminum jenis minuman dengan kadar gula yang banyak hingga kurang olah raga. Tidak jarang penyakit jantung kini mudah menyerang kita yang berusia muda.

Oleh karena itu ada baiknya kamu harus memeriksakan kesehatan jantungmu secara rutin, baik dengan berkonsultasi dengan dokter ataupun mengeceknya sendiri. Menurut CDC – Heart Disease Home, kesehatan jantung dapat kita cek sendiri dengan mengikuti empat tips berikut ini.

Baca juga: Cara Efektif Cegah Penyakit Jantung Berdasarkan Usiamu

Detak Jantung Saat Istirahat

Sebelum kamu bangkit dari tempat tidur di pagi hari, coba rasakan denyut nasi di pergelangan tangan kamu dengan telunjuk jari tengah kamu. Setelah itu hitung denyutnya selama sepuluh detik, lalu kalikan dengan enam untuk menemukan detak jantung kamu per menit (bpm – beats per minutes).

Jika detak jantungmu 60 – 80 bpm, maka dianggap baik / normal. Apabila dibawah 60 bpm, artinya jantung anda sangat sehat. Pertahankan dengan perbanyak minum air mineral. Namun apabila detak jantungmu diatas 80 bpm, kemungkinan besar kesehatanmu terganggu dan sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter.

blogpost-20160801-banner

Detak Jantung Setelah Olah Raga

Menurut dr. Cheri Wiggins, MD, dokter dari Twin Falls, Idaho, Amerika Serikat yang dikutip dari artikel  News-Medical, semakin cepat detak jantungmu kembali ke normal setelah berolah raga artinya  jantung kamu sehat. Jika detak jantung tidak turun sedikitnya 12 detakan dalam satu menit setelah berolah raga, maka kamu rentan mengalami gagal jantung.

Kamu dapat menghitungnya dengan cara mudah berikut untuk lebih jelasnya:

(220 – usia) x 0,6 = titik rendah dari target detak jantung

(220 – usia) x 0,8 = titik tinggi dari target detak jantung

Baca juga: Mengurangi Berat Badan Tanpa Diet? Ini Rahasianya!

Melihat gaya hidup kita yang mengikuti perkembangan zaman ini, tidak ada salahnya kita mendeteksi sejak dini apakah kita memiliki jantung yang sehat atau tidak. Karena penyakit jantung kini juga semakin mudah menyerang usia muda, oleh karena itu ada baiknya juga kita mencegah penyakit jantung tersebut.

Suka dengan artikel ini? Masih banyak artikel menarik lainnya seputar Kesehatan di Kurio. Jika belum punya Kurio, Kamu bisa download apliaksinya di sini.  Kurio memiliki beragam artikel, tips, berita, maupun informasi dari ratusan topik yang berasal dari sumber terpercaya.

 

Related Post