Cara Efektif Cegah Penyakit Jantung Berdasarkan Usiamu
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Cara Efektif Cegah Penyakit Jantung Berdasarkan Usiamu

Cara Efektif Cegah Penyakit Jantung Berdasarkan Usiamu

blogpost-20160801-articleDahulu penyakit jantung merupakan penyakit yang umumnnya menyerang orang tua. Namun, hal ini sudah tidak lagi relevan lagi sekarang. Saat ini banyak ditemukan kasus penyakit jantung yang menyerang orang-orang yang masih berusia muda. Baru berumur sekitar 20 tahunan, tidak memiliki riwayat penyakit yang serius, namun bisa tiba-tiba mengalami serangan jantung.

Banyak faktor yang membuat kini siapa pun bisa terserang penyakit jantung. Pola makan yang dijaga dengan tidak baik, kebiasaan hidup yang buruk, sampai kruang olahraga dan istirahat bisa menjadi pemicu serangan jantung. Secara umum, untuk mengurangi resiko serangan jantung bisa dilakukan dengan banyak mengonsumsi gandum, makanan yang berserat seperti sayur & buah-buahan, serta yang banyak mengandung protein. Namun tidak hanya itu saja. Mengubah pola makan juga harus disertai dengan olahraga yang cukup. Badan aktif bergerak dan berkeringat secara rutin merupakan cara yang baik unutk menjaga badan tetap bugar dan mampu mencegah datangnya penyakit jantung dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Mengurangi Berat Badan Tanpa Diet? Ini Rahasianya!

Umur 20 tahunan

Umur 20 tahunan merupakan waktu tepat untuk mulai membiasakan pola hidup sehat dan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Aktif bergerak dan berolahraga secara rutin sebaiknya dijadikan sebagai kebiasaan yang mulai diterapkan secara rutin. Jika kamu sudah terbiasa untuk olahraga rutin sejak muda, akan lebih mudah untuk melanjutkannya saat tua dibandingkan harus memulainya saat sudah tua.

Selain berolahraga, biasakan juga untuk memeriksakan secara rutin kesehatan. General check up minimal enam  bulan sekali untuk memeriksakan kondisi kesehatan organ tubuh, kadar lemak, kolesterol, gula darah, dan tekanan darah merupakan hal yang penting.

blogpost-20160801-bannerUmur 30 tahunan

Memasuki umur 30 tahunan kamu pasti akan sedikit kesulitan mencari waktu luang untuk berolahraga. Kesibukkan antara pekerjaan dan keluarga akan menyita banyak waktu kamu. Namun, usakan untuk tetap aktif dan banyak bergerak. Bermain dengan anak, atau tidak terlalu banyak mengabiskan waktu duduk di kantor dan di rumah adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

Mulai menjaga pola makan mulai harus kamu lakukan. Mengurangi makannan yang banyak mengandung lemak dan kolesterol adalah hal yang utama. Jangan lupa juga untuk menghindari stress. Menurut sebuah penelitian, stress merupakan salah satu pemicu utama datangnya serangan jantung.

Baca juga: 5 Cara Paling Mudah Untuk Menjaga Badan Tetap Bugar

Umur 40 tahunan

Semakin tua, metabolisme tubuh tidak akan sama lagi dengan kamu saat berumur 20 tahunan. Sebaiknya, ubah pola makan kamu ketika kamu mulai memasuki umur 40 tahunan. Mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak, gula, dan kolesterol harus mulai dilakukan. Jangan lupa juga untuk terus mengontrol kondisi kesehatan organ tubuh ke dokter juga tetap aktif dan berolahraga. Ketika berumur 40 tahunan, jangan anggap remeh kebiasaan mendengkur ketika tidur. Kebiasaan mendengkur ketika tidur dapat menyebabkan tekanan darah yang tinggi, stroke, dan serangan jantung jika tidak cepat-cepat ditangani.

Menjaga kesehatan tubuh sebaiknya sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan sejak muda. Seperti pepatah bilang, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Suka dengan artikel ini? Masih banyak artikel menarik lainnya seputar dunia kesehatan di Kurio. Jika belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download di sni. Gratis!

Related Post