Lima Tanda Jika Anak Sudah Siap Sekolah
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Lima Tanda Jika Anak Sudah Siap Sekolah

Lima Tanda Jika Anak Sudah Siap Sekolah

blogpost-20160726-articleTidak mudah untuk memutuskan jika anak kita sudah siap untuk sekolah. Sebelum mendaftarkan anak ke Sekolah Dasar (SD), melatih anak untuk terbiasa di sekolah lewat playgroup dan taman kanak-kanak adalah cara yang paling efektif. Namun, apakah diumur mereka yang baru menginjak tiga atau empat tahun sudah bisa mulai bersekolah?

Kathy Walker, seorang konsultan pendidikan anak asal Australia mengatakan jika menentukan anak siap atau tidak untuk sekolah merupakan keputusan yang sangat besar bagi orang tua. Ia juga mengatakan jika seorang anak akan bersekolah dalam jangka waktu yang sangat lama.

“Orang tua ingin semua anaknya mampu berkembang, mendapatkan banyak ilmu di bangku sekolah, dan tidak kesulitan untuk mengikuti pelajaran di dalam kelas. Saran yang selalu saya berikan kepada orang tua adalah tidak perlu terburu-buru. Anak akan bersekolah bertahun-tahun, jadi sebaiknya persiapan yang orang tua lakukan sudah matang untuk menghadapi hal ini,” menurut Kathy

Baca juga: Tips Untuk Menanamkan Kebiasaan Membaca Pada Anak

Playgroup dan taman kanak-kanak adalah tempat untuk paling tepat mempersiapkan anak untuk memulai pendidikannya. Sebelum duduk di bangku sekolah dasar, dua tempat pendidikan ini akan mengajarkan anak banyak hal yang nantinya dibutuhkan untuk mengolah ilmu, berinteraksi, dan disiplin.

Umur bukan satu-satunya faktor yang menentukan jika anak sudah siap untuk berada di lingkungan baru bersama teman-temannya untuk bermain dan belajar. Meski faktor ini tetap jadi pertimbangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain untuk melihat tanda kesiapan sang anak, sifat yang sudah muncul pada anak ini juga nantinya dibutuhkan untuk bisa mengikuti kegitan yang ada selama di sekolah, taman kanak-kanak, atau playgroup.

Sudah Cukup Mandiri

Menilai jika anak sudah mandiri adalah dengan melihat mereka sudah bisa mengurus dirinya sendiri. Masalah makan, ke toilet, hingga tidur tanpa harus ditemani atau dibantu oleh orang lain. Sebaiknya persiapkan anak untuk bisa melakukan beberapa hal penting seperti di atas sendirian secara rutin sebelum memasukan mereka ke preschool.

blogpost-20160726-bannerBisa Ditinggal Jauh

Bisa ditinggal oleh orang tua atau pengasuhnya adalah tanda yang tepat jika anak sudah siap untuk sekolah. Banyak anak kecil sering menangis atau merengek apabila ditinggal jauh oleh orang tua atau pengasuhnya. Untuk melatih anak bisa mandiri di dalam sekolah, hal ini bisa dilatih perlahan-lahan ketika anak baru mulai masuk sekolah.

Bermain Dalam Kelompok

Selain untuk mengembangkan kognitif sang anak, sekolah juga mengajarkan anak untuk bisa bersosialisasi dan bermain bersama teman seumurannya. Tidak egois, mau mengalah, dan mau berinteraksi bersama orang lain adalah hal yang dibutuhkan sang anak untuk bisa berbaur dengan teman-temannya.

Baca juga: Cara Efektif Menghadapi Rewel dan Tantrum Anak

Terbiasa Dengan Rutinitas

Wajar apabila anak-anak mudah bosan dengan apa yang sedang dilakukannya namun, saat bisa patuh dan kegiatan yang akan dilakukannya akan menjadi sebuah rutinitas. Mulai dari jam masuk, jam istirahat, dan jam bermain sudah terjadwal. Sebelum memasukan anak ke sekolah, sebaiknya latih terlebih dahulu anak untuk terbiasa dengan jadwal di rumah.

Mendengarkan dan Patuh Terhadap Instruksi

Mau mendengarkan instruksi atau perintah dari guru adalah hal utama yang perlu dilakukan sang anak ketika sekolah. Sebelum memasukan anak ke sekolah, sebaiknya orang tua mulai mengajarkan anaknya untuk patuh dan mau mendengarkan instruksi yang diberikan.

Selain melihat beberapa hal  di atas, yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menilai apakah sang anak siap untuk sekolah dengan berkonsultasi dengan pihak sekolah yang ingin dituju. Sekolah merupakan bagian penting dalam perkembangan anak, jadi sebaiknya orang tua bisa mempersiapkan semua halnya dengan matang sebelum anak memasuki proses belajar resmi di bangku sekolah.

Suka dengan artikel ini? Masih banyak artikel menarik lainnya seputar dunia parenting dan anak-anak di Kurio. Jika belum punya Kurio, kamu bisa download aplikasinya di sini. Kurio memiliki beragam artikel, tips, berita, maupun informasi dari ratusan topik yang berasal dari sumber terpercaya.

Related Post