Ini Manfaat Bermain Pokemon Go Bagi Kesehatan Menurut Ilmuwan
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Ini Manfaat Bermain Pokemon Go Bagi Kesehatan Menurut Ilmuwan

Ini Manfaat Bermain Pokemon Go Bagi Kesehatan Menurut Ilmuwan

blogpost-20160722-articleMobile game Pokemon Go saat ini masih jadi game yang paling hangat dibicarakan di seluruh dunia. Meskipun belum dirilis resmi di seluruh negara, namun game buatan Niantic ini berhasil menjadi game paling laris dan paling banyak dimainkan sepanjang sejarah.

Trend Pokemon Go tidak hanya terjadi di luar negeri saja, di Indonesia Pokemon Go pun jadi game yang paling hangat dibicarakan dan dimainkan.

Bermain game merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh orang sebagai hobi,mengisi waktu luang, sampai sekadar mengikuti trend yang banyak terjadi pada fenomena Pokemon Go. Di luar beberapa alasan tersebut, ilmuwan dari Psych Central di Amerika Serikat yang bernama Dr. John  Grohol melihat banyak sisi positif dari fenomena Pokemon Go.

Baca juga: Alasan Kenapa Kamu Harus Main Pokemon Go

Menyehatkan Badan

Tidak dapat dipungkiri jika Pokemon Go membuat para pemainnya untuk banyak bergerak. Hal ini terjadi karena Pokemon Go memaksa para pemainnya untuk banyak berjalan dan mengunjungi tempat-tempat umum seperti taman, monument, museum, sampai mall.

Berbeda dengan game lainnya yang bisa dimainkan tanpa harus berjalan, Pokemon Go bisa jadi alternatif bagi kebanyakan orang yang kurang olahraga atau kurang bergerak karena kesibukan mereka di dalam kelas atau ruangan kantor.

Menghilangkan Depresi Dan Gelisah

Dalam waktu dua puluh tahun terakhir, Dr. John Grohol telah meneliti fenomena perilaku manusia di dalam jaringan internet. Kehadiran Pokemon Go membuat ilmuwan dari Psych Central ini kagum.

“Dalam kasus Pokemon Go, saya belum pernah melihat fenomena bermain game memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan mental manusia. Ini pertama kalinya saya melihat fenomena seperti ini dan sesuatu yang  unik “ ungkap Dr. John Grohol yang dipetik dari endgagdet.com.

Menurutnya lebih lanjut lagi, ia menjelaskan jika tipe permainan Pokemon Go yang memaksa orang untuk berjalan adalah salah satu kunci keberhasilan game ini untuk mengobati rasa depresi dan gelisah.

“Semakin banyak orang berolahraga (bergerak), akan membantu untuk mengurangi rasa depresi dan stress. Olahraga ini juga memiliki fungsi yang sama dengan anti-depressant dan memiliki efek yang besar juga,” lanjutnya.

Hasil penelitian Dr. John Grohol bukan hasi penelitian semata. Dalam social media twitter, banyak sekali orang yang mengungkapkan jika Pokemon Go sangat efektif untuk mengurangi rasa depresi, stress, dan gelisah yang mereka alami.

blogpost-20160722-banner

Baca juga: Mobile Game Paling Laris Sepanjang Sejarah

Membuat Anak Autis Aktif & Berinteraksi

Salah satu efek bermain Pokemon Go yang paling fenomenal adalah pengaruh game ini terhadap anak-anak pengidap autisme. Dalam sebuah artikel dari today.com, seorang anak yang mengidap autism berumur enam tahun bernama Ralphie yang sangat pemalu dan tidak mau berinteraksi dengan orang asing.

Namun, setelah Ralphie bermain Pokemon Go, ia kini tidak malu lagi untuk bertatap muka langsung dengan orang asing dan bermain bersama anak seumurnya di luar sambil mengejar monster dalam game Pokemon Go.

Meskipun Ralphie hanya satu contoh dari manfaat Pokemon Go bagi kesehatan mental manusia, namun telah banyak ilmuwan dan peneliti yang melihat fenomena game ini memiliki efek yang sangat positif bagi kesehatan mental manusia.

Suka dengan artikel ini, di Kurio kamu bisa mendapatkan artikel menarik lainnya. Kalau belum punya Kurio, kamu bisa download aplikasinya langsung di sini!

Related Post