Tips Mempersiapkan Anak Kembali Bersekolah
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Tips Mempersiapkan Anak Kembali Bersekolah

Tips Mempersiapkan Anak Kembali Bersekolah

blogpost-20160719-article

Liburan telah usai, saatnya anak-anak kembali bersekolah. Namun bagaimana caranya agar anak-anak bisa kembali bersemangat untuk kembali bersekolah? Peran orang tua sangat diperlukan dalam hal ini karena melalui orang tua, kita dapat mengajarkan dan mengajak anak untuk menyukai sekolah dan bersemangat untuk mengikutinya kembali. Mulai dari mempersiapkan buku pelajaran, peralatan sekolah hingga sedikit pelajaran dari semester sebelumnya juga diperlukan untuk memunculkan kembali semangat bersekolah bagi anak-anak.

Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian orang tua untuk bisa menyemangati dan mempersiapkan anak kembali bersekolah. Berikut tips untuk mempersiapkan anak kembali bersekolah yang dapat menjadi paduan bagi para orang tua.

Kaji Ulang Pelajaran Semester Lalu

Tidak ada salahnya bagi orang tua untuk mengajak anak untuk mengulang beberapa pelajaran yang pernah dipelajari sebelumnya, namun pastikan orang tua mendampinginya. Karena dengan mengajak anak mengkaji kembali beberapa pelajaran di semester sebelumnya sebelum kembali bersekolah bisa merangsang otak sang anak untuk kembali aktif dan membuatnya bisa dengan mudah untuk kembali menerima pelajaran di sekolahnya mendatang.

Bagi para orang tua, selalu pastikan kalian mengajak anak-anak kembali belajar dengan cara yang menyenangkan ya. Jangan sampai anak anda justru menggerutu perihal di waktu liburan namun mereka harus belajar. Coba ajak mereka belajar seperti melontarkan beberapa pertanyaan soal pelajaran sebelumnya ketika mereka bermain.

Belikan Peralatan Sekolah Baru

Hal ini memang terkadang dilupakan oleh para orang tua karena bagi mereka, peralatan sekolah yang lama masih bisa digunakan (selain untuk faktor penghematan ya moms). Namun tanpa disadari, dengan mengajak anak-anak untuk membeli peralatan sekolah yang baru bisa mengajak mereka untuk kembali bersemangat kembali bersekolah. Bagi anak-anak, peralatan sekolah yang baru menjadi salah satu hal menyenangkan yang mereka sukai dari sekolah. Bisa mempunyai pulpen, pensil, kotak pensil hingga buku yang baru menjadi sebuah kesenangan tersendiri bagi mereka.

Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk mengajak anak-anak kamu untuk berbelanja peralatan sekolah dan biarkan mereka memilih sesuai dengan kesukaan mereka.

blogpost-20160719-banner

Siapkan Seragam Hingga Tas Sekolah

Banyak orang tua yang sering lupa untuk mengecek keadaan seragam hingga tas sekolah anak apakah masih layak untuk dipakai atau tidak. Tidak bisa dipungkiri anak-anak menjadi sangat aktif di usia mereka dan ketika bersekolah karena cenderung bermain bersama teman-teman mereka dan kemungkinan seragam sekolah hingga tas sekolah mereka menjadi tidak layak dipakai sangat memungkinkan.

Nah, ini menjadi salah satu perhatian yang perlu diperhatikan oleh orang tua untuk mengecek kelayakan pakai seragam dan tas sekolah mereka. Jika memang sudah tidak layak dipakai, jangan ragu-ragu untuk membelikan yang baru untuk mereka ya moms.

Berikan Semangat

Salah satu faktor yang cukup penting yang dibutuhkan anak-anak dari orang tuanya adalah dorongan semangat untuk kembali bersekolah. Bagaimana pun juga orang tua selalu mempunyai peranan penting dalam proses belajar atau sekolah anaknya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya orang tua memberikan semangat kapan pun tidak hanya pada saat mereka sudah bersekolah namun juga setiap saat baik sedang berlibur maupun akhir pekan.

 

Jadi, apakah para orang tua sudah melakukan hal-hal tersebut diatas untuk mempersiapkan anak-anakmu kembali bersekolah? Jangan ragu untuk share ke kami jika moms mempunyai beberapa hal yang perlu diperhatikan lagi yuk.

Ingin mengetahui tips-tips bermanfaat lainnya seputar Parenting? Download aplikasi Kurio dan temukan dalam topik Family & Parenting. Jika kamu belum mempunyai aplikasinya, kamu bisa mendapatkannya di sini.

Related Post