Kenapa Ide Sering Muncul Ketika Kamu Sedang Mandi
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Kenapa Ide Sering Muncul Ketika Kamu Sedang Mandi

Kenapa Ide Sering Muncul Ketika Kamu Sedang Mandi

blogpost-20160712-articleIde atau inspirasi bisa datang kapan pun dan di mana pun. Kadang di tempat yang tidak terduga, seperti kamar mandi.Tidak jarang, ide atau inspirasi yang sudah lama kamu cari bisa muncul saat kamu sedang mandi.

Beberapa orang mengaku telah mendapatkan banyak ide gemilang yang muncul ketika mereka sedang berada di kamar mandi. Banyak orang-orang yang bekerja di dunia kreatif banyak menemuuakan ide atau inspirasi untuk film, musik, atau karyanya ketika sedang mandi. Sutradara ternama Hollywood, Woody Allen mengaku jika tidak jarang ia mendapatkan ide untuk filmnya ketika ia sedang mandi. Selain Woody, ahli matematika ternama asal Yunani, Archimedes berhasil menemukan sebuah teori ketika ia sedang berada di kamar mandi. Teori ini kemudian yang kita kenal dengan nama teori Archimedes.

Kamar mandi sebagai sumber ide bukan hal yang kebetulan saja. Banyak ilmuwan yang telah meneliti hubungan antara proses kreatif seseorang dan mandi. Hasilnya, mandi memiliki efek yang besar untuk meningkatkan daya pikir otak manusia.

Suntikan Dopamine

Ide atau inspirasi yang sering muncul di kamar mandi bukan sebuah hal yang kebetulan. Leo Widrich, CEO dari Buffer App menjelaskan jika ketika seseorang sedang mandi, tubuh banyak mengeluarkan dopamine kepada otak. Suntikan domamine ini yang mampu meningkatkan daya otak untuk befikir dan fokus.

Aliran dopamine di otak akan lebih besar lagi ketika kamu mandi air hangat dengan menggunakan shower. Semakin besar aliran dopamine di dalam otak maka semakin besar juga kemampuan otak kita untuk bekerja, mencari ide atau menyelesaikan tugas yang harus kamu selesaikan.

blogpost-20160712-bannerRileks = Kreatif

Saat mandi atau berendam, tubuh akan berada dalam keadaan yang sangat rileks. Keadaan inilah yang mampu membuat seseorang lebih bisa berfikir lebih tenang, jernih, dan fokus. Maka, tidak jarang apabila kamu merasa sulit untuk mencari ide, mengurung diri di kamar mandi bisa jadi solusi yang tepat.

Mandi air panas menggunakan pancuran atau berendam bisa kamu lakukan.

Tidak Terdistraksi

Noise atau gangguan selalu ada di sekitar kita, kapan pun dan di mana pun. Hal ini yang seringkali membuat otak kita sulit untuk berfikir. Di tengah kebisingan dan gangguan tersebut, otak manusia akan kesulitan untuk bisa fokus untuk menyelesaikan suatu tugas.

Ketika mandi, tubuh akan lebih tenang dan otak manusia bekerja lebih efektif. Selain itu, suasana tenang ini memberikan waktu bagi tubuh untuk bisa lebih mendengarkan otak kita berfikir dan bekerja.

Suka dengan artikel ini? Kamu bisa mendapatkan artikel menarik lainnya seputar productivity, carrers, dan life hanya di Kurio! Jika belum memiliki aplikasinya, bisa kamu download di sinisekarang!

Related Post