Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Panjang
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Panjang

Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Panjang

Blog20160711-articleKetika liburan panjang, banyak dari kita yang sama sekali tidak memikirkan dan meninggalkan semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Mulai dari tugas yang harus dikerjakan, hingga email yang berhubungan dengan pekerjaan bukan lagi jadi prioritas.

Menjalankan liburan tanpa harus memikirkan pekerjaan memang hal yang sangat menyenangkan, namun kamu akan merasa kesulitan untuk mengembalikan ritme kerja setelah menjalankan liburan yang cukup lama tanpa memikirkan tugas dan pekerjaan. Hari pertama setelah kerja adalah hari yang terberat. Jangankan untuk kembali aktif dan produktif di kantor. Untuk bangun pagi pun adalah hal yang sulit dilakukan oleh beberpaa orang.

Agar kamu bisa cepat kembali semangat dan produktif di kantor ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Ingin tau apa saja? Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan.

Istirahat yang cukup

Satu hari sebelum kembali bekerja, sebaiknya kamu memiliki waktu istirahat yang cukup. Istirahat yang baik bukan hanya tidur yang cukup saja, namun usahakan juga untuk tidak terlalu banyak melakukan aktivitas di hari terakhir liburan kamu. Gunakan waktu sehari sebelum kembali kerja dengan beristirhat dan memiliki waktu tidur yang cukup.

Dengan beristirhat yang cukup, tubuh dan pikiran kamu akan siap untuk menjalankan ativitas rutin di kantor setelah lama berlibur.

Sarapan

Waktu makan yang paling penting dalam satu hari ini tidak boleh kamu lewatkan. Sarapan yang baik dan bergizi bisa memberikan kamu tenaga untuk menghadapi hari yang berat di kantor, apalagi setelah menjalani liburan yang panjang.

Bekerja berjam-jam di kantor membutuhkan tenaga, pikiran, dan kosentrasi yang sangat menguras tenaga. Dengan sarapan, tubuh dan pikiran kamu bisa menjalankan rutinitas kantor yang berat tanpa hambatan.

Blog20160711-bannerKerjakan Tugas Bertahap

Tidak semua orang dapat mengembalikan ritme kerja setelah libur panjang. Bagi kamu yang ingin cepat kembali bersemangat di kantor, yang perlu kamu lakukan adalah kembali menjalankan tugas di kantor secara bertahap. Kerjakan tugas-tugas atau kewajiban yang lebih ringan dahulu sebelum kembali menjalankan tugas atau proyek besar yang menyita waktu dan tenaga.

Membalas email atau review tugas yang harus diselesaikan adalah beberapa kegiatan ringan yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan ritme kerja setelah liburan panjang.

Hindari Lembur

Sebaiknya hindari lembur ketika kamu baru kembali kerja setelah libur panjang. Bukan berarti kamu harus pulang cepat atau meninggalkan tugas, namun jika kamu belum memiliki semangat dan tenaga yang cukup, sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri. Bekerja lembur di kantor akan menguras tenaga dan pikiran kamu, apabila kamu tidak siap, selain hasilnya tidak akan maksimal, tenaga dan pikiran kamu akan terbuang percuma.

Cara paling efektif untuk menghindari lembur adalah dengan menyelesaikan semua tugas yang berat sebelum memasuki waktu liburan.

Mengembalikan semangat kerja setelah liburan panjang memang bukan hal yang mudah, namun hal ini perlu kamu lakukan. Beberapa cara di atas mungkin bisa kamu tiru dan lakukan sehingga kamu bisa dengan cepat menyelesaikan tugas di kantor. Selamat bekerja!

Suka dengan artikel ini? Kamu bisa mendapatkan artikel menarik lainnya seputar productivity, carrers, dan life hanya di Kurio! Jika belum memiliki aplikasinya, bisa kamu download di sini sekarang!

 

Related Post