Fakta Unik Di Balik Buah Kurma
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Fakta Unik Di Balik Buah Kurma

Fakta Unik Di Balik Buah Kurma

blogpost-20160621-articleBerbicara mengenai bulan puasa, salah satu hal yang tidak bisa dilupakan adalah buah kurma. Buah yang umum dikonsumsi oleh masyarakat di daerah Timur Tengah ini bisa dibilang telah menjadi buah yang identik dengan perayaan bulan puasa di Indonesia. Meskipun pohon kurma tidak memiliki musim berbuah seperti buah pada umumnya, namum musim buah kurma muncul sejak menjelang bulan Puasa hingga Lebaran. Buah mungil berwarna cokelat ini banyak ditemukan di setiap supermarket hingga pasar.

Di balik tampilannya yang mungil, ternyata buah yang satu ini memiliki khasiat dan manfaat yang sangat besar bagi orang terutama yang sedang menjalankan ibadah puasa. Selain itu masih banyak lagi cerita menarik lainnya seputar buah kurma. Ingin tau apa saja? Berikut adalah fakta unik di balik buah kurma.

Buah Super

Seperti buah-buah pada umumnya, kurma juga memiliki banyak kandungan gizi, zat, dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Di balik ukurannya yang mungil, kurma memiliki banyak kandungan gula alami yang bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh.

Kurma juga merupakan buah yang kaya serat dan memiliki kadar lemak sangat rendah sehingga mampu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi kurma secara rutin mampu meningkatkan kekebalan jantung, membangun massa tulang, meningkatkan sel darah merah, dan menjaga kekebalan tubuh.

blogpost-20160621-bannerTahan Lama

Umur buah-buahan bisanya tidak tahan lama, dalam hitungan hari setelah matang, buah bisanya akan menjadi busuk dan tidak layak untuk dimakan. Hal ini tidak terjadi dengan buah kurma, karena kurma memiliki kandungan air yang sedikit dibanding dengan buah lain membuat kurma dapat disimpan dalam waktu yang relatif lebih lama. Umumnya buah kurma bisa tahan sampai kurang lebih satu tahun apabila disimpan di ruangan yang sejuk.

Buah kurma yang baik merupakan buah kurma yang sudah lama matang di pohon sebelum dipetik. Kurma ini memiliki kandungan gizi dan vitamin lebih banyak lagi serta memiliki umur yang relatif lebih lama lagi.

3 Buah = 1 Piring Nasi

Di beberapa negara di Timur Tengah, buah kurma sering digunakan sebagai buah untuk berbuka puasa. Selain karena budaya dan tradisi, setelah diteliti secara ilmiah kebiasaan ini sangat baik untuk badan setelah berjam-jam tidak mengonsumsi makanan dan minuman ketika berpuasa. Kandungan gula dan kalori yang besar di dalam kurma bisa dengan cepat mengisi kembali energi yang telah hilang selama berpuasa dan membantu organ tubuh untuk kembali bekerja dengan normal.

Sebaiknya, buah kurma ini juga dikonsumsi saat sahur juga. Tiga buah kurma disaat sahur memiliki kandungan kalori yang setara dengan satu piring nasi. Dengan begitu, tubuh memiliki energi dan tenaga yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya selama berpuasa.

Anti Semut

Membiarkan makanan atau buah-buahan manis tergeletak begitu saja di meja merupakan sasaran empuk bagi gerombolan semut. Namun, kamu tidak perlu khawatir dengan buah kurma. Meskipun memiliki rasa yang manis, namun semut tidak menyukai buah kurma.

Rasa manis yang ada di buah kurma telah melalui proses fermentasi terlebih dahulu. Hal ini sama halnya dengan rasa manis yang ada di madu.

Ternyata di balik bentuknya yang kecil dan mungil buah ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak ada salahnya jika kamu mulai mengonsumsi kurma, baik di bulan puasa atau untuk dikonsumsi sehari-hari. Suka dengan artikel ini? Masih banyak lagi artikel dan informasi menarik lainnya di Kurio. Untuk artikel yang bertemakan Ramadan dan lebaran, Kurio memiliki kanal khusus yang mengumpulkan semua artikel dan informasi ini dari berbagai sumber yang terpercaya.

Related Post