Menu Tepat Untuk Sahur Dan Buka Puasa
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Menu Tepat Untuk Sahur Dan Buka Puasa

Menu Tepat Untuk Sahur Dan Buka Puasa

blogpost-20160620-article

Bulan Ramadan menjadi saat yang istimewa bagi para umat muslim, karena harus berpuasa selama sebulan penuh. Oleh karena itu ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu menu sehat apa yang cocok untuk sahur dan buka puasa agar kita bisa menjalankan aktivitas kita sepanjang hari.

Berikut beberapa tips menu makanan sehat yang tepat untuk sahur dan buka puasa menurut Dr. Phaidon L. Toruan, seorang Sport Nutritionist.

Menu tepat untuk Sahur

Utamakan yang mengandung air dan vitamin, seperti meminum air putih terlebih dahulu kemudian dengan memakan buah-buahan untuk sumber vitaminnya. Kemudian pilihlah jenis makanan yang memiliki karbohidrat, karena makanan yang mengandung karbohidrat memiliki sifat yang tahan lama untuk membuat gula darah stabil sehingga mood menjadi relatif lebih baik.

Tidak boleh terlupa juga adalah jenis makanan yang mengandung serat untuk menjadi pembersih ususmu sehingga kamu masih bisa tetap beraktifitas seperti biasa tanpa ada gangguan dari pencernaan tubuhmu. Jika memungkinkan, cobalah untuk mengkonsumsi lemak sehat atau minyak goreng yang tidak digoreng seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. Karena tanpa kita sadari, lemak sehat mampu membuat pergerakan makanan di perut menjadi lebih lambat.

blogpost-20160620-banner

Menu tepat untuk Buka Puasa

Sering sekali kita berbuka puasa dengan teh manis, namun cobalah untuk memulai kebiasaan baru yaitu dengan minuman manis yang tanpa gula buatan, contohnya seperti air kelapa, jus buah atau mungkin dengan buah-buahan terlebih dahulu. Setelah itu dapat dilanjutkan dengan makanan yang mengandung karbohidrat dan alangkah baiknya jika bukan makanan yang digoreng, karena gorengan mengikat hingga 20% kadar oksigen di tubuhmu.

Terakhir, jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih dan pastikan kamu meminum air putih satu liter dari mulai buka puasa hingga kembali tidur kembali.

Terdapat banyak sekali jenis makanan yang cocok untuk sahur dan buka puasa mu, yang perlu kamu ketahui adalah dengan mengenali jenis-jenis makanan apa saja yang sebetulnya sehat dan baik untuk tubuhmu. Karena tubuhmu dipaksa untuk tidak melakukan kegiatan yang seharusnya dilakukan setiap harinya.

Untuk mengikuti tips seputar Ramadan hingga tips-tips makanan, coba untuk membuka aplikasi Kurio mu dan ikuti topik Ramadan 2016 dan Life.

Happy fasting!

Related Post