Cara Efektif Menghindari Kantuk Setelah Begadang Nonton Piala Eropa
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio Cara Efektif Menghindari Kantuk Setelah Begadang Nonton Piala Eropa

Cara Efektif Menghindari Kantuk Setelah Begadang Nonton Piala Eropa

blogpost-20160613-articleSebentar lagi kejuaraan sepakbola terbesar di Eropa, Piala 2016 akan diselenggarakan. Sebagai pecinta sepakbola, pasti banyak yang sudah tidak sabar lagi untuk menyaksikan aksi-aksi dari pemain dan negara kesayangan kamu.
Tapi perbedaan jam antara Prancis dan Indonesia yang bakal membuat jadwal nonton pertandingan dan kegiatan sehari-hari kamu bakal berantakan. Menurut jadwal yang sudah keluar, laga-laga selama Piala Eropa 2016 dimainkan pada jam 20.00, 23.00, dan 02.00.

Begadang untuk nonton pertandingan plus sahur buat kamu yang menjalankan pasti jadi tantangan berat. Harus terjaga semalaman serta harus menjaga kebugaran dan konsentrasi selama berkegiatan di siang hari.

Nah untuk menghindari rasa kantuk di siang hari atau ketiduran ketika harus menonton pertandingan dan sahur, ada cara efektif biar kamu tetap bugar dan konsentrasi selama Piala Eropa 2016 dan menjalankan puasa. Apa saja?

Minum Kopi

Kopi merupakan minuman yang paling tepat untuk menghilangkan rasa ngantuk. Kandungan kafein di dalam kopi bisa membuat kamu tetap bugar dan konsentrasi di siang hari. Buat kamu yang berpuasa, kopi bisa kamu minum untuk menghilangkan kantuk di malam hari saat sedang menonton pertandingan dan menunggu waktu sahur. Namun, jika kamu terbiasa untuk langsung beraktivitas setelah sahur, kopi bisa kamu minun setelah santap sahur. Efek kafein di dalam kopi bisa bertahan di dalam tubuh selama 7 jam.

blogpost-20160613-bannerTidur Siang

Power nap atau tidur siang di kantor bisa jadi senjata utama kamu untuk tetap bisa bugar di siang hari dan tetap bisa menonton pertandingan Piala Eropa 2016 di malam hari. Mengganti waktu jam istirahat makan siang dengan tidur siang bisa membawa banyak manfaat buat otak dan tubuh kamu. Selain kamu bisa membayar ‘hutang’ tidur malam hari karena begadang, kamu juga bisa mendapatkan banyak manfaat yang berharga seperti: meningkatkan memori, menurunkan tekanan darah, meningkatkan produktivitas & kreativitas.

Banyak Bergerak

Sesekali berjalan, meregangkan tubuh, atau olahraga ringan setelah bosan berlama-lama duduk bekerja bisa menghilangkan rasa bosan dan kantuk kamu. Menurut penelitian dari School of Sleep Medicine of the Stanford University Center for Excellence for the Diagnosis and Treatment of Sleep Disorders menyatakan jika saat tubuh bergerak, otot di badan kamu akan mengirimkan sinyal ke pusat otak untuk meningkatkan daya konsentrasi dan kewaspadaan.

Hindari Tempat Redup

Cahaya redup dan temperatur ruangan yang sejuk merupakan suasana yang ideal untuk tidur. Jika kamu telah begadang semalaman, sebaiknya hindari tempat yang seperti ini. Berada di dalam ruangan ber-ac seperti di dalam kantor, tubuh kamu akan mulai menurunkan konsentrasi dan mengantuk. Untuk menghindari hal seperti ini, sebaiknya kamu gunakan waktu istirahat untuk bergerak dan mencari sinar matahari. Terik dari sinar matahari mampu memberikan sinyal ke otak untuk tetap terjaga dan konsentrasi di siang hari.

Related Post