Menghindari Bau Mulut Saat Puasa
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips Menghindari Bau Mulut Saat Puasa

Menghindari Bau Mulut Saat Puasa

blogpost-20160609-articleSalah satu hal yang selalu terjadi ketika bulan puasa adalah bau mulut. Entah kamu pernah mengalainya sendiri atau ada orang dekat kamu yang mengalaminya. Bau mulut ketika puasa adalah hal yang wajar. Karena saat puasa, produksi saliva di dalam mulut berkurang sehingga bakteri tumbuh lebih cepat dari biasanya. Bakteri inilah yang membuat bau tidak sedap.

Banyak cara untuk menghilangkan bau mulut ketika harus puasa. Dengan beberapa hal ini kamu bisa menjalankan puasa tanpa harus mengganggu orang lain dengan bau mulut dan bisa dengan tenang berbicara dekat dengan orang lain.

Sikat Gigi, Mouthwash, dan Dental Floss

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengegah bau mulut ketika puasa adalah dengan membersihkan gigi dan mulut sebaik mungkin. Jangan lupa untuk terus menyikat gigi setelah berbuka atau sahur. Gunakan juga obat kumur (mouth wash) untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut yang tinggal di dalam rongga mulut. Ada baiknya juga jika kamu menggunakan dental floss untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di sela-sela gigi. Sisa makanan yang membusuk di dalam mulut merupakan penyebab utama bau mulut.

Air Putih Yang Banyak

Air putih merupakan cara paling ampuh dan menyehatkan yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut ketika berpuasa. Air putih yang kamu konsumsi mampu meningkatkan produksi saliva di dalam mulut. Salah satu fungsi saliva di dalam mulut adalah untuk membunuh bakteri yang tinggal dan tumbuh di dalam mulut. Sebaiknya, konsumsi 8 hingga 10 gelas air putih perharinya ketika berpuasa.

blogpost-20160609-bannerKonsumsi Teh Hijau

Teh hijau tanpa gula baik untuk dikonsumsi setiap hari. Apalagi ketika berpuasa. Teh hijau memiliki antioksidan yang tinggi serta memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kebugaran badan. Selain itu, teh hijau pun memiliki kandungan polyphenol yang ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri di dalam mulut.

Hindari Merokok

Bagi kamu yang merokok sebaiknya kurangi atau sebaiknya berhenti merokok, apalagi ketika puasa. Selain makanan, rokok merupakan penyebab utama munuclnya bau mulut. Nikotin dalam rokok mampu memicu bau mulut serta plak yang tinggal di gigi. Solusi terbaik untuk mencegah hal ini adalah dengan rutin menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur serta rutin menggunakan mouth wash minimal sehari sekali.

Olahraga

Keringat yang dikeluarkan oleh tubuh ketika beraktivitas dan berolahraga adalah salah satu saluran untuk membuang racun dan bakteri yang ada di dalam tubuh. Dengan berkeringat, kemungkinan muncul bau mulut semakin kecil. Olahraga ketika puasa pun bukan merupakan kegiatan yang akan mengganggu puasa kamu. Ketika puasa, sebaiknya kamu berolahraga sore hari menjelang buka puasa agar tubuh kamu tidak terlalu lama kehilangan cairan.

Nah, tidak sulit ternyata untuk menghilangkan bau mulut ketika puasa. Hal ini bisa mulai kamu lakukan rutin setiap hari dan membagikan tips ini kepada teman-teman kamu agar kamu dan orang disekitarmu tidak terganggu dengan bau tak sedap ini.

Ingin lebih banyak tau artikel, berita, dan tips seru seputar Ramadan dan bulan puasa? Kamu bisa baca semuanya di Kurio. Berbagai tips, artikel, dan berita seru dengan tema Ramadan dan bulan puasa dirangkum dari berbagai sumber di dalam satu aplikasi. Belum punya aplikasinya? Download sekarang di sini!

Related Post