Tips Diet Untuk Kesehatan
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Tips Diet Untuk Kesehatan

Tips Diet Untuk Kesehatan

blogpost-20160603-article

Kata ‘Diet’ sudah menjadi sebuah kata yang tidak asing bagi kita semua, akan tetapi kata diet yang cenderung kita pahami adalah diet untuk mengurangi berat badan. Sebetulnya, kata diet itu tidak hanya untuk mengurangi berat badan demi mendapatkan tubuh yang ideal dan diet itu sering sekali kita kaitkan dengan orang-orang yang kelebihan berat badan.

Namun ternyata diet itu juga bisa dilakukan oleh semua orang tanpa memperdulikan berat badan yang berlebihan atau tidak. Karena diet itu bisa dilakukan juga untuk kesehatan, selama kamu tahu diet seperti apa yang baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, yuk kita intip diet seperti apa sih yang baik untuk kesehatan?

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Pilihlah berbagai jenis sayur dan buah yang masing-masing memiliki vitamin dan mineral yang berbeda agar masing-masing sayur dan buah tersebut dapat saling memberikan vitamin yang kamu perlukan. Jangan lupa untuk selalu memilih sayur dan buah yang masih fresh agar vitamin yang diberikan lebih segar untuk kamu serap dalam tubuhmu.

Rajin Makan Ikan

Usahakan kamu bisa memakan ikan dua hingga tiga kali dalam seminggu dan pastikan dalam seminggu ada ikan yang mengandung minyak yang kamu santap. Ikan yang mengandung minyak adalah jenis makanan yang memiliki sumber vitamin D paling banyak dan bagus untuk kesehatan tulangmu. Contoh jenis ikan yang mengandung minyak adalah salmon, tuna, sardin, ikan kembung dan ikan trout.

Kurangi Makanan Berlemak dan Manis

Walaupun kita membutuhkan kandungan lemak dalam tubuh kita, bukan berarti kita bebas mengkonsumsi makanan berlemak tersebut. Berlebihan menyantap makanan berlemak dapat membuat kita bertambah berat badan karena makan berlemak berubah menjadi kalori yang sulit dicerna oleh organ tubuh kita, berbeda dengan karbohitdrat dan protein yang mudah dicerna. Cobalah mengubah makanan berlemak seperti yang berasal dari mentega, minyak goreng, krim hingga keju dengan makanan berlemak alami yang terdapat di minyak sayur, kacang, ikan berlemak dan alpukat.

blogpost-20160603-banner

Kurangi Makan Garam

Takaran garam yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah tidak lebih dari enam gram perhari nya. Mengkonsumsi garam berlebihan perharinya dapat membuat tekanan darah kita meningkat dan cenderung membuat kita mudah terserang penyakit struk atau penyakit jantung. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengurangi penggunaan garam dalam makanan kita sehari-hari bahkan lebih baik untuk memperbanyak bahan rempah-rempah sebagai penganti garam dalam makanan kita.

Perbanyak Minum Air Mineral

Konsumsi air mineral delapan hingga sepuluh gelas air mineral setiap harinya, karena air mineral adalah pilihan yang tepat agar tubuhmu tetap mempunyai cairan. Usahakan tidak terlalu banyak meminum minuman yang ditambahkan gula.

Jangan Lupakan Sarapan

Yup, sarapan merupakan hal terpenting dalam keseharian kamu agar kamu tetap memiliki tenaga untuk aktivitasmu. Usahakan untuk mengkonsumsi sarapan yang memiliki protein, sedikit karbohidrat, vitamin dan mineral untuk menjaga metabolisme tubuhmu sepanjang hari.

Jadi, tidak ada salahnya kok untuk kamu jika ingin melakukan diet walaupun kamu tidak kelebihan berat badan. Diet untuk kesehatan itu baik untuk semua jenis tubuh, karena diet untuk kesehatan itu membiasakan tubuh kita selalu mempunyai metabolisme yang baik untuk tubuh kita.

Untuk tips kesehatan lainnya, coba buka topik Health dalam aplikasi Kurio mu!

#SelaluLebihTau

Related Post